IBX59802E20531DF Iklan Lelang Adsense Dan Pengaruhnya Kepada Blogger - Catatan Abdul web id

Iklan Lelang Adsense Dan Pengaruhnya Kepada Blogger

Iklan adsense yang muncul pada blog kita atau web kita sebetulnya mengalami proses yang tidak mudah. Sebelum iklan itu muncul para pengiklan dihadapkan pada sebuah pilihan salah satunya adalah lelang iklan. Lelang iklan adsense ini maksudnya adalah suatu tempat yang ditawarkan kepada pengiklan di google Adword yang pememang iklannya adalah mereka yang tawarnya paling besar.
Jika demikian iklan yang tampil pada blog atau web kita yang berasal dari hasil lelang pastilah iklan yang nilai bayarannya paling tinggi.
Dengan kata lain jika iklan hasil lelang yang ada pada blog kita banyak yang mengklik penghasilan bloggerpun makin besar. Itulah keuntungannya bagi para blogger dan penayang iklan adsense lainya.
Karena ini sangat menguntungkan bagi para penayang iklan adsense, mari kita sama - sama pelajari bagaimana sih cara kerja iklan lelang ini?
Siapa tahu dengan mengetahui bagaimana cara kerjanya kita sebagai blogger bisa mengambil keuntungan yang besar.
Mari kita simak bersama - sama.

Iklan Lelang Adsense Dan Pengaruhnya Kepada Blogger

Bagaimana cara kerja lelang iklan?

Sebelum lelang iklan berlangsung, sistem google terlebih dulu menyaring semua iklan AdWords yang tersedia untuk menentukan mana saja yang layak bersaing untuk ditampilkan di laman Anda. Berikut adalah beberapa cara penyaringannya:

  • Penargetan iklan: Google hanya mempertimbangkan iklan yang relevan dengan konten atau pengguna situs/web/blog Anda. Melalui penargetan penempatan, google juga mempertimbangkan iklan dari pengiklan yang secara khusus telah memilih untuk menampilkan iklan di laman Anda ketika mereka menemukan kecocokan antara penawaran mereka dan pengguna situs Anda.
  • Format Iklan: Pengiklan dapat membuat iklan teks atau gambar, dan memilih penargetan kontekstual atau penargetan penempatan, dan sebagainya bergantung pada pilihan Anda, jenis iklan tertentu mungkin layak atau tidak layak ditampilkan di laman Anda.
Seperti pada lelang biasa, semakin banyak pengiklan yang menawar untuk ditampilkan di laman/web/blog, maka semakin tinggi persaingan untuk unit iklan Anda, dan semakin banyak penghasilan Anda. Semakin sedikit pembatasan yang Anda terapkan pada iklan semakin banyak yang bisa bersaing, sehingga meningkatkan pendapatan Anda.

Setelah google memiliki sekumpulan iklan yang layak, maka google menentukan iklan mana dari sekumpulan iklan tersebut yang akan ditampilkan di laman Anda dan jumlah yang akan dibayarkan setiap pengiklan.

Untuk setiap iklan yang layak, Peringkat Iklan dihitung dengan menggabungkan tawaran BPK dan Angka Mutu iklan. Karena iklan kemudian diberi peringkat menurut Peringkat Iklan, pengiklan dengan tawaran BPK rendah namun memiliki Angka Mutu tinggi dapat memenangkan lelang terhadap pesaing lain dengan tawaran BPK lebih tinggi tetapi memiliki materi iklan yang memberikan pengalaman pengguna yang kurang baik dan cenderung tidak diklik atau bisa dikatakan tidak sesuai konten.

Sistem berbasis lelang dinamis ini juga berarti bahwa harga yang dibayar pemenang bervariasi dari satu lelang ke lelang lainnya, dan dari satu tayangan iklan ke tayangan iklan lainnya, bergantung pada Angka Mutu pengiklan untuk laman tersebut dan pada tingkat persaingan lelang.

Angka Mutu adalah ukuran dari seberapa berguna iklan Anda bagi orang-orang yang melihatnya. Hal itu didasarkan pada beberapa faktor berikut :
  • Prediksi rasio klik-tayang (RKT) iklan berdasarkan kinerja sebelumnya di situs Anda dan situs serupa.
  • Faktor relevansi, seperti relevansi iklan dan kata kunci pengiklan dengan situs Anda.

