IBX59802E20531DF Catatan Abdul Semua Bisa Dicatat
Tips Obat Hati Galau

Tips Obat Hati Galau

Terkadang hati itu akan merasakan resah, gundah gulana, risau tak jelas. Berbagai macam cara untuk menenangkannya bisa dilakukan oleh orang yang mengalaminya. Seperti mendengarkan lagu, jalan - jalan, teriak - teriak, ngitung duit, gunting duit, angkat berbel, lepar piring eh... dan lain - lian.

Terkadang ada juga orang yang sms minta di telepon karena sedang galau. Entah itu maksud penipuan atau bener - bener sedang galau. Entahlah kita husnudzan saja orang tersebut emang sedang galau berat.

Berkaca dari semua itu tahukah anda apa yang sebetulnya bisa menenangkan hati anda yang galau, resah, gundah gulana tak jelas tersebut?


Berikut adalah tispnya

1. Istigfar, Ingat Alloh sambil mencari - cari barang kali ada suatu kesalahan yang dilakukan bisa salah pada diri sediri, orang lain atau mahluk lain.
2. Jika memang ada kesalahan kepada orang segera minta maaf
3. Jika sudah dilakukan dan masih saja galau perbanyak lah mengingat Alloh karena dengan mengingat Alloh hati orang beriman akan tenang.
Dekati Alloh, semisal ketika waktu pagi dekati dengan dhuha, jika siang dekati dengan dzuhur, jika sebelum subuh dekati dengan sholat fajar dan lanjut subuh, sore hari dengan sholat asar dan terus saja ketika waktunya sholat wajib dekati dengan sholat wajib dan jika sholat wajib sudah dilakukan dekati dengan sholat sunah.
Terus dekati saja Alloh

Nah berikut sedikit pencerahan yang mungkin sesuai tentang obat hati galau gundah gulana. Silahkan di simak.





Semoga bermanfaat.

Read More
Ini Dia 3 Piala Marah

Ini Dia 3 Piala Marah

akibat Marah, amarah
Ilustrasi pixabay
Tidak bisa kita pungkiri kalau kemarahan amat dekat dengan kemudharatan dan aneka keburukan. Terkhusus kemarahan yang tidak terkendali. Bagaimana tidak, saat marah itulah manusia berada dalam kendali setan.

Akal budinya tidak berfungsi sehingga kata-kata, sikap dan gerak tubuh tidak terjaga. Dan, tiada yang diinginkan kecuali memuntahkan amarah tersebut pada objek yang dimarahi. Marah semacam ini disebut amarah karena penuh dendam dan cenderung menyakiti.

Kata-kata dan perbuatan yang dipilih diwarnai hormon adrenalin yang akan mendorong proses penistaan dan melahirkan kepuasan melalui sederet kebencian. Marah ini akan memanipulasi hormon skotofobin (hormon takut atau kecemasan) pada objek kemarahannya. Akibatnya, marah yang kita ekspresikan terlepas dari akal sehat, minim pertimbangan, dan didominasi sepenuhnya oleh hawa nafsu yang dikendalikan setan.

Apa akibatnya?

Setidaknya ada tiga piala penghargaan yang akan dihasilkan, khususnya dari segi psikis dan
fisiologis.

Pertama, marah yang didominasi hawa nafsu dan dendam biasanya akan melahirkan penyesalan, rasa malu, dan ketidakberartian dalam hidup.

Pada saat amarah tengah menggebu, kita tidak merasakan apa-apa kecuali dorongan untuk menuntaskan amarah tersebut kepada objek yang kita marahi. Namun, setelah amarah terlampiaskan dan keadaan tenang, tiba-tiba kita pun menjadi sadar akan ”kebodohan” yang baru saja kita lakukan. Bahkan, akan lahir penyesalan yang alang kepalang manakala kemarahan tersebut membuat orang lain celaka dan teraniaya, khususnya pada kemarahan yang disertai kekerasan fisik.

