IBX59802E20531DF 3 Cara Untuk Bersyukur - CatatanAbdul.web.id - Berbagi Catatan Ala MangAbdul

3 Cara Untuk Bersyukur

Syukur itu ada 3 cara dan 3 cara ini bukan pilihan melainkan saling melengkapi. Jika kita memenuhi 3 cara bersyukur ini berarti kita sudah memenuhi syarat untuk ditambahkannya nikmat oleh Alloh SWT.
Bagaimana 3 cara bersyukur tersebut?
Nah berikut uraiannya, saya ambil berdasarakan ceramah ust Hanan Attaki.

3 Cara Untuk Bersyukur

1. Syukur itu adalah i'tiraf

Apa sih maksudnya?

Arti dari i'tiraf adalah mengakui.

Jika kita ingi bersyukur kepada Alloh atapun manusia, bersyukur terhadap manusia yaitu dengan cara berterimakasih.
Ingat kata nabi dalam salah satu sabdanya barangsiapa tidak tahu cara bersyukur kepada manusia, berarti dia tidak bersyukur kepada Alloh.

Lantas bagaimana cara bersyukur dengan cara mengakui.

Yaitu mengakui bahwa Allohlah yang Maha baik, Alloh Maha memberi, yang Maha Menolong kita Alloh Maha Besar. Memuji kebesaran Alloh.
Jika bukan karena Alloh apa yang sudah kita miliki tentu dari siapa lagi.
"Ada orang yang sudah bisnis dan sukses bahkan menjadi orang sangat sukses kemana - mana tidak usah hawatir dengan uangnya tinggal gesek saja.
Namun apa yang terjadi jika Alloh berekehendak lain orang yang uskse tersebut dalam beberapa hari terlilit hutang miliaran rupian."

Atau seperti kisah ini ( sumber FB) yang karena sombong usahanya jadi bangkrut.

By Alihozi

Kisah ini diceritakan oleh seorang ulama ternama di kota Bandung yg saat ini beliau masih hidup. Ulama ini mempunyai sahabat seorang pengusaha sukses yg kaya raya dan sekaligus orangnya dermawan kepada orang-orang yg membutuhkan pertolongannya. Pengusaha kaya ini kalau sedang menginfaqkan hartanya kpd fakir miskin adalah harta yg terbaik yg dimilikinya tdk seperti  kebanyakan orang saat ini yg kalau memberikan harta kpd fakir miskin adalah memilih - milih terlebih dahulu harta yg terjelek (terkecil).

Suatu hari Ulama ini bersama pengusaha kaya tsb  sedang dalam perjalanan di kota Jakarta utk memenuhi suatu undangan, tiba-tiba di perjalanan keduanya kedatangan seorang pengemis yg meminta sedekah kpd Pengusaha kaya tsb, lalu sang pengusaha merogoh kantongnya yg ada uang Rp.50ribuan  karena sifatnya yg dermawan ia langsung saja tanpa fikir panjang memberikan uang Rp.50rb tsb kpd pengemis tsb.

Coba bayangkan Saudaraku bagaimana senangnya pengemis diberikan uang Rp.50ribuan yg biasanya paling-paling orang lain memberikan Rp.1000, tentu saja do'anya panjang x lebar bukan ?   Pengemis itu mendo'akan pengusaha itu panjang x lebar.  Namun Pengusaha itu melakukan kesalahan ketika di do'akan oleh pengemis tsb dg berkata, " Kamu jangan mendo'akan saya , kamu do'akan saja dirimu , kalau saya sudah sukses dan kaya lebih baik kamu berdo'a utk dirimu saja."

Pengemis itu lantas pergi setelah dikatakan seperti itu, menyaksikan hal tsb Ulama sahabat pengusaha kaya langsung menegurnya, " Kamu jangan berkata seperti itu kpd pengemis tsb, bagaimana kalau ia adalah seorang malaikat?"
Sang Pengusaha kaya langsung tersadar akan kesalahannya, dan langsung mengejar mencari pengemis tsb. Namun sayang pengemis tsb tdk ketemu padahal perginya belum lama.

