IBX59802E20531DF Catatan Abdul Semua Bisa Dicatat
Bahagia Yang Tidak Hakiki

Bahagia Yang Tidak Hakiki

Mendengarkan ceramah memang luar biasa. Banyak hal yang bisa kita dapatkan, tidak seperti kegiatan rutinitas yang bisa dikatakan bosen. Bahkan sebagian orang saking bosennya bisa stress. Berbeda dengan mendengarkan ceramah dari orang yang berbeda - beda rasanya itu memberikan jalan dari kebosanan dan kejenuhan rutinitas yang tidak bisa tidak harus kita dijalani.

Saya disini bukan mau memberikan ceramah tapi menuliskan catatan mendengarkan ceramah. Karena saya buka seorang penceramah jadi wajar jika ada yang kurang pas. OK..

Catatan ceramah saya kali ini adalah tentang bahagia, bahagia yang tidak hakiki dan yang hakiki ditambah hal - hal yang menghambat kebahagiaan.

Ingin tahu apa saja?. Untung saya catat. Berikut catatanabdul

Bahagia Yang Tidak Hakiki

Bahagia Yang Tidak Hakiki dan Bahagia Yang Hakiki

1. Silahkan simak Qur'an Surat Al Ankabut ayat 64 di bawah ini

Dari ayat ini saya mencatat bahwa kehidupan dunia itu hanyalah senda gurau, main - main tidak kekal tidak hakiki. Sementara akhirat hidup yang sebenarnya.
Jadi kalau bahagia di dunia pasti akan hilang namun bahagia di akhirat atau untuk akhirat pasti bahagia yang sebenarnya atau bahagia yang hakiki.

Contoh :
Jika kita bahagia punya motor baru, pasti pas waktu barunya saja yang bahagia banget kalo sudah lama biasa aja. Malah bikin ribet bayar pajak, belum lagi kalo udah sering mogok alahhhh bawaanya nafsuuu :D
Itulah bahagia didunia yang tidak kekal ada akhirnya atau tergantung situasi dan kondisi.
Berbeda dengan di akhirat bahagia itu beneran ga main mian.

2. Silahkan simak Az zuhruf ayat 35 berikut ini.

Manusia itu sudah pasti senang dengan perhiasan.  Punya emas pasti seneng.
Punya gelang baru, cincin kalung baru aahhh pasti senang.
Coba perhiasan itu yang membuat bahagia tadi pas kepaksa harus dijual demi memenuhi kebutuhan. Sediiih pasti... dan berusaha mengarkan diri.

Bapakanya dulu pas lagi rame ramenya punya batu akik keluaran terbaru red borne, akik gengang, yang lagi tran- trennya wehhhh pasti bahagia.


Sekarang akik udah tidak seperti waktu boming.  Bergeletakanlah batu akik di laci, jangankan di pakai dilihat aja engga. Sampai - sampai di marahami Istri gara - gara banyak batu di laci. Bikin kotor aja. 
Sampai - sampai ada juga yang meratapi kenapa dulu mau beli batu akik mahal begini sekarang tidak laku.  hik.. hik....

Persis apa kata Alloh tentang semua itu.  Itu adalah kesenangan/kabahagiaan dunia saja. Di akhirat ada yang lebih bahagia dan kekal.


3. Silahkan simak An Nahl ayat 96
Apa yang membuat bahagia saat ini.
Yakin akan tetap ada?

Semua yang ada disisi kita,  sidia,  istri,  anak apakah akan tetap disamping kita? Semua itu akan hilang sesuai dengan waktunya.  Hanya disisi Allohlah yang kekal. Apakah itu?
Yaitu segala amal baik yang kita lakukan yang akan kekal dan di bawa oleh kita. 

Nah udah kepanjangan kayanya berikut kesimpulan tentang Bahagia, yaitu bahagia itu ada yang hakiki ada yang tidak hakiki.
Bahagia yang hakiki ada disisi Alloh dan yang tidak hakiki adalah kebahagiaan dunia ini. Yang ngejar - ngejar dunia itu pasti cuman sementara ga akan di bawa mati. Setuju.

Lanjut......

Selain tentang apa itu bahagia dan apa saja bahagia ternyata ada juga yang bisa menghambat bahagia itu datang kepada diri kita.

Apa saja kah itu. Berikut catatanabdul.