”Orang yang sedang marah, apa pun alasannya, akan menyadari ketidak-berartian hal itu segera setelah dia tenang. Dalam kebanyakan kasus dia akan merasa harus meminta maaf kepada mereka yang telah dia hina,” demikian seorang pakar mengungkapkan. Itulah mengapa, sementara ulama menasihatkan, “Hindarilah amarah karena hal itu akan menjadikan kamu tercela.”

Kedua, marah dapat mengubah fungsi organ tubuh secara drastis. Sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa marah akan menimbulkan berbagai perubahan dalam seluruh anggota tubuh, khususnya hati, pembuluh darah, perut, otak dan kelenjar-kelenjar dalam tubuh. Seluruh jalan fungsi tubuh yang alamiah berubah ketika marah. Hormon adrenalin dan hormon-hormon lainnya menyalakan bahan bakar pada saat munculnya kemarahan.

Ketiga, marah akan “mempercepat” kematian.

Amarah yang terjadi pada seseorang akan memengaruhi kualitas kesehatannya. Berdasarkan fakta-fakta di lapangan, rasa marah yang eksplosif, intens, dan berkepanjangan sudah lama diketahui menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, masalah paru-paru, dan penyembuhan luka yang lambat.

Lebih jauh lagi, amarah dapat menyebabkan kematian secara mendadak jika hal tersebut mencapai tingkat kehebatan tertentu, yaitu ketika pembuluh darah mengalami penyumbatan dan pecah pecah akibat tidak bisa mengakomodasi cepatnya aliran darah yang dipompakan oleh jantung.

”Siapapun bisa marah ... karena marah itu mudah. Akan tetapi,
marah pada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, demi tujuan
yang tepat, dan dengan cara yang baik lagi tepat, bukanlah hal yang mudah!”
(Aristoteles)
Nah itulah 3 piala marah yang bisa di dapatkan dengan banyak marah :D
Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://drive.google.com/file/d/1fBEinDUnpWSAyrVAvAaIaWDuMVz1YULX/view
Read More
Kumpulan Booster Hanan Attaki

Kumpulan Booster Hanan Attaki

Kumpulan Booster Hanan Attaki. Kadang kata - kata singkat tayangan - tayangan singkat, kalimat - kalimat singkat membuat kita tergugah. Nah berikut kreatifitas dari pemuda hijrah membuat sesuatu yang mungkin bisa membuat kita tergugah. Meski singkat tapi mudah - mudahan memberikan makna.
Silahkan bisa di simak satu persatu.
























Read More
Kumpulan Ceramah Ustadz Abdul Somad

Kumpulan Ceramah Ustadz Abdul Somad

Assalamualaikum mungkin temen - temen ada yang sedang mencari Ceramah Ustadz Abdul Somad. Nah berikut coba saya kumpulkan dari beberapa sumber. Saya mencoba mengumpulkan yang paling lengkap. Mengapa yang paling lengkap karena jika dipotong takutnya menjadi berbeda maksud yang ingin disampaikannya.

Seperti kita ketahui bersama banyak vidio - vidio yang terkadang gabungan dari beberapa vidio atau cuplikan - cuplikan yang ternyata maksudnya beda dengan aslinya. Untuk itu saya sih menyarankan jika memang ingin menonton suatu vidio ceramah ustadz siapapun itu cari yang paling lengkap supaya tidak gagal fokus.

Atau solusi lain menghadiri kajian - kajiannya secara langsung.

Nah bagi yangmau menonton atau download gratis silahkan saja di bawah ini.

1. 16 MARET 2018 BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD LAPANGAN TERMINAL DURI, BENGKALIS, RIAU



2. 15 MARET 2018 BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD DI MAN 2 PEKANBARU, RIAU

Download


3. 14 MARET 2018 TABLIGH AKBAR TERMERIAH BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD LC. MA Malam

Download



4. LIVETERBARU! BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD DILAPANGAN TANDUL ROHUL PEKANBARU, RIAU

Download 


5. LIVETERBARU! BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD DILAPANGAN TANDUL ROHUL PEKANBARU, RIAU

Download


6. LIVE! 12 MARET 2018 BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD DI LAPANGAN GALATICOS COT GAPU BIREUEN, ACEH
Download