Sepanjang perjalanan pulang dari Jakarta ke Bandung Pengusaha itu terus membahas si pengemis tadi khawatir benar Malaikat yg sedang menyamar mengujinya. Benar-benar ia sangat menyesal dg perkataannya yg sombong saat bertemu pengemis tsb. Ulama tsb melanjutkan ceritanya kpd saya dan teman-teman dg berkata, " Sejak saat itu Wallahua'lam ada hubungannya atau tidak usahanya mengalami kebangkrutan dan tdk pernah bisa bangkit kembali."

2. Tahadust Bini'mah 


Biacarakan atau di bilang kebaikan yang diberikan Alloh itu.
Tujuannya supaya Alloh bahagia. Memuji kepada Alloh. Semakin kita sering mnyebutkan kebaikan - kebaikan Alloh kepada kita itu artinya kita sudah bersyukur kepada Alloh.
Kita menyebut - nyebut nikamt yang telah diberikan Alloh.

Alloh yang Maha pemberi Rizki setiap detik bahkan satuan waktu yang lebih kecil lagi.

Sebutkan kebaikan - kebaikan yang diberikan Alloh.

Misalkan Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memberikan kesehatan pada saya ini.
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah sudah memberikan istri yang soleh,cantik, baik.
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memberikan anak yang sehat, pinter bageur,
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memberikan makan setiap hari
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memberikan detaki jantung setiap detik 24 jam setia hari, 7 hari setiap minggu dan seterusnya.
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memeberikan oksigen gratis terus menerus
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memeberikan cahaya gratis tidak pernah mati matahari siang hari sehingga tidak perlu bayar tagihannya.
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudah memeberikan bulu alis saya tidak bisa panjang meskipun tidak pernah di cukur, coba kalo pajang kaya rambut mungkin tiap minggu saya harus ke tukang cukur.
Subhanaalloh, alhamdulillah Alloh baik banget ya sudahmeletakan hidung saya di muka jika hidung aya ada di pantat pasti saya muntah tiap hari.

Sebutkan kebaikan Alloh yang tidak terbatas tersebut Fabiayyialairobbikumatukadzibaan.
Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan.

Sebutkan kebaikan - kebaikan yang Alloh berikan sehingga kita akan merasa beruntung karena Alloh sudah memberikan banyak kebiakan kepada kita.

Sebutkan kebikan - kebaikan yang sudah diberikan orang lain kepada kita sehingga kita merasa beruntung memiliki teman pasangan seperti dia.

Ingat yang sudah kita terima, yang ada jangan ingat yang tidak ada, karena apa yang tidak ada pada kita belum tentu jadi kebaikan kepada kita meskipun itu adalah hal yang bagus.


3. Manggunakan nikmat itu dalam hal yang Alloh ridhoi


Mata kita gunakan untuk memandang yang Alloh ridhoi.
Contoh : memadang istri Alloh akan memberikan pahala selayaknya pahala sholat dengan memandangi istri.

Ketimbang menonton tv, berpahalaan nonton wajah istri. hehehehe...
Jika nonton tv bisa berpahala, bisa tidak berpahala tergantung yang ditonton tapi memandang wajah istri sudah pasti berpahala.

Jadi kalo mau nonton yang berpahala ya sudah nonton wajah istri saja. :D

Tapi yang belum menikah tidak usah mandang wajah orang lain bukan berpahala, dosa yang ada.

Telinga digunakan untuk mendengarkan yang Alloh ridhoi.
Lisa digunakan untuk mengeluarkan kata - kata yang Alloh ridhoi.
Da setrusnya dan seterusnya gunakan nikmat yang dimiliki hanya untuk yang Alloh ridhoi.

Demikian 3 cara bersyukur yang bisa saya tuliskan dari ceramahnya ust Hanan Attaki dengan beberapa tambahan contoh, semoga bermanfaat.

Silahkan simak cemarah lainnya di sini Lihat Apa Yang Disampaikan, Jangan Melihat Siapa Yang Menyampaikan - Ust. Hanan Attaki

Kumpulan Cemarah Ust Hanan Attaki
Kumpulan Ceramah AAGym 

Sumber tulisan adalah sebuah vidio berikut ini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Untuk Bersyukur"

Posting Komentar