Penghambat Kebahagiaan


1. Tidak Bersyukur


Langsung contoh saja ya.
Seorang punya rumah baru kemudian orang itu berkata
" yahhh rumahnya ternyata kecil ya pah...."
" yahhh... teryata motor barunya bukan CBR cuman motor bebek aja."
" Yahhhh....ternyata sarapannya dengan telor aja dikirain...."
" Yahh cuman juara 3 kirain mau dapat juara 1"

Tentu tahukan contoh apakah diatas?
Itu adalah contoh - contoh tidak syukur yang menghambat bahagia datang dalam diri kita.

Coba bandingkan dengan ungkapan dibawah ini...

" Alhamdulillah punya rumah, masih banyak diluar yang tidak punya rumah. Yang hanya beralaskan tanah dan beratapkan langit"
" Yesss alhamdulillah aku punya motor baru, diluar sana masih banyak yang tidak punya motor padahal mereka sangat menginginkannya. Nanti kalo dijalan pas jalan ketemu dengan teman yang mau punya motor mau aku ajak ah biar merekapun merasakan nikmatnya naik motor."
" Alhamdulillah hari ini masih sarapan, jutaan orang diluar sana masih hanya sebatas harapan untuk sebuah sarapan."
" Alhamdulilah juara 3. Nanti saya traktir deh..hehhe.."

Enak kan mendengarnya juga ya. Mendengarnya ungkapan seperti itu saja sudah lebih enak. Itulah efek syukur.
Membawa kebahagiaan , membawa ke-enakan.

2. Dengki


" Yeh diamah punya motor itu tau ga dari mana?! Ngutang!!!!!"
" Tau ga bajunya baru itu dari mana, dikasih tau.!
" Alah baru punya mobil gitu aja sudah sombong. Padahal nyicil, yicillll."
" Alah baru punya rumah 1 aja sudah petantang petenteng. Bentar lagi di grebek KPK"

Itulah adalah ungkapan kedengkian tidak bahagia melihat orang lain lebih dari kita. Dan itulah yang menghambat bahagia itu hinggap didalam diri kita.
Hati jadi terasa panas, gelisah.....
Gimana mau bahagia orang yang seperti itu melihat orang lain lebihdari dirinya hati jadi panas. Makanya dengki itulah yang kemudian menghambat bahagia.

Coba bandingkan

" Alhamdulillah dia sudah punya motor mudahan saja segera nyusul. Aamiin."
" Alhamdulillah baju dia sudah baru, ingsa  Alloh aku juga mau beli ah."
" Alhamdulillah mobil dia baru. Ingsa Alloh bulan depan mobil saya juga baru."
" Alhmdulillha dia rumahnya baru, mudahan taun ini saya juga punya rumah baru. aamiin."

Enteng rasanya ya....

Kesimpulannya dengki melihat orang lain bahagia akan menghambat kebahagiaan itu datang pada diri kita. Jadi supaya tidak terhambat ketika orang lain duluan lebih dari kita, ya kita juga ikut bahagia saja. Ikut bersyukur. Itu lebih enteng dan mendatangkan kebahagiaan.


3. Kebencian



Yang ketiga yang menghambat kebahagiaan adalah kebencian.

Contoh lagi ya.
Pagi pagi mau brnagkat kerja disterikain baju sama istri sudah rapih harum.
" Ini pah bajunya." Kata istrinya
" Ia." Kata suaminya tanpa tambahan apa - apa.

Kenapa coba cetus begitu padahal harusnya bahagia bajunya disetrikain harum. Karena ternyata suami lagi benci kesel sama istrinya gara - gara ga di kasih. :D.

Enaknya kan gini kata swaminya." Makasih sayang udah distrikakan, mamah emang yang paling okeh buat papah. Emmmuah."
Istrinya." Sama - sama papah sayang... Nanti malam pasti pah poollll."
Hehhehe...
Kan mantap....

Contoh dua.
Suatu malam suaminya bilang keistrinya
"Mah cepet sembuh ya."
"Ia." Kata istrinya tanpa tambahan apa - apa.

Kenapa bisa seperti itu karena istrinya kesel tadi siang minta dibelikan baju tidak dibelikan sampai dia sakit.

Mungkin seperti ini lebih enak.

Suatu malam suaminya bilang keistrinya
"Mah cepeta sembuhya."
"ia pah, makasih ya pah udah perhatian sama mamah." Jawab istri
" Maaf ya mah tadi siang ga dibelikan bajunya soalnya uangnya tidak cukup. papah baru rerima uang barusan besok yamah ya. Mau dua ato satu mah?