7. LIVE SORE! 12 MARET 2018 BERSAMA USTAD ABDUL SOMAD DI KAMPUS UNIMAL BUKIT INDAH, LHOKSEUMAWEH, ACEH
Download


8. Terbaru!! Tabligh Akbar Seru Ustad Abdul Somad Di Masjid Al-Ittihadul Khairiyah, Riau 11 Maret 2018
Download


9. Terbaru! Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad Terseru Pekanbaru 11 Maret 2018
Download


10. Terbaru! Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad Terseru Pekanbaru 11 Maret 2018
Download


11. ! Tabligh Akbar Bersama Ustad Abdul Somad Di Masjid Salman Alfarisi Aceh,tamiang
Download


12. LIVE! USTAD ABDUL SOMAD DIKANTOR BUPATI ACEH TAMIANG 9/03/2018
Download


13. TERBARU! 8/03/2018 TABLIGH AKBAR DARUL ILMI MURNI MEDAN USTAD ABDUL SOMAD, TGB & OKI SETIANA DEWI
Download


14. Tabligh Akbar Terbaru Dan Terseru Bersama Ustadz Abdul Somad Di Masjid Al-muhsinin, Jakarta
Download


Silahkan segitu dulu ya. Salah hilap mohon dimaafkan

Yang mau nambah silahkan saja masukan email temen - temen di sini daftar update ceramah di catatanabdul

Wassalamualaikum Warohmatullohi wabarokaatuh
Read More
Cara Penentuan HBA DMO

Cara Penentuan HBA DMO

Cara Penentuan HBA DMO

Nampaknya peraturan mengenai Cara Penentuan HBA DMO sudah disosialisasikan.
Tanpa bertele - tele berikut resume yang bisa saya dapatkan Cara Penentuan HBA DMO.

Cara Penentuan HBA DMO


1. Harga Jual Batubara Untuk Penyediaan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Umum sebesar USD 70 per metrik ton Free On Board (FOB) Vessel .
didasarkan atas spesifikasi acuan pada kalori 6.322 kcal/kg GAR, Total Moisture 8%, Total Sulphur 0.8%, dan Ash 15%.

2. Dalam hal spesifikasi batubara berbeda dengan spesifikasi acuan dan HBA lebih dari atau sama dengan USD 70 per metrik ton,
Harga Jual Batubara Untuk Penyediaan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Umum dihitung menggunakan formula Harga Batubara  di bawah ini :

Menghitung HPB Marker No. 1-7 

HPB Marker(i) = (USD 70 * K(i) * A(i)) – (B(i) + U(i)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB Marker(i) = Harga Patokan Batubara [USD/ton]
b) K(i) = Nilai Kalor Batubara(i)/6.322 [fraksi]
c) A(i) = (100-Kandungan Air Batubara(i))/(100-8) [fraksi]
d) B(i) = (Kandungan Belerang Batubara(i)-0,8)* 4 [USD/ton]
e) U(i) = (Kandungan Abu Batubara(i)-15)* 0,4 [USD/ton]
f) (i) = price marker 1-7

Menghitung HPB Marker No. 8

HPB Marker(i) = (USD 70 * K(i) * A(i)) – (B(i) + U(i)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB Marker(i) = Harga Patokan Batubara [USD/ton]
b) K (i) = Nilai Kalor Batubara (i)/6.322 [fraksi]
c) A (i) = (100-Kandungan Air Batubara (i))/(100-8/FKA(i)) [fraksi]
d) FKA(i) = ((100-8)/(100-Kandungan Air Batubara(i)) * Kandungan Air  Batubara(i)+(100-8))/100 [persen]
e) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara (i)- 0.8) * 4 [USD/ton]
f) U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i)-15) * 0.4 [USD/ton]
g) (i) = price marker 8

Harga Patokan Batubara Lain No. 9-66

HPB (j) = {(HPB Marker (i) + (B (i) + U (i))) * (K(j) / K(i)) * [(100- Kandungan Air (j))/(100-Kandungan Air (i))] * [(100-8)/(100 – 8)]} – (B (j) + U (j)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB (j) = HPB batubara selain batubara Price Marker [USD/ton]
b) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara (i)-0.8)* 4 [USD/ton]
c) U(i) = (Kandungan Abu Batubara (i)-15)* 0.4 [USD/ton]
d) B (j) = (Kandungan Belerang Batubara (j)-0.8)* 4 [USD/ton]
e) U (j) = (Kandungan Abu Batubara (j)-15) *0.4 [USD/ton]
f) K (j) / K (i) = Nilai Kalor Batubara (j) / Nilai Kalor Batubara(i) [fraksi]
g) (i) = price marker 1-7
h) (j) = batubara lain 9-66
i) HPB Marker (i) = HPB Marker pada Harga Batubara Acuan70 USD/ton

Harga Patokan Batubara Lain No. 67-77 (Batubara Kalori Rendah)

Bila TM < 40%

HPB (j) = {(HPB Marker (i) + (B (i) + U (i))) * (K(j) / K(i)) *[(100 – Kandungan Air (j))/(100 – Kandungan Air (i))]*[(100 – 8/FKA(i))/(100 – 8/FKA(j)]} –(B (j) + U (j)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB (j) = HPB batubara selain batubara Price Marker [USD/ton]
b) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara(i) – 0.8) * 4 [USD/ton]
c) U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i) – 15)* 0.4 [USD/ton]
d) B (j) = (Kandungan Belerang Batubara (j) –0.8) * 4 [USD/ton]
e) U (j) = (Kandungan Abu Batubara (j) – 15) *0.4 [USD/ton]
f) FKA(j) = ((((100- Kandungan Air Batubara(i))/(100 – Kandungan Air Batubara(j)))*Kandungan Air Batubara(j))+ (100 – Kandungan Air Batubara(i)))/100 [persen]
g) K (j) / K (i) = Nilai Kalor Batubara (j) / Nilai Kalor Batubara (i) [fraksi]
h) (i) = price marker 8
i) (j) = batubara lain 67-71
j) HPB Marker (i) = HPB Marker pada Harga Batubara Acuan 70 USD/ton

Bila TM ≥ 40%

HPB (j) = {(HPB Marker (i) + (B (i) + U (i))) * (K(j) / K(i)) *[(100 – Kandungan Air (j))/(100 – Kandungan Air (i)]* [(100 – 8/FKA(i))/(100 – 8/FKA(j)]} [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB (j) = HPB batubara selain batubara Price Marker [USD/ton]
b) FKA(j) = ((((100 - Kandungan Air Batubara(i))/ (100 - Kandungan Air Batubara(j))) *Kandungan Air Batubara(j))+ (100 – Kandungan Air Batubara(i)))/100 [persen]
c) K (j) / K (i) = Nilai Kalor Batubara (j) / Nilai Kalor Batubara (i) [fraksi]
d) (i) = price marker 8
e) (j) = batubara lain 72-77
f) HPB Marker (i) = HPB Marker pada Harga Batubara Acuan 70 USD/ton

3. Pemenuhan kewajiban iuran produksi/royalti oleh pemegang IUP Operasi Produksi Batubara, IUPK Produksi Batubara, PKP2B Tahap Operasi Produksi,
dihitung dengan formula tarif iuran produksi/royalti dikalikan volume penjualan dan dikalikan dengan Harga Jual sesuai ketentuan.

4. Dalam hal spesifikasi batubara berbeda dengan spesifikasi acuan dan HBA kurang dari USD 70 per metrik ton,
Harga Jual Batubara Untuk Penyediaan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Umum dihitung menggunakan formula Harga Batubara  yang tercantum dalam Lampiran II

Menghitung HPB Marker No. 1-7

HPB Marker(i) = (HBA * K(i) * A(i)) – (B(i) + U(i)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB Marker(i) = Harga Patokan Batubara [USD/ton]
b) K(i) = Nilai Kalor Batubara(i)/6322 [fraksi]
c) A(i) = (100 - Kandungan Air Batubara(i))/(100 [fraksi]
d) B(i) = (Kandungan Belerang Batubara(i) –0,8) * 4 [USD/ton]
e) U(i) = (Kandungan Abu Batubara(i) –15) * 0,4 [USD/ton]
f) (i) = price marker 1-7

Menghitung HPB Marker No. 8

HPB Marker(i) = (HBA * K(i) * A(i)) – (B(i) + U(i)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB Marker(i) = Harga Patokan Batubara [USD/ton]
b) K (i) = Nilai Kalor Batubara (i)/ 6322 [fraksi]
c) A (i) = (100 – Kandungan Air Batubara (i)) /(100 – 8/FKA(i)) [fraksi]
d) FKA(i) = ((100-8)/(100 – Kandungan AirBatubara(i))* Kandungan AirBatubara(i)+(100 – 8))/100 [persen]
e) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara(i) – 0.8) * 4 [USD/ton]
f) U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i)– 15) * 0.4 [USD/ton]
g) (i) = price marker 8

Harga Patokan Batubara Lain No. 9-66

HPB (j) = {(HPB Marker (i) + (B (i) + U (i)))* (K(j) / K(i)) *[(100–Kandungan Air (j))/(100 – Kandungan Air (i))]* [(100 – 8)/(100 – 8)]} – (B (j) + U (j)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB (j) = HPB batubara selain batubara Price Marker [USD/ton]
b) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara (i)– 0.8) * 4 [USD/ton]
c) U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i) –15) * 0.4 [USD/ton]
d) B (j) = (Kandungan Belerang Batubara (j)– 0.8) * 4 [USD/ton]
e) U (j) = (Kandungan Abu Batubara (j)– 15) * 0.4 [USD/ton]
f) K (j) / K (i) = Nilai Kalor Batubara (j) / Nilai Kalor Batubara [fraksi]
g) (i) = price marker 1 – 7
h) (j) = batubara lain 9 – 66

Harga Patokan Batubara Lain No. 67 – 77 (Batubara Kalori Rendah)

Bila TM < 40%

HPB (j) = {(HPB Marker (i) + (B (i) + U (i))) * (K(j) / K(i)) *[(100 – Kandungan Air (j))/(100 –KandunganAir (i))]* [(100 – 8/FKA(i))/(100 – 8/FKA(j))]} –(B (j) + U (j)) [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB (j) = HPB batubara selain batubaraPrice Marker [USD/ton]
b) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara (i) –0.8) * 4 [USD/ton]
c) U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i) – 15)* 0.4 [USD/ton]
d) B (j) = (Kandungan Belerang Batubara (j)– 0.8) * 4 [USD/ton]
e) U (j) = (Kandungan Abu Batubara (j)– 15) * 0.4 [USD/ton]
f) FKA(j) = ((((100- Kandungan Air Batubara(i))/– Kandungan Air Batubara(j)))*Kandungan Air Batubara(j))+ (100 –Kandungan Air Batubara(i)))/100 [persen]
g) K (j) / K (i) = Nilai Kalor Batubara (j) /Nilai Kalor Batubara (i) [fraksi]
h) (i) = price marker 8
i) (j) = batubara lain 67-71

Bila TM ≥ 40%

HPB (j) = {(HPB Marker (i) + (B (i) + U (i))) * (K(j) / K(i)) * [(100 – Kandungan Air (j))/
(100 – Kandungan Air (i))]* [(100 – 8/FKA(i))/(100 – 8/FKA(j)]} [USD/ton]

Keterangan:
a) HPB (j) = HPB batubara selain batubaraPrice Marker [USD/ton]
b) B (i) = (Kandungan Belerang Batubara (i) –0.8) * 4 [USD/ton]
c) U (i) = (Kandungan Abu Batubara (i) – 15)* 0.4 [USD/ton]
d) FKA(j) = ((((100- Kandungan Air Batubara(i))/– Kandungan Air Batubara(j)))*Kandungan Air Batubara(j))+ (100 –Kandungan Air Batubara(i)))/100 [persen]
e) K (j) / K (i) = Nilai Kalor Batubara (j) /Nilai Kalor Batubara (i) [fraksi]
f) (i) = price marker 8
g) (j) = batubara lain 67-71

5. Pemenuhan kewajiban iuran produksi/royalti oleh pemegang IUP Operasi Produksi Batubara, IUPK Produksi Batubara, PKP2B Tahap Operasi Produksi,
dihitung dengan formula tarif iuran produksi/royalti dikalikan volume penjualan dan dikalikan dengan Harga Patokan Batubara sesuai ketentuan.

