IBX59802E20531DF Ceramah Ust Hanan Attaki # Masalah Terjadi Karena Dosa - Catatan Abdul Semua Bisa Dicatat

Ceramah Ust Hanan Attaki # Masalah Terjadi Karena Dosa

Tulisan berikut ini saya ambil dari salah satu vidio ceramah ust Hanan Attaki. Bahasa dan gayanya adalah bahasa dan gaya saya.
Saya hanya menulis apa yang saya tangkap dari ceramah beliau dengan cara dan gaya saya. Untuk vidionya di bagian bawah akan saya sertakan.
Silahkan berikut bisa di simak kandungan ceramah yang bisa saya tangkap.


Masalah Terjadi Karena Dosa

Ustadz Hanan dalam vidio ceramah kali ini menjelaskan beberapa kisah yang menjelaskan bahwa masalah itu karena dosa.
Masalah yang diangkat dalam vidio ceramah ustadz hanan kali ini adalah masalah tidak bisa bangun subuh dan masalah buruknya hapalan.

Penyebab utamanya adalah karena dosa.

Orang yang tidak bisa bangun meskipun sudah dipasangi alarm masalahnya adalah kerana dosa.

Ustadz Hanan menceritakan sebuah kisah seorang laki laki yang datang kepada Abu Hasan. Kurang lebih kisahnya seperti ini.

Seorang laki laki datang kepada abu Hasan dan bertanya begini. Wahai abu Hasan, saya itu ga bisa solat malam. Hal ini terjadi sudah lama, kenapa ya?
Saya pasang alarm sudah, tapi tetap saja tidak bisa bangun.
Saya bener - bener tidak tahu apa penyebabnya.
Abu hasan menjawab seperti ini " kamu itu adalah orang yang sudah di ikat oleh dosa kamu."

Jadi jika kita tidak bisa bangun untuk solat malam, untuk solat subuh itu adalah karena dosa.


Masalah targetan yang tidak tercapai tidak lain dan tidak bukan adalah kerena dosa. Misalkan setiap hari target baca Qur'an 1 juz kemudian tidak terpenuhi pasti hal tersebut terjadi karena dosa.
Atau biasanya setiap hari solat duha hari ini ternyata tidak, atau biasanya solat ba'da kobliah dan ternyata hari hari selanjutnya tidak, semua itu tidak lain dan tidak bukan pasti karena dosa.
Nah bahkan bisa jadi masalah keburukan yang terjadipun karena dosa.

Tidak hanya itu dosapun bisa sangat berpengaruh pada masuknya ilmu kepada hati kita, karena ilmu itu sangatlah sensitive. Bisa jadi ilmu mental dari diri kita karena dosa kita.
Untuk itu sebaiknya  sebelum memulai majelis ilmu sebaiknya beristigfar terebih dahulu supaya ilmu bisa masuk kedalam hati kita.

Kisah lain yang dikisahkan adalah kisah imam Asyafi'i dalam masalah hilangnya hapalan hadist yang telah dihapalnya, bahkan menjadi susah untuk menghapal. Imam syafi'i bingung karena apa bisa hilang hapalannya dan susah menghapal, sehingga curhatlah imam syafi'i pada gurunya.
Dalam curhatan itu gurunya bilang jika Ilmu itu adalah cahaya dan cahaya itu tidak dikasihkan kepada pendosa.

Ada yang tahu dosa apa yang di buat oleh imam syafi'i waktu itu?

Ternyata dosanya hanya ketika sedang dipasar tidak sengaja ada ibu - ibu atau nenek - nenek betisnya tersingkap tertiup angin dan imam syafi'i melihatnya tidak sengaja.
Itu saja.

Tidak terbayang seberapa besar dosanya bagi pemuda saat ini yang melihat aurat dengan sengaja dan lama.

Naudzubillah.

Untuk itulah supaya bisa mengura -  ngurangi dosa yang ada harus banyak - banyaklah bertobat dan berbuat baik.  Ingsa Alloh masalahpun akan beres

Nah itulah sedikit uraian dari vidio cerammah ustadz Hanan yang bisa saya tuliskan disini. Untuk lebih lengkapnya silahkan bisa di download  disini Download Vidio atau tonton di bawah ini.




Demikian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat. Silahkan simak juga ceramha Ust Hanan Lainnya disini Kumpulan Ceramah Ustad Hanan Banyak atau ini Kumpulan Ceramah AAGym Banyak

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Ceramah Ust Hanan Attaki # Masalah Terjadi Karena Dosa"

  1. memang pasar adalah tempat paling buruk di bumi mang makanya kalau tidak ada keperluan mndesak mending menjauhi pasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas sayamah jarang kapasar istri saya yg ke pasar. :)

      Hapus
  2. Ngefans sama Ustadz dari Sunda ini. Ceramahnya kadang diselingi humor, dan cara berpakaiannya anak muda banget, beda sama Ustadz-ustadz yang laen. 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ia mas enak gaul penyampaiannya. apalagi bagi para joblo

      Hapus
  3. pantesan aku banayk masalah,, heheh ternyata aku banyak dosa kali yah hahah,,, taubat2 ah,,, :D

    BalasHapus
  4. Masalah terjadi karena dosa, sayangnya tidak disertakan solusi agar dosa yang sudah melekat lama dalam diri kita itu bisa hilang. Btw artikelnya sangat bermanfaat, semoga kita bisa mengambil hikmat dari beberapa kisah yang disceritakan di atas, makasih mang atas share-nya semoga pahala yang besar dilimpahkan kepada mamang dan keluarga, amiinn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.
      solusi itu mas kita haru banyak2 bertobat

      Hapus