Tempat dan ukuran Iklan Adsense Yang Menguntungkan

Tempat dan ukuran iklan adsense yang menguntungkan -  Catatanabdul.
Bagi seorang blogger yang menjadikan blognya sebagai penghasil uang melalui sebuah iklan yang ditampilkan di blog kesayangannya,  tentu hasil yang besar adalah suatu tujuan.
Seperti yang banyak diketahui oleh para blogger,  Iklan yang menjadi andalan para blogger karena sudah terbukti memberikan penghasilan yang besar adalah iklan adsense.  Memang tidak mudah untuk bergabung dengan adsense namun ketika sudah bisa bergabung kesempatan untuk mendapatkan penghasilanpun menjadi terbuka lebar.
Nah bagi yang sudah bisa menampilkan iklan andsense di blognya,  namun penghasilannya masih belum maksimal,  kali ini saya ingin berbagi tips yang saya ambil dari pengalam saya sendiri tentang penempatan iklan dan ukuran iklan yang memberikan penghasilan maximal.
Dimama tempatnya dan berapa ukurannya, berikut uraiannya.

Catatan penting adalah jangan lupa perhatikan pengunjung yang menggunakan perangkat handphone silahkan simak pembhasannya disini kenapa pengguna handphone harus diperhatikan.

Sebelumnya saya akan menujukan perubahan yang saya alami dengan tehnik yang saya gunakan.

Satu saja yang saya rasakan yaitu medapatkan penghasilan yang meningkat.

Perhatikan gambar ini.

tempat dan ukuran iklan adsense yang menguntungkan


Posisi Iklan

Silahkan lihat screen shoot berikut ini.

tempat dan ukuran iklan adsense yang menguntungkan

tempat dan ukuran iklan adsense yang menguntungkan

Seperti yang sudah disimak pada screen shoot diatas, bahwa Fokus utama iklan yang saya tampilkan adalah di atas artikel.
Jadi untuk posisi yang paling menguntungkan bagi saya untuk penempatan iklan adalah di atas artikel tepatnya sebelum artikel.

Bagi saya posisi iklan awal artikel menjadi posisi yang keterlihatan paling besar oleh pembaca. Ketika pertama kali memuka halaman kita dan mulai membaca judul, maka iklan yang ditempel setelah judul menjadi yang pertama kali terlihat berbaur dengan tulisan yang kita buat.
Apalagi jika penngguna menggunakan perangkat handphone, maka iklan yang ada di samping dan bawah artikel akan terlihat setelah beberapa lama, setelah pengguna membaca artikel.
Jika artikel tiba - tiba kurang menarik bisa jadi pengguna langsung keluar tanpa melihat iklan tersebut. Jika tidak melihat iklan yang kita pasang bagaimana bisa tertarik.
Untuk itu posisi iklan sebelum artikel bagi saya sangat menguntungkan.

Ukuran Iklan

Untuk ukuran iklan awalnya saya berpikir ukuran yang paling menguntungkan adalah ukuran responsive, karena bisa menyesuaikan ukurannya dan ukuran iklan sudah ditentukan oleh google sendiri.Ternyata memang betul ukuran bisa berubah - ubah bergantian kadang bisa besar kadang bisa kecil, kadang bisa iklan yang panjang, kadang bisa iklan yang pendek.
Dari kebisaberubahan jenis iklan yang tampil tersebut, ternyata kebanyakan iklan yang tampil adalah iklan ukuran kecil tapi panjang, ternyata bagi saya kurang menguntungkan karena biasanya yang mengklik iklan lebih sedikit, berbeda jika ukurannya besar, keterlihatannya sangat tinggi sehingga ketertarikan pengguna pada iklan makin besar.
Untuk itu setelah sebelumnya saya mendapatkan email dari mbah google untuk mencoba ukuran iklan yang lumayan besar yaitu ukuran 336 X 280 ada perubahan penghasilan. Setelah saya gunakan memang untuk penghasilannya ada penambahan Seperti pada screenshoot tadi perhatikan persentase kenaikannya. Yesterday naik 66%, last 7 Day naik 80 % This Mont naik 40 %

tempat dan ukuran iklan adsense yang menguntungkan


Perhatikan sumber kenaikan tersebut pada screenshoot berikut ini.

tempat dan ukuran iklan adsense yang menguntungkan

Dalam 7 hari tampilan screeen shoot diatas, saya menggunakan beberapa unit iklan, yaitu iklan 336x280, iklan native, konten mecing, iklan responsive saya beri nama postingan atas tulisan (ini yang saya ganti dengan ukuran 336x280) dan satu lagi iklan ukuran 300x250.
Dari screenshoot diatas bisa kita lihat iklan yang paling besar penghasilannya adalah iklan dengan ukuran 336x280 yang memberikan kenaikan hasil sebanyak 77 % . Perhatikan gambar di atas.

Kesimpulannya ukuran iklan yang menguntungkan bagi saya adalah iklan dengan ukuran 336x280.

Oia mungkin ada yang bertanya - tanya dan mengecek ngecek apakah yang di screenshoot itu blog ini atau bukan?

Tehnik penempatan iklan dan ukuran iklan yang saya lakukan tersebut memang bukan pada blog ini melainkan blog saya yang lainnya. Kenapa demikian, karena blog ini sampai saat ini masih menempati urutan no 2 dari dua pungsi iklan adsense pada blog. Silahkan cek disini dua pungsi iklan adsense, sehingga setting iklanpun agak berbeda.
Mudah mudahan kedepannya blog inipun bisa pada posisi urutan no satu untuk pungsi iklan adsense yang pernah saya bahas tersebut.

Demikian yang bisa saya bagikan tentang Tempat dan ukuran Iklan Adsense Yang Menguntungkan, semoga bermanfaat.
Jangan lupa cek juga 4 cara iklan adsese muncul di blog kita.

31 komentar untuk "Tempat dan ukuran Iklan Adsense Yang Menguntungkan"

  1. dibaca, dihayati, dan diamalkan.. eh keliru.. dibaca, dipahami, dan diterapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba coba aja. pengalaman saya memberikan penghasilan lebih dengan cara d atas

      Hapus
    2. jangan lupa di emut dulu biar lebih mak jleb

      Hapus
    3. kalo udah di emut jgn lupa di celup. hahaha

      Hapus
    4. Saya sudah menerapkan semuanya ,tapi diblog anakan. Tapi sayang dolarnya lambat naik karena sepi pengunjung. Ukuran dan posisi harus di perehatikan biar dolar cepar cair.

      Hapus
    5. ia mas yang trepenting juga adalah pengunjungnya memang harus banyak

      Hapus
  2. Wah info yang sangat bermanfaat ini, meski saya belum jadi member iklan adsene bukan tak mungkin saya suatu saat bergabung juga hehe terima kasih semoga ilmu ini menambah kebaikan dan hoki pemilik blog ini

    BalasHapus
  3. 336x280 merupakan ukuran terbanyak di pakai oleh para blogger, khususnya berada di dalam artikel... :D
    Semoga terus naik ya Mang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. brarti yg lainpun sependapat ya dengan saya

      Hapus
  4. memang kita perlu melakukan ujicoba untuk mendapatkan hasil terbaik dari iklan adsense ya mas,karena setiap model tentunya berbeda hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas silahkan saja uji coba dan berikan waktu yg cukup untuk melihat hasilnya

      Hapus
  5. seperti contoh diatas berbeda pula yg terjadi sama blog ku mas.

    punya saya ketika pasang iklan diatas artikel dengan ukuran gede (300X250) malah dapat peringatan dari google katanya iklan menutupi layar waktu pake seluler

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhirnya saya pake responsive dan alhamdulillah hasilnya cukup signifikan

      Hapus
    2. waw ia juga ya. brarti tidak semuanya berhasil.
      bisa jadi saya mendapatkan juga yg demikian. tapi cek cek aja tampilan di hape. kalo menutupi jgn d gunakan

      Hapus
  6. GA belum punya
    Tapi dari kata-kata anda
    Membuat semangatku membara
    Update terus biar pengunjung lebih suka
    Dan Google Adsense mau menerima...

    BalasHapus
  7. Saya masih awam kalau masalah penempatan iklan asesnse, mas... mungkin masih trauma gegara sempat kena teguran google karena keseringan utak-atik posisi unit iklan, jadi masih takut-takut kalau mau ubah posisi iklan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia jgn terlalu sering berikan waktu untuk merubahnya

      Hapus
  8. Itu estimated earningnya kok ditutup bang.... :) ... menurut saya iklan yang menguntungkan itu yang ukurannya gede ... yang gede memang berasa banget ... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya penasaran mang. :D
      Pokonya yang gede itu jleb ah

      Hapus
  9. Intinya jangan lupa menggunakan template yang responsive ,biar pengguna moble atau smartphone bisa melihat atau mengaksesnya.
    Kalau saya lebih suka dengan iklan GA yang responsive, enak ditaruh dimana saja. Dibawah judul, lebih punya peluang klik atau salah klik sehingga sangat menguntungkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas awalnya saya juga gitu pas di ganti ukuran yang besar hasilnya lebih besar

      Hapus
  10. ijin sedot ilmunya, karena untuk ukuran pemasangan iklan saya sering asal aja mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba aja mas. berikan waktu paling engga du minggu untuk melihat perubahannya

      Hapus
  11. kesana kemari lagi lagi baca artikel GA, bisanya cuman ngiler nih

    BalasHapus