Nah itulah kalo kesel atau benci hal - hal yang seharusnya dirasa bahagia menjadi tidak bahagia, karena ada kebencian. Untuk itulah hilangkan kebencian cari sejuta alasan tentang kabikan - kebaikan orang lain apalagi pasangan kita.

Nah itulah catatan kali ini. Catatan ini saya mabil dari vidio di bawah ini.
Contoh - cotohnya sih saya buat sendiri hanya terinspirasi saja poin - poinya yang saya ambil. Jadi supaya mendapatkan hal yang lebih mantap lagi silahkan simak vidionya.




Demikian semoga bermanfaat.
Read More
Sunatan Masal itu Ada Geli, dan Lucunya Juga ya !?

Sunatan Masal itu Ada Geli, dan Lucunya Juga ya !?

Beberapa waktu kebelakang tepatnya 23-24 mei 2018 di Puskesmas Asam Asam dan Kintap dilakuknalah sunatan masal atas kerjasama Perusahaan sekitar seperti PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap, PT Geoservices, BSB, Nawakara, Darmahenwa, MMI, TCP dan lain - lain.
Dan tidak kurang dari 140 anak sudah di sunat pada kegiatan sunatan masah tersebut.

Kegiatan sunatan masal ini sebetulnya diadakan setiap tahun tapi setiap tahun ada saja anak yang disunat. Luar biasa.

Ada beberapa pengamatan yang membuat saya Geli dan ada juga yang lucu saat dilakukannya sunatan maslah ini yaitu sebagai berikut.

Yang Bikin Geli

Yang bikin geli saat sunatan masal ini dilaksanakan adalah melihat anak - anak di suntik dan kemudian disunat. Geli geli gimana gitu ya.
Kebayang waktu di suntiknya itu loh....

Pokonya sulit dikatakan ini dia foto - fotonya...





Semoga yang disunat, karena sudah menjalankan sunah mendapatkan pahala yang beripat ganda apalagi sunatnya waktu bulan puasa.
Amalasan sunah pahala wajib. Mantapsss


Yang Bikin Lucu

Selain ada yang geli geli gimna gitu ya. Ada juga yang lucu.
Seperti ada seorang anak yang sebelum disunat di suntik duu disuruh berdoa, eh malah doa makan yang di baca sotak semua menoleh dan tertawa.

"aawwww." kata anaknya saat di suntuk
"berdoa ,berdoa......" Kata dokternya
"Allohummabariklana fimarozaktana wakina adzabannarrrrrrrrrrrrrr..................." Berdoa dengan cepat dan akhirannya panjang banget. hehehehe......

Ada juga yang saat di sunat mainan Hape.


Silahkan baca juga Sulitnya Melepas Anak Dari Gengaman HP
Selian itu jua ada yang santai - santai saja melihat burngnya di sunat.


Selain itu ada juga anak yang tiba - tiba datang langsung buka celana rebahan dedapn dokter minta sunat. hehehe...
Tapi ada juga yang tidak mau sampai ngamuk - ngamuk tapi akhirnya pasrah juga tidak ada lagi anak yang mau di sunat kecuali dia saja. Akhirnya di sunat juga pasrah.
Ada juga yang sudah besar di sunatnya. Mungkin kelas 6 SD tapi badannya besar sampe sampe waktu sunat dilakukan terkahir dan yang lain keluar kecuali dia dan yang nyunat biar keliatan banyak orang dan ga malu. hehehehhe....

Nah itulah kegiatan acara sunat menyunat .

Semoga yang disunat, yang menyunat, yang punya acara dan semua yang terlibat mendapatkan segala kebaikan, apalagi ini bulan ramadhan mudahan kebaikannya dilipatgandakan berlipat lipat. aamiin.

Sekian dulu untuk kisah Sunatan Masal itu Ada Geli, dan Lucunya Juga ya !?
Read More
Sulitnya Melepas Anak Dari Gengaman HP

Sulitnya Melepas Anak Dari Gengaman HP

Pada beberapa waktu yang lalu terjadi sebuah diskusi kecil dengan anak dan istri.  Diskusi ini terjadi karena anak saya sulit lepas dari hape.
Mengapa sampai sulit karena pada mulanya anak saya supaya tida rewel diberikan hp. Sampai sekarang sulit melepaskannya.
Ditambah lagi saya sendiri jika ada email masuk wa masuk masalah kerjaan baik di luar atau sedang dirumah selalu dilihat anak. Begitupun dengan emaknya sangat sering sekali dilihat oleh anak kami memegang hp.