 

Faktor apa yang memengaruhi lelang iklan

Karena lelang iklan bersifat dinamis, hasil masing-masing lelang dan penghasilan Anda dapat berubah bergantung pada sejumlah faktor.
Salah satu faktor adalah cara pengiklan menyiapkan kampanye AdSense untuk konten, yang akan memengaruhi lelang mana yang akan diikuti.

Berikut ini beberapa contohnya:
  • Kampanye musiman: Pengiklan dapat menyiapkan kampanye untuk berjalan selama waktu tertentu dalam setahun saat mereka membelanjakan lebih banyak uang dalam waktu singkat atau mengubah tawaran secara drastis.
  • Penargetan iklan: Pengiklan dapat memilih agar kampanye tertentu hanya bertarget kontekstual atau bertarget penempatan pada situs penayang.
  • Penargetan-geo: Pengiklan juga dapat menargetkan iklan ke kawasan tertentu dan menawar berdasarkan jam tertentu.
  • Pengoptimal Konversi: Jika pengiklan menggunakan Pengoptimal Konversi, tawaran mereka dapat disesuaikan secara otomatis untuk menghasilkan klik atau konversi terhadap target tertentu yang telah mereka tetapkan.
Semua faktor ini menunjukkan bahwa iklan yang sama tidak selalu bersaing untuk ruang iklan Anda, sehingga penghasilan penayang iklan adsense dapat bervariasi.
Faktor lain yang dapat memengaruhi penghasilan penayang iklan adsense adalah iklan yang diklik pengguna. Karena iklan di seluruh laman akan memiliki tawaran dan Angka Mutu berbeda, iklan tidak ditetapkan dengan harga yang sama. Tetapi, penting diingat bahwa setiap iklan yang ditampilkan di laman konten telah memenangkan lelang untuk ruang tersebut. Iklan yang menang seharusnya relevan dengan pengguna dan membantu Anda memperoleh penghasilan tertinggi dari laman Anda.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang cara kerja iklan lelang diatas sepertinya tidak banyak  yang bisa dilakukan, yaitu hanya pada sedikitkan saja pembatasan iklan yang bisa tampil di blog anda jika memungkinkan tidak usah dibatasi saja. Tujuannya adalah supaya semakin banyak para pengiklan yang bersaing.
Hal penting yang harus diperhatikan juga adalah adanya iklan yang tidak sesuai dengan konten yang bisa menyebabkan pengguna atau pengunjung blog anda tidak tertarik dengan iklan.
Untuk itu banyak - banyaklah berdoa supaya banyak iklan yang sesuai dengan pengunjung dan pengunjungpun tertarik.
Salah satu tips lainya supaya konten sesuai dengan iklan adalah membuat konten tentang ha - hal yang berkaitan dengan hal - hal yang mungkin perlu diiklankan, seperti barang kebutuhan rumahtangga, kebutuhan untuk gaya, kebutuhan untuk kesehatan dan lain - lain. Silahkan anda bayangkan sendiri kira - kira yang banyak iklannya itu apa saja kemudian buatlah konten atau tulisan terbaik anda.

Demikian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Iklan Lelang Adsense Dan Pengaruhnya Kepada Blogger"

  1. Nambah pengetauan banget nih, Mas. Pagi-pagi baca ginian, asik. Sayang, kurang karena gak ditemani cemilan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti gambarnya pake gorengan kalo gitu

      Hapus
  2. Artikel tentang optimasi adsense selalu menarik untuk dibaca dan ditelaah...banyakin lg artikel tentang adsense Mangs....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas sebetulnya sambil belajar juga. saya sambil tulis biar labih inget dan ada update. :)

      Hapus
  3. Dengan memahami cara penargetan iklan lelang pada Google Adsense tentunya akan membawa dampak positis hasil optimasi target pasar pada website yang bermitra dengan Google dalam pemsaran secara digital internet. Apalagi bagi para pengusaha yang akan melakukan promosi online di internet, hal ini dapat meberikan dmpak hasil yang maksimal dari segi promosi yang berdampak dengan hasil jual mereka tentunyaya kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, jika kita mampu menganalisa dengan tepat dan memutuskan dengan tepat tentu akan berdapak baik hasilnya

      Hapus