IBX59802E20531DF 9 Hal yang harus Kamu Perhatikann saat Pengurusan Paspor - Catatan Abdul web id

9 Hal yang harus Kamu Perhatikann saat Pengurusan Paspor

Catatanabdul.web.id kali ini ingin berbagi seputar 9 Hal yang harus Kamu Perhatikann saat Pengurusan Paspor. 9 hal ini sangat penting sekali karena jika tidak diperhatikan bisa jadi paspor tidak bisa dibuatkan atau bisa sangat mengganggu pembuatan paspor.


Baiklah berikut catatanbadul mencatatanya untuk dibagikan.

9 Hal yang harus Kamu Perhatikann saat Pengurusan Paspor

1. Kelangkapan data dan kesamaan data

Lengkap saja tidakah cukup. Kelengkapan data - data yang ada haruslah sama. 
Sama dalam artian sama tulisan namanya, sama tulisan tgl lahirnya tempat lahirnya.
Data yang diperlukan biasanya adalah KTP, AKTE LAHIR, Kartu Keluarga.
nama ejaanya haruslah sama.

2. Datang Lebih Awal

Datang lebih awal tentu lebih baik, kenapa demikian?
Karena yang antre banyak banget.
Saya sempat berpikir mungkin tidak akan antri eh ternyata yang embuat paspor banyak sekali sehingga antriannya sangat panjang dan dibatasi.
Ada yang mau umroh, Haji, ada yang jadi TKI, TKW, kunjungan keluarga, Kunjungan kerja, Sekolah, Undangan dan banyak lagi yang lainnya.
Saya pikir bakalan tidak antri teryata banyak juga orang yang keluar masuk negeri ini.
Jadi menjadi sangat penting adalah datang awal. Datang saja jam 6 pagi.
Pengalaman saya datang jam 8 padahal baru buka jam delapan antrian no 256.
Luarbiasa.

3. Surat Rekomendasi Pembuatan Paspor

Surat ini menjadi penting karena akan memudahkan verifikasi data dan tanggung jawab keberangkatan keluar negeri. Dan supaya verifikasi data tidak terlalu lama.
Jiak keberangkatan dengan menggunakan agen maka surat ini dari agen saja.
Jika keberangkatan direncanakan oleh perusahaan, maka surat keterangan ini dari perusahaan saja.
Menerangkan benar data orangnya dan tujuan keberangkatan.


4. Jangan Lupa Bawa dokumen Aslinya

Dokumen yang diberikan memang copynya.
Seperti KTP, KK dan lain - lain.
Namun pada saat verifikasi dokumen data asli akan ditanyakan, untuk itu dokumen asli harus dibawa juga.
Jika tidak dibawa akan menghambat verifikasi kebsahan data. Panjang lagi urusannya

5. Power Bank

Power bank, menjadi sangat penting karena bisa jadi hp anda drop. Kalo sudah demikian dan tidak ada batre cadangan. Akan sangat penting utnuk membawa power bank supaya hp bisa bertahan selama antrian. Dan jika hp mati bisa jadi kamu tidak bisa atau kehilangan utnuk melakukan poin no 8.
Antrian jika datangnya telat bisa sampai seharian bahkan bisa jadi kembali lagi besok.
Tapi biasanya dihabiskan hari itu juga. 

6. Perhatikan No Antrian dan Pemanggilan Antrian

Hal ini sangta penting karena dua hal, yaitu supaya kita tahu nomor berapa kita supaya mudah saat nomor kita dipanggil dan kedua supaya kita bisa segera mendatangi loket. Karena kalo lambat datang nomor berikutnya akan segera dipanggil.
Jangan sampai tertindih oleh orang lain, hal ini akan menyulikan antri lagi.
Jadi penting tahu nomor antrian dan perhatikan pemanggilan antrian.

7. Sabar

Karena biasanya antrinya lama, maka rasa sabar dan berjiwa besar harus siap siaga ada.
Kalo tidak sabar bisa - bisa tekanan darah naik dan kalo makin tidak sabar bisa - bisa tidak jadi bikin paspor.

