Mungkinkah Penghasilan Blog Mencapai 100 Jt / Bulan?

Semenjak saya mengenal blog banyak sekali yang berbagi penghasilan dari blog. Ada yang penghasilannya 3000 Dolar / bulan sampai ada yang berbagi informasi penghasilan ratusan juta perbulan bahkan penghasilannya itu sampai kata miliar. Jujur saja pikiran sayapun jadi memiliki targetan iming - iming seperti itu.
Dalam benak terlitas waww jika penghasilan saya ratusan juta perbulan apalagi miliar dari blog wenak juga.

(Note : Meski dalam sisi lain hati saya berkata inginnya membuat konten itu bukan kerana uang tapi harus karena manfaat yang baik bagi orang lain. Tapi karena uang itu terus yang menjadi trading topik bacaan, akhirnya daftarlah GA dan singkat kata diterima oleh GA full approve)

Disisi lain dan waktu yang berbeda terjadi diskusi via BBM dengan bos saya. Sehingga ketika bos saya bertanya targetan penghasilan dari blog berapa. Saya jawab polos saja 100 juta pak. Buka perbulan perhari. hahahah...

Pikir saya targetan itu harus tinggi supaya semangat terus untuk mencapainya. Karena melihat orang lain saja bisa kenapa saya tidak. Begitu pikiran polos saya.

Seiring waktu berjalan  ternyata diantara teman ngeblog juga ada yang berpenghasilan besar yaitu sekitar 1800 dolar perbulan.

Teman saya itu menunjukan beberapa screen shoot penghasilannya dan berkata penghasilan tertinggi dalam sehari adalah 300 dolar. Waww mantap sekali.

Waktu itu saya chating dengan dia siang hari tepatnya 5 November 2015 dan memberikan screnshoot seperti ini.


Dari screen shoot tersebut berarti salama 5 hari saja sudah 227.29 dolar dan bulan sebelumnya bisa kita lihat 1,840.21 dolar. Jika dirupiahkan wawww mantaps. Waktu itu kalo tidak salah dolar masih 13.000. Jika di konversi ke rupiah kurang lebih Rp 23 jt an.

Tentu saja banyak yang saya tanyakan kepada beliau teman saya itu. Paling tidak pertanyaan berikut ini.

1. Bagaiman bisa berpenghasilan besar seperti itu?
2. Bagaimana caranya supaya blog rame pengunjung?

Pertanyaan yang pertama sebetulnya dijawab oleh pertanyaan nomor dua karena merupakan suatu pertanyaan yang beruntun yang tidak begitu ingat rnagkaian kisahnya. Yang pasti jika ingin penghasian besar maka ramaikan pengunjung. Yang menarik adalah jawab dari pertanyaan nomor dua. Nah berikut adalah jawaban singkat dari pertanyaan nomor dua.

Mas bagaimana caranya supaya blog rame pengunjung?

Jawab beliau seperti ini. " mas tulis aja yang paling banyak dicari orang, caranya dengan riset kata kunci. Pilih yang long teil keyword."

Jujur saya tidak paham kata - kata begitu. Pokoknya cari kata kunci yang panjang saja. cari menggunakan google keyword.

Katanya bidik saja salah satu kata kunci terus tuliskan saja. Setelah menulis biarkan saja. Dalam satu bulan nanti akