IBX59802E20531DF Cara Mengikat Kail Pancing - Catatan Abdul Semua Bisa Dicatat

Cara Mengikat Kail Pancing

Cara Mengikat Kail Pancing - Catatanabdulweb.id.
Setelah sebelumnya berlibur menuju Caringin Tilu dan Bukit Bintang, kali ini saya ingin berbagi seputar mancing. Hal sederhana tapi menurut saya sangat penting adalah bagaimana cara mengikat kail pancing sehingga saat ikan berhasil ditangkap kail tidak lepas dari ikatannya.

Sangat disayangkan sekali saat ikan sudah menarik umpan dan kita dengan semangatnya menarik ikan tersebut, tiba - tiba tidak terasa lagi tarikannya dan setelah dilihat, oooooh.... ternyata ikatan kailnya lepas.
Jangan sampai hal ini terjadi pada anda sekalian, karena rasanya itu ibarat di suntik dengan jarum suntik yang tidak tajam.

Baiklah supaya tidak berpikir bagaimana rasanya disuntik dengan jarum tidak tajam berikut adalah cara mengikat kail pancing.

Cara Mengikat Kail Pancing

Kail yang ingin saya bahas disini ada dua jenis kail, yaitu kali dengan ujung yang berlubang dan kail dengan ujung yang gepeng atau pipih.
Ukuran kail yang saya maksud juga bukan ukuran kail yang besar melainkan ukuran nomer 5 sampai 12 karena kail itulah yang pernah saya gunakan.

Cara Mengikat Kail Pancing dengan Ujungnya Berlubang

Maksud kail dengan ujung berlubang adalah kail seperti pada gambar berikut ini

cara mengikat kail pancing



Cara mengikatnya adalah sebagai berikut, perhatikan gambarnya.

cara mengikat kail pancing
Jika posisinya sudah seperti itu tarik saja sampai kuat.

Cara Mengikat Kail Pancing dengan Ujungnya Pipih

Kail ujung pipih yang saya maksud itu seperti gambar berikut ini ini

Ujungnya terlihat pipih tidak berlubang. Nah berikut cara mengikatnya, perhatikan gambar berikut ini

cara mengikat kali pancing yang benar dan tidak akan lepas
Jika posisinya sudah seperti itu tarik saja sampai kuat.

Nah itulah cara mengikat kail pancing supaya tidak lepas dan rapih.
Ingsa Alloh ikatan kail dengan senar tidak lepas, silahkan saja di coba.

Silahkan simak juga tempat mancing yang mantaps

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Cara Mengikat Kail Pancing"

  1. yang susah itu ngiket kail yang buat ngusep benteur, kecil banget kailnya juga. Adminnya suka mancing dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya suka ngusepnya itu di walungan kang. mencari ikan yang tersembunyi di balik batu dan rumput

      Hapus
    2. wah sensasinya itu loh yang beda dari ngusep di kolam ikan ya kalau ngusep diwalungan. Saya juga dulu pernah nyari ikan di sawah dan itu bukan masalah besar atau kecilnya tapi senangnya

      Hapus
    3. nah itu dia mas bukan besar kecilnya banyak dapatnya aja supaya senang ya mas :D. rame pokonya mas

      Hapus
  2. saya sering jadi pendana acara mancing dibalong, sekedar bagi rejeki dengan tetangga, tapi seumur-umur nggak pernah suka mancing...paling nongton dan gangguin pemancing yang nggak dapet-dapet sampe ngamuk...palingan gitu doang mang.
    jadi urusan mengikat kail mah biarin ajah lah...nggak penting banget sih buat saya mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bagi saya terkadang juga penting mang soal gaya ikat mengikat kail pancing saya mah jagonya tapi itu dulu tahun 90 an

      Hapus
    2. kalau diperhatiin bentuk ikat kail pancingnya kaya kaligrafi ya mas..

      ngomong ngomong mang adul sejak kapan hoby mancing ? awas jangan sampai pulang g bawa ikan ya..

      Hapus
    3. asal jangan datang ga di jemput pulang ga diantar itu

      Hapus
    4. Mang lembu belum nyobain asiknya masng amncing. lebih asik dari gangguin pokonya.
      mas trik saya suka masncing sudah lama mas semenjak ayam saya menetas.
      mas muhaamad kalo itu mancing yang lain mas. hehehe

      Hapus
  3. Nah ada tutorialnya!
    Tempo hari saya diajakin mancing sama temen yang ga biasa mancing juga.
    Pas putus bingung mau ngikat pancing baru. Akhirnya sembarang ikat aja lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya bisa juga mas sembarang ngikat cuman estetikanya aja mas kurang bagus. :D

      Hapus
  4. Saya tw ini kesannya sepele...tp percaya atau tidak banyak yang gak bisa melakukan ini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mas. dan kebanyakan yang baru mancing dan buat ikatan kail asal aja ngikatnya. dengan asal biasanya ikatan bisa lepas.

      Hapus
  5. kalo saya ikat mancing nya biasa aja mah, diputar putar sama mata pancing, terakhir siap mancing, hebat kan saya mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asa kuat aja mas jgn sampe lepas ketelen ikan. kasian keselek ikannya :D

      Hapus
  6. Kalau salah ikat kail pancing memang bisa ada efeknya mang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas. kalo kurang baik bisa jadi kail epas saat ikan sedang menggantung di kail. kan rsanya itu gimana gitu ikan sudah nyantol pas di angkat lepas gara - gara ikatan kail asal jadi g kuat.

      Hapus
  7. Bagi para penghoby mancing seperti sayamah,, urusan ikat mengikat pancingan sudah dikeluar kepala mang,,, sudah belajar dari sejak kelas 5 SD sampai sekarang masih ingat,,, yah maklum hidup di daerah perairan jadi skill mancing memancing sudah pasti teruji... hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo begitu kudu ada lomba mancing biar rame

      Hapus
  8. Ternyata banyak sekali cara mengkali pancing ya, Mas.
    Meskipun mancing nunggunya lama, dan itu menguji kesabaran kita. Tapi, kalau sudah dapet senengnnya bukan main :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia mas. namun lebih seneng lagi ketika di lempar langsung dapat.

      Hapus
    2. Haha..itu sih siapa yang gak pengen mas. Tapi kalau gak gitu, itu tandanya sebuah proses untuk mendapatkan ikan yang kita pancing..he

      Sering mancing ya, Mangs Abdul ?

      Hapus
    3. sesekali aja mas kalo lagi liburan agak panjang dan cuaca cerah .
      Pokonya kalo mancing itu rame aja ya mas

      Hapus
  9. Kalo saya sering kesulitan buat mengikat yang ujungnya pipih mas, biasanya saya minta tolong sama teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo mengikuti cara - cara saya di atas itu pasti bisa mas. puter - puter aja terus masukin ikiti gambar di atas

      Hapus
    2. sebenarnya saya sering coba petunjuk yang ada dibukus pancingnya, cuma saya selalu gagal, hehehehe

      Hapus
    3. silahkan mas di coba lagi. ikuti gambar yang saya bagikan tersebut.

      Hapus
  10. wahh pantesan yaa.. kalau salah ngiket bisa2 gk dapet ikan seharian.. makasih mas infonya.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama silahkan praktekan supaya makin jleb

      Hapus
  11. Kok beda ya sama cara saya...tapi nggak pentinglah cara ngiketnya yang penting dapat ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikit paling mas bedanya.

      Hapus
    2. jangan salah itu penting banget mas

      Hapus