8. Isi Waktu Antri Dengan hal yang Manfaat

Sekali lagi supaya bisa mendukung poin no 7 yatu sabar, maka waktu antri harus di isi dengan hal yang beranfaat. Misalkan membuat tulisan bagi yang suka menulis di hp atau buku kamu. Membuat puisi bagi yang suka membuat puisi di buku atau hp kamu. 
Atau membuat dokumentasi foto bagi yang suka membuat dokumentasi foto dengan foto.
Atau mengobrol hal - hal ringan dengan sesama orang yang menunggu antrian.
Misalkan ngobrol bisnis yang baik, bisnis yang popuer, cara - cara bisnis dan lain - lain yang bisa membuat anda lebih rilex dan bermanfaat untuk anda bawa pulang.

9. Jangan lupa dengan antrian

Nah ketika anda asik dengan poin no 8 dalam mengisi waktu jangan lupa dengan antrian anda.
Kalo lupa ya bisa bahay. Anda bisa antri ulang.


Sekian semoga bermanfaat 9 Hal yang harus Kamu Perhatikann saat Pengurusan Paspor yang saya tuliskan ini.



Subscribe to receive free email updates:

68 Responses to "9 Hal yang harus Kamu Perhatikann saat Pengurusan Paspor"

  1. Aduh...
    Jangan sampe dah ngantri ulang Mangs bisa tua karna ngantri lagi...
    Xixixiixiiiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas wahab jgn antri ulang aja

      Hapus
  2. wih wajah baruy ini ya mang adul, apa saya aja jarang kemari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kan perasaan anda saja

      Hapus
    2. anda nggak berperasaan :))

      Hapus
    3. ia nih mas wajah baru. bukan hanya perasaan. tapi agak susah di acses dr hp.
      mungkin umurnya bentar lagi:)

      Hapus
  3. Wah sekarang bikin paspor susah juga, ya, om, kalau dulu sangat mudah sekali, apalagi antrian itu yang bikin penat berdiri. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesusahnya bikin pasport, selama masih ada saya mah pasti tak bantuin kok

      Hapus
    2. antrinya yang sussah. susah sabar.......
      apalagi sambil melamum dgn mas yanto dan mang lembu

      Hapus
    3. Tapi asal ada kopi pasti tambah energi antri :)

      Hapus
  4. wuidihsuridih banget euy...mang aduls punya pengalaman naik pesawat mau keluar negeri,segala share hal yang kudu diperhatiin ngurus Paspor...padahal waktu diangurus keblinger juga kan.

    satu lagi wuidihsuridihnya...liat deh banner KPK nya dipasangin dibawah komentar....unik ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas admin kan gaul nggak kayak orang diatas saya taukk

      Hapus
    2. justru karena pengalaman itu makanya saya tulis mang. sudah sy pasang semenjak masih diperbincangkan.
      pokonya saya paling keren

      Hapus
  5. Biar ngantinya asoy geboy...bolehlah bawa kursi lipat dari rumah mang hihihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tv dan tempat tidur skalian mang :))

      Hapus
    2. sekalian kulkasnya aja mang. dapurnya juga

      Hapus
  6. dari 8 point diatas yg paling runyam kayaknya pada masalah antri ya mas.

    harus bener2 memperhatikan ini agar proses pembuatan pasport bisa berjalan lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal antri memang dari dulu sudah jadi budaya, sulit dihilangkan ya mas..

      Hapus
    2. kita muai dengan natri tertib aja mas. ikuti alur supaya anak cucu baik antrinya

      Hapus
  7. satu lagi mas
    persiapapkan wajah paling keren agar nanti hasil fhotonya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakeren-kerennya mang yanto...tetep aja item

      angger deh penyakit lamanya kumat maning...dari tahun 2 artikelnya masih paspor ajah...geleuh ih

      Hapus
    2. hahahahhaha. masih lanjut seputar papor mang. udah di draft. bae atu mang biar update dikit lah

      Hapus
  8. aku ma penginnya bikin buku nikah mang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nikah ya mas badrut taman? Semoga cepat menikah ya. amin

      Hapus
    2. kalo buku nikan nanti deh saya bikin panduannya. kalo inget tapi. :D

      Hapus
  9. saya mah belom pernah ke luar negeri kang, ternyata untuk pengurusan paspor lumayan ribet juga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di coba mang buat. kao mau umroh ato haji. ato amu ketemu penggemar di luar negeri mas

      Hapus
  10. Benar kang, yang penting segala sesaunya harus dipersiapkan dengan matang dari rumah. Dan bila perlu kita datang pagi untuk dapat nomor antrian yang idak lama. Lumayan juga kalau tidak biasa mensiasati waktu tunggunya untuk pengurusan paspor

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya mang indra sudah pengalaman nihh..