Kami berpikir barang kali anak berpikiran seperti ini. 'Saya dilarang tapi yang melarang yaitu emak dan bapak masih juga menggunakan hp'. Bahkan anak sepertinya tidak mau tahu alasan kenapa memegang hp.
Meskipun sudah dijelaskan karena ada kerjaan dan karena harus menguhubungi orang tertentu karena penting.
Sepertinya penjelasan tersebut tidak ngaruh. Yang dia tahu jika dia tidak boleh kenapa yang lain boleh. Kalo yang lain boleh berarti aku juga boleh.

Mungkin tidak bisa menyalahkan anak kenapa susah lepas dari hp.

Hanya saja kami punya ide begini. Yang terpenting ketika anak tidak boleh bermain HP dua hal sederhana saja yang bisa saya lakukan.

1. Jika tidak bisa emak apaknya lepas minimal jangan terlu sering dilihat oleh anak
2. Alihkan. Alihkan pada kegiatan lain, semisal bersih - bersih, berkebun, nyuci - nyuci, belajar dengan cara yang menarik dan lain - lain. Pokonya alihkan.

Satu tips tambahan yang belum dicoba adalah ubah konten hp dengan sesuatu yang bisa memberikan nilai lebih daripada sekedar mainan atau nonton vidio saja.
Contoh isi dengan opliksai belajar, vidio - vidio belajar dan lain - lain. Namun yang harus tetap fokus adalah perhatian orang tua.

Nah itu dulu kali ya. Entah curhat atau apa ini. Yang punya ide supaya bisa melepas anak dari jeratan hape silahkan berbagi di komentar


Read More
Adakah Yang Salah?