6. IUP Operasi Produksi Batubara, IUPK Produksi Batubara, PKP2B Tahap Operasi Produksi  yang telah memenuhi persentase minimal penjualan batubara untuk kepentingan dalam negeri dan telah memenuhi ketentuan Harga Jual Batubara,
diberikan kenaikan jumlah produksi paling banyak 10% dari kapasitas produksi yang telah disetujui sesuai dengan ketentuan

7. Harga Jual Batubara Untuk Penyediaan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Umum mulai berlaku sampai dengan 31 Desember 2019 (Kepmen ESDM Nomor 1410 K/30/MEM/2018) dengan jumlah volume penjualan batubara paling banyak 100 (seratus) juta metrik ton per tahun.

8. Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, 12 Maret 2018 (Kepmen ESDM Nomor 1410 K/30/MEM/2018).

Catatan jika bingung dengan HPB Marker No. 1-7, 8, Harga Patokan Batubara Lain No. 9-66
Maksudnya bisa dilihat pada contoh postingan berikut ini HBA
Silahkan cek juga HBA Maret Pada link Berikut ini HBA Maret

Sumber - Sumber
http://humas.minerba.esdm.go.id/1520947834/SOSIALISASI-PERUBAHAN-PERATURAN-PERUNDANG-UNDANGAN-PERTAMBANGAN-MINERAL-DAN-BATUBARA

Read More
Apa Yang Kamu Lakukan Ketika Kamu Bosan?

Apa Yang Kamu Lakukan Ketika Kamu Bosan?

Bosan, bosen, BT, merupakan suatu kondisi dimana kebanyakan sesuatu. Misalkan kebanyakan nunggu, kebanyakan duit ehhh... :D.
Pokonya kalo kebanyakan apalagi kebanyakan banget pasti bosen. Pokonya Itu lagi - itu lagi. Pokonya kondisi dimana otak ini,  anggota badan ini perlu yang lain.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan Apa Yang Kamu Lakukan Ketika Kamu Bosan?
Mungkin sapi ini bosan di kandang jadi ingin ngamuk dia hari ini. :) 

Silahkan boleh komentar sesuka hati....

Nah berikut adalah apa yang saya lakukan ketika saya bosen setidaknya saat ini. Besok tidak tau lagi. Udah ilang bosennya

1. Jalan Kaki

Seperti di awal dikatakan otak, anggota tubuh perlu yang beda. Jalan kaki ternyata adalah yang saya pilih hari ini karena saya bosen.
Jalan kaki menuju percetakan stiker. Maksud hati ingin membuat stiker dengan tulisan logo masrozak dot com atau catatanabdul.web.id
Pokonya ga jelas begitu.  Datangin aja dulu.

Ternyata saat berjalan kaki cuman sedikit yang melakukannya dalam batas pengamatan saya.  Sepertinya hanya ada saya saja yang berjalan kaki.

Berkali kali tukang ojek nawarin jasa namun saya tolak karena saya mau jalan. Saya tolak dengan halus, dengan penuh senyuman dan berkeringat Tidak pak terimaksih :D.

Tidak hanya tukang ojek tukang becakpun sama menawarkan jasanya.
Tapi mau gimana lagi biar beda maka jalan kaki saja. Lumayan jaraknya menurut google jaraknya sekitar 1.5 km saja tapi cucanya ini. Dengan demikian hitung -  hitungan saya,  saya akan berjalan 2 kali lipatnya. Menuju percetakan dan kembali dari percetakan.
Paling tidak akan memenuhi target langkah 5000 langkah dalam sehari.

