Perlunya Kordinasi Departemen Perkabelan Dan Departemen Penanaman Pohon Pinggir Jalan

Sebelum nya mohon maaf judulnya cukup panjang karena memang sulit sekali menyingkatnya. Selain itu istilahpun mungkin salah karena saya tidak tahu atas tanggung jawab siapa sebetulnya apa yang akan saya bahas dibawah ini.  Yang jelas kabel dan pohon selalu bermasalah.
Ok langsung saja berikut catatanabdul.

Saya keseharian berada di kalsel. Beberapa bulan kebelakang sedang diadakan penanaman pohon dipinggir jalan, nampaknya sebagai salah satu program penghijauan. Tidak tanggung-tanggung hampir sepanjang jalan A yani di kiri kanannya ditanami pohon.  Luar biasa.  Suatu prestasi penghijauan yang luar biasa.

Saat ini pohon tampak ada yang sudah tumbuh lebat,  baru tumbuh dan ada juga yang mati. Wajar saja berpariasi karena kondisi tempat tumbuh dan pohon yang di tanam berbeda beda. Selian itu waktu penanamanpun bervariasi.

Nah yang ingin saya tanggapi adalah posisi penanaman pohon -  pohon tersebut.  Kenapa saya tanggapi karena pada saat tumbuh nanti pohon - pohon tersebut akan menjadi masalah bagi departemen perkabelan.
Contoh gambarnya seperti berikut ini yaitu pohon yang sudah besar dipinggir jalan.


Tentu saja pohon besar tersebut masalah bagi kabel, bisa menyebabkan konslet dan lain lain.

Sementara yang baru di tanaman penampakannya seperti ini


Tentu para pembaca ketika melihat gambar tersebut akan sangat paham bahwa pohon yang baru ditanam pada saatnya nanti akan mengenai kabel dan selanjutnya adalah masalah bagi departemen perkabelan.

Selanjutnya tentu departemen perkabelan akan menurunkan pasukan atau pekerja pemeliharaan kabel untuk memotong.  Secara pekerjaan ini menambah lowongan pekerjaan,  namun jika saya pikir lagi mengapa meski ada pekerjaan yang semestinya tidak ada. Akan lebih baik jika dana tersebut dan pekerja tersebut digunakan untuk sesuatu yang memiliki nilai tambah seperti kebersihan jalan,  atau perbaikan jalan atau penambahan jaringan kabel. Mungkin dananya kurang tapi jika dikumpulkan beberapa kali lumayan juga bukan.

Untuk itulah, maka saya membuat judul yang panjang karena penanaman ini dan pemeliharaan kabel supaya tidak terkena pohon bukan sekali dua kali tapi rutin setiap tahun.  Kenapa tidak saling berkordinasi penanaman pohon sekian meter dari badan jalan dan sekian meter dari kabel.

Jika itu terjadi pohon yang besar tidak akan di potong dan kabel yang membentang tidak akan terganggu.  Bukankah ini menguntungkan bersama?

Cukup sekian dulu tulisan kali ini semoga mengenai sasaran.  Terima kasih