Adakah Yang Salah?

 
```APA ADA YANG SALAH...?
Tempo Doeloe .........
Orang tua kita berangkat bekerja setelah matahari terbit & sudah kembali ke rumah sebelum matahari terbenam.... Walaupun memiliki anak yg banyak.
Rumah & halaman pun tetap luas.
Bahkan tdk sedikit ada yg memiliki kebun.
Dan semua anak-anaknya bersekolah.

Sekarang.... Banyak yg berangkat kerja subuh & sampai rumah setelah isya.

Tapi..... Rumah & tanah yg dimiliki tdk seluas rumah orang tua kita..bahkan ada yg tdk punya

Dan bahkan banyak yg takut memiliki anak banyak karena takut kekurangan. Ada yg salah dgn cara hidup orang MODERN.

Orangtua kita hidup tanpa banyak ALAT BANTU.
Tapi TENANG menjalani hidupnya.

Sementara kita yang dilengkapi dgn mesin cuci, kompor gas, HP, kendaraan, TV, email, FB, Twitter, i-pad, ruangan ber AC dll......... HARUSNYA mempermudah hidup ini.
TAPI TERNYATA TDK.

Sampai-sampai, tdk sempat kita MENIKMATI HIDUP,
karena semuanya dilakukan TERBURU-BURU.

Berangkat kerja, TERBURU-BURU... Pulang kerja, juga TERBURU-BURU... Makan siang, TERBURU-BURU...
Di lampu merah, TERBURU-BURU...
Berdoapun, TERBURU-BURU... Bahkan sholatpun, TERBURU-BURU... Hanya MATI........
Yang tidak seorangpun mau TERBURU-BURU

Karena ketakutan akan kurangnya harta u/ keluarga sampai-sampai kita HITUNGAN dlm MEMBERI... Sementara Tuhan tdk pernah hitungan dlm memberi rejeki kpd kita.
Bahkan karena lebih takut kehilangan pekerjaan, kita berani melewatkan Ibadah
Sampai dimanakah hidup kita pd hari ini.....??? Apa ini terjadi pd diri kita ?.... Smg menjadi renungan..

Copy dari https://www.instagram.com/p/BjZ07tyBA30gSF5inaOhz6f4GuqP_cFbWxUj4M0/?taken-by=lilikrukmana
Read More
Download Ceramah Ustad Hanan Attaqi # 5 (Oleh - Oleh Dari Suriah)

Download Ceramah Ustad Hanan Attaqi # 5 (Oleh - Oleh Dari Suriah)

Download Ceramah Ustad Hanan Attaqi terbaru yang saya tau sudah bisa di simak. Judul ceramah kali ini adalah Oleh - Oleh Dari Suriah.
Awal - awal ceramah membahas suatu tugas yang berat yang diberikan kepada nabi Musa  a.s, yaitu memberi peringatan fir aun karena sudah keterlaluan kedzolimannya.
Selain itu juga tugas - tugas berat nabi - nabi yang lainnya pun i bahas, seperti tugas berat nabi Lut a.s, nambi Ibrahim, nabi Muhammad Saw dan lain - lain.

Semua tugas berat tersebut di berikan bekal oleh Alloh kepada para nabi dengan cara kemantapan iman.

Berbagai peritiwa yang membuat iman mantap dialami oleh nabi - nabi setelah itu menghadapi kaumnya.



Bagitulah yang bisa saya sampiakan yang mau menyimak online silahkkan di bawah ini.



Yang mau dowload silahkan disini Download Ceramah

Yang mau nyimak catatan ceramah sebelumnya disini Download Ceramah Ustad Hanan Attaqi # 4 Ramadhan Vibes

Demikian semoga bermanfaat.

Vidio diambil dari Chanel Pemuda Hijrah
Read More
Download Ceramah Ustadz Hanan Attaki #4 Ramadhan Vibes

Download Ceramah Ustadz Hanan Attaki #4 Ramadhan Vibes

Catatanabdul sore ini kembali tentang catatan ceramah ustad Hanan Attaki. Catatan ceramah kali ini adalah catatan ceramah ustad hanan attaki ke empat dan saya beri  tanda dengan tanda #4. Ceramah sebelumnya silahkan simak di sini Catatan ceremah ke#3.

Judul ceramah Ustad Hanan kali ini temanya adalah Ramadhan Vibes yang dilaksanakan Rabu, 16 Mei 2018 di Masjid Al-Lathiif Jl. Saninten No. 2 Bandung.

"Trevelingnya Orang Yang Beriman itu adalah puasa ramadhan"

Silahkan yang mau download disini Ramadhan Vibes.

Silahkan yang mau nyimak online di bawah ini.




Demikian catatannya semoga bermanfaat.

Read More
Download Kumpulan Ceramah Ustad Evie Effendi

Download Kumpulan Ceramah Ustad Evie Effendi

Catatanabdul kali ini masih tentang ceramah. Itung itung cari ilmu sambil nagbuburit bareng yutub. Biasanya ceramah yang saya catat adalah ceramahnya Ustad Hanan dan Ceramahnya AAGYM, kali ini ceramah yang saya catat dan kumpulkan adalah Ceramah Ustad Evie Effendi.
Baiklah supaya bisa langsung memilih ceramah Ustad Evie Effendi yang di simak yang mana silahkan saja pilih berikut ini. Silahkan klik saja ya.

1. Gaspol Ibadah Puasa - Ust. Evie Effendi
Download





2. Penyakit "Atuda" - Ust. Evie Effendie
Download

NontonOnline



3. Journey Of The Prophet - Ust Evie Effendi
Download
Tonton Online



4. Nikmatnya Hijrah Dalam Keta'atan - Ust. Evie Effendi dan Yuki Pass Band "MT Rinduku Baitullah"
Download

Nonton Online



5. Reborn (Shuffah Baitul Mu'min) - Ust. Evie & Kang Edwin Senjaya
Download
Tonton Online



6. Rek Kitu Wae? (Roza Alifa Muda) - Ustadz Evie Effendi
Download
Nyimak Online



7. Jomblo Ti Baheula "CBC 165" - Ust Evie Effendi (Full Version)
Download
Nyimak Online



8. You Only Live Once (Roza Alifa Muda) - Ust Evie Effendi
Download



9. Mensyukuri Kemerdekaan Dalam Bekerja - Ustadz Evie Effendi
Download
Nyimak Online



10. Back To Fitrah (PQC) - Ust. Evie Effendi [Kajian Umum]
Download
Nyimak Online




11. MT Roza Alifa "Gapleh (Gaul Tapi Soleh)" - Ust Evie Effendi
Download
Nyimak Online



Tos weh nya cekap. Jika mau tambahn komentar wehnya....
Read More