Ternyata ketika berajalan kaki banyak hal yang berbeda dibandingkan naik sepeda motor atau mobil. Saat berjalan kita bisa banyak menyapa orang, ngobrol, sampai melihat selokan atau sungai dipinggir jalan dengan jelas dan ternyata banyak ikannya. Luar biasa. Jika bawa peralatan mancing langsung saya mancing.

Luar biasa banyak hal yang bisa diamati saat berjalan kaki bahkan gang - gang dengan berbagai jualanpun terlihat jelas dibanding saat naik motor. Berbagai penjual terlihat jelas, warung kopi ternyata berjejer bengkelpun bejibun ternyata.

Pokonya saya kasih saran kalo bosen coba deh jalan kaki paling ga sejauh 1 km dijalan yang biasa kita menggunakan mobil atau motor.

Beda pokoknya. Hal yang tidak biasa akan anda temukan.

2. Hubungi Pasangan

Kalo saya sih mengubungi istri dan bilang kalo abis jalan kaki yang ternyata lumayan juga. hahaha
Istri mungkin BT menyimaknya tapi gpp lah cari susana baru.
Siapa tau pasangan kita punya ide yang lebih baik. Seperti apa yang saya dapatkan istri minta belikan sesuatu untung bukan hal yang sulit cuman minta beli minum aja. Gampang banget kan.
Namun harus di kira - kira juga jika lagi boke hindari dulu. Bahaya bisa - bisa malah ngajak makan dilestoran. hahahaha
Bisa pura - pura sakit kalo itu terjadi

3. Nulis

Hal yang ketiga yang saya lakukan adalah menulis, ya menulis tulisan ini. Sambil mendengarkan ceramah ustad Hanan Attaki Judulnya Mohonlah Perlindungan Allah untuk Perkara ini - Ust. Hanan Attaki Lc. Dengan mendengarkan ceramah memberikan inspirasi yang luarbiasa.
Dan dengan menulis siapa tau bobeab bosennya menguap karena teruapkan oleh para pembaca sehingga bosen saya jadi hilang.
Itu juga jika ada yang baca. Hahaha.

Tapi jika bosen anda adalah dari menulis. Yaudah jangan di ikuti.
Update status aja. "Aku Lagi Bosen....."
Terus lakukan yang nomor satu ya :D

4. Komentar Di Blog Orang

Baca artikel punya orang kemudian mengomentarinya bisa menjadi salah satu penghilang bosen. Tidak hanya sebatas blog bisa jadi komentar di status orang dan lain - lain. Tulis aja hal hal yang agak agak tidak nyambung.  Biar adminnya kebagian bosen. Barusan juga saya abis komentar dibanyak blog orang lain.  Lumayan lah silahkan daftar orang -  orang  ada di sini Sebaik Baik Laki Laki Adalah.............
Namun sekali lagi jika bosen anda gara - gara rutinitas ngeblog dan antek anteknya karena anda seorang blogger.  Mending pake no satu saja plus no dua.

Nah itulah kegiatan atau hal-hal yang saya lakukan ketika bosen.  Terus apa yang anda lakukan?

Sekian semoga menginspirasi anda hari ini.

Saat menunggu 10 Maret 2018

Read More
Sebaik-baik Lelaki Adalah Yang Paling Baik Terhadap Istrinya

Sebaik-baik Lelaki Adalah Yang Paling Baik Terhadap Istrinya

Sudah seberapa baik anda ( baca saya) pada istri anda ( baca saya)?
Jika anda belum merasa yang terbaik pada istri anda ( baca saya) , atau istri anda( baca saya) mengatakan dengan jujur anda masih berbuat jahat padanya berarti anda bukanlah orang yang terbaik meskipun anda baik terhadap orang lain. Apalagi jika kita sudah jahat kepada orang terus jahat juga sama istri.
Brarti klop.

Eh BTW brani banget ya saya menulis yang beginian, seperti sudah menjadi yang terbaik. :D
Justru itu mari kita evaluasi bersama.
Bagi para laki - laki yang sudah ber istri mungkin namanya evaluasi namun bagi yang belum, saatnya berencana yang terbaik.

Saya menuliskan judul seperti itu bukan tidak beralasan, melainkan karena saya baru saja mendengarkan tausiah dari Ustd Hanan Attaki, memang tidak langsung melainkan melalui saluran youtube.

Kemudian saya mendengarkan lalu menyimpulkan. Ternyata memang Sebaik-baik Lelaki Adalah Yang Paling Baik Terhadap Istrinya.

Hal ini juga senada dengan situasi dan kondisi yang pernah terjadi dinegeri yang jauh di sana. Kisah singkatnya begini.

Ada seorang laki - laki gagah baik banget kepada orang lain bahkan terkadang rela berkorban untuk orang lain yaitu teman - temannya namun tidak demikian dirumah.
Dirumah justru sering terjadi perselisihan. Dan apa yang terjadi dengan laki - laki tersebut, ternyata tindakan tersebut menjadikannya sulit bersosialisasi. Tidak hanya dengan keluarganya bahkan hal tersebut terjadi dengan teman - teman yang dulunya akrab. Mudah - mudahan kita menjadi laki - laki terbaik.

Dalam ceramah ustad Hanan kali inipun menjelaskan hal yang senada, bagaimana rosululloh bersikap terhadap istrinya, bersabar terhadap istrinya sehingga sebaik - baik laki - laki adalah yang terbaik kepada istrinya dan yang terbaik terhadap istri adalah rosululloh.

Dalam ceramah tersebut dikisahkan bagaimana rosululloh menghadapi istri - istrinya, ketika istri - istrinya salah. Salah satu kisah adalah dalam menghapi Aisyah.

Katika itu Aisyah marah banget terhadap nabi, kesel banget sampai - sampi Aisyah minta diantarkan pulang ke rumah bapaknya yaitu Abu Bakar.
Apa yang dilakukan rosululloh ketika itu? Terbawa marah atau tidak?

Tentu tidak, malahan rosululloh menawarkan Aisyan untuk mengantarkannya kerumah bapaknya.

Setelah datang dan kemudian duduk bersama apa yang dilakukan rosululloh, rosul meminta ijin dulu kepada aisyah untuk berbicara lebih dulu.
Kemudian Aisyah menjawab boleh asalkan mengatakan hal - hal yang benar.

Disisi lain medengar jawaban Aisyah seperti itu kepada rosululloh tentu saja Abu Bakar sangat marah karena apa yang di omongkan rosululloh tidaklah akan salah bahkan Allohpun mepercainya, bagaimana bisa seorang Aisyah mengira rosul akan mengatakan hal yang tidak benar, padahal tidak pernah dusta.
Mendengar seperti itu Abu Bakar sangat marah dan hendak memukul Aisyah namun apa yang terjadi rosululloh mengalanginya.

Rosululloh mengatakan kami kesini untuk meminta nasihat bukan untuk menyaki istriku. Kemudian rosululloh menoleh Aisyah dan kepada Aisyah berkata lihatlah aku membelamu.

Itulah contoh sikap rosululloh kepada istri meskipun berbuat kesal tapi tetap saja sabar.

Mungkin ada juga yang bertanya mau sabar sampai kapan.

Dalam ceramah tersebut dikatakan, yaitu idealnya laki - laki soleh sabar nya itu 70 kali sabar setiap harinya dari ketidaknyamanan istri pada suaminya seperti sikapnya, kata - katanya. Yang ke 71 nya boleh berbuat sesuai yang disyariatkan.

Tapi bukan berarti dengan tulisan ini seorang istri bisa berbuat se enaknya dengan membuat kesal suami sebanyak 69 kali. hehehe
Tetap saja istri yang baik adalah yang suaminya ridho kepadanya. Surga balesannya. Tentu saja dalam ketaanyan kepada Alloh ya. :D

Okelah kepanjangan kayanya, supaya tidak terlalu melebar dari ceramahnya Ustad Hanan Attaki Silahkan saja simak ceramahnya di bawah ini.





Demikian semoga bermanfaat.
Read More