      Hapus
    2. Sudah pernah ke luar negeri kali!

      Hapus
    3. nah itu harus disiapkan di rumah dan siap antri paling awal aja ga ada yang bikinin kopi soalnya

      Hapus
  11. wah makasih infonya mas, mungkin suatu saat bisa berguna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas barang kali ada tetangga yang perlu

      Hapus
  12. Balasan
    1. ia mas harus teliti. takut dikuemnnya palsu kali mas.

      Hapus
  13. betul banget mas, klo lagi menunggu dan ngantri sangat membosankan,
    sya dulu registrasinya via online, jadi tidak terlalu lama, tinggal interview dan foto, jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil nunggu, mending Blogwalking aja yah! Heheheh

      Hapus
    2. ia cara online mempersingkat antrian menjadi satu kali intri.
      tinggal kantor wilayahnya aja sudah bisa online atau belum

      Hapus
    3. nah sambil bw sambil nulis ini juga. cuan tergantung hpnya juga

      Hapus
  14. poin no 8 sepertinya greget banget nya mang, sugan teh kunaon kudu bawa power bank sgala :D

    BalasHapus
  15. ih artikelnya basi tp belum di perbaharui jg nih

    BalasHapus
  16. Nah ini penting nih, siapa tahu nanti saya bisa jalan-jalan ke luar negeri, ngurus paspor jadi mudah...

    sering-sering bikin yang kayak gini mang.. biar pada semangat ngeblog trus dpt duit banyak dan bisa jalan-jalan luar negeri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia itu dia mas siapa tau para bloger mau ke luar negeri. ini panduan bikin paspornya disini.
      yang udah banya duitnya

      Hapus
  17. Kalau untuk suntik miningitis, saat setelah membuat pasport dan hendak digunakan, antriannya lebih bagus, sebab antrian bisa di booking dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. via telpon apa antiannya kang!

      Hapus
    2. waw hebat ini. baru tau saya mas.

      Hapus
  18. kalo udah kepaksa mau gimana lagi mas.
    mungkin bner harus bawa ramuan awet muda

    BalasHapus
  19. jangan lupa kulkas dan dapurnya sekalian. wkwkwk

    BalasHapus
  20. ya mungkin nanti akan ada g usah antri klas vviv

    BalasHapus
  21. 9 tips yang benar benar perlu diperhatikan saat mau buat paspor, termasuk bawa power bank. Soalnya pasti aja sangat jenuh pas ngantri trus hpnya lowbet hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. i itu penting mas daripada BT. lama

      Hapus
  22. identitas diri penting banget lho mas....apa lagi jika kita pembisnis kelas teri yg sering keluar masuk bandara keluar negeri maksudnya,,,,

    terus apa kepentinganya jika blogger bikin paspos mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika hendak ke luar negheri misalnya mau umroh kan juga harus pakai paspor kan?

      Hapus
    2. kalo bloger kepentingannya adalah ketemu pans di luar negeri, memenuhi undangan pans mas di luar negeri sana.
      LUmayan kan mas modal bikin paspor aja. segalanya di jamu di sana. :D

      Hapus
  23. Wah hal baru nih. Kalau buat paspor untuk liburan ke luar negeri itu perlu surat masih dibutuhkan mang. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo liburanya menggunakan agen atau jasa liburan apa ya namanya travel liburan. Harus ada surat dari agen tersebut yang mneyatakan tujuannya adalah untuk liburan. Tapi biasanya sudah kopi mereka.

      Hapus
  24. saya bellum pernah mengurusi masalah ini sih mang, setidaknya saya jadi tahu sarat apa saja yg harus disiapkan, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk itulah saya mencoba berbagi. :D
      Jadi sok tau saya.
      Ah pokonya kalo perlu silahkan.
      kalo salah benerin kalo kurang tambahin aja ya

      Hapus
  25. Datang lebih awal mungkin itu hal yang paling penting ya mas, dan biasanya jika buka jam 8.00 dan kita datang jam 7.00 pasti sudah dapat antrian jauh. dan biasanya juga jam 5.00 (ba'da salat subuh) sudah ada yg rela menunggu demi mendapatkan antrian terdepan loh mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah begitu beneran. pengalaman juga kan mas. pokonya itu antri awal saja

      Hapus
  26. Jangan lupa baca doa sebelum berangkat, biar segalanya lancar jaya. :)

    BalasHapus