Perubahan Musim Kemarau dan Hujan, Durian Dan Rambutan

Ini hanya sebagai catatan saja terkait keisengan dalam mengamati lingkungan sekitar. Karena waktu dulu saya pernah memprediksi jika suatu saat (tidak tahu waktu pasnya) akan terjadi angin kencang di area bandung utara daerah tempat tinggal saya seperti area pasir pogor. Dan ternyata betul terjadi. Beberapa beritanya ada di facebook seperti berikut ini.

Kenapa perkiraan seperti ini muncul karena menurut saya pergerakan anhin waktu itu terasa berbeda. Meskipun banyak gunung yang bisa menghalangi laju udara kencang tapi angin saat itu tidak demikian. Angin bisa kencang secara tiba - tiba. 

Nah kali ini catatan saya adalah terkait musim di tempat tinggal saya yang berubah. Mungkin ini lebih luas perubahannya. Tempat tinggal saya kali ini adalah kalimantan.

Dulu beberapa waktu kebelakang skitar 2018 mungkin masih ingat kan dengan berita banyaknya kabakaran hutan hingga menimbulkan kabut asap dikarenakan kemarau panjang. Salah satu catatan saya adalah ini Solusi Menghentikan Kabut Asap meski merupakan sebuah tulisan yang entah kesiapa ditujukannya. Yang jelas waktu tulisan itu dibuat dalam kondisi kemarau dan terjadi kebakaran dan kabut asap.

Nah kali ini sepertinya musim sudah bergeser jika pada tahun 2018 tersebut musim kemarau terjadi setelah bulan puasa dan tulisan itu dibuat bulan 10 atau oktober dan pada tulisan itu dikatakan sudah 4 bulan kemarau berarti kemarau dimulai dari bulan 6 atau bulan juni.

Nah saat ini adalah bulan agustus sepertinya sepanjang tahun paling tidak sampai saat ini hujan terus. Munkin intensitas berbeda - beda. Namun Alhamdulillah tidak ada kemarau yang panjang dan mudah - mudahan tidak ada kemarau panjang. Aamiin. Dan aApakah ini perubahan musim tempat tinggal saya dan akan menjadi area hujan seperti julukan untuk kota bogor? Entahlah. he..he..

Dan ini yang paling unik, yaitu musim buahpun ternyata berubah.

Kenapa saya katakan berubah karena faktanya memang berubah. Pengamatan saya terjadi perubahan musim buah durian, rambutan, dan mangga, langsat, manggis

Perhatikan catatan saya sebelumnya musim rambutan kurang lebih terjadi pada bulan february - maret dan saya membuat tulisannya pada bulan maret perhatikan linknya https://www.catatanabdul.web.id/2020/03/kisah-memetik-rambutan-di-tempat-makan.html  

Nah pada tahun kemarin atau 2020 musim rambutan terjadi pada bulan februarian- maret dan saat ini tahun 2021 rambutan berbuah pada bulan februari dan ini bulan 8 atau bulan agustus sedang berbuah lagi. Sepertinya menjadi 2 kali waktunya.

Tahun kemarin Durian muncul sebelum musim rambutan yaitu bulan januari 2020. Januari 2021 pun musim darian. Tapi bulan juli-awal agustus 2021 ini durian musim kembali dan akan segera berganti dengan rambutan.

Bahkan dibulan agustus inipun mangga, duku atau langsat, manggis sudah musim kembali dan diperjualbelikan oleh para penjual buah - buahan.

Apakah ini perubahan musim yang akan terus berlanjut atau hanya spot. Musim buah yang biasa 1 tahun sekali menjadi 2 kali. Alhmdulillah jadi banyak buah - buahan.

Nah inilah cacatan perubahan musim ala saya. Mudah - mudahan perubahan musim ini membawa kebaikan untuk kita semuanya. aamiin

Posting Komentar untuk "Perubahan Musim Kemarau dan Hujan, Durian Dan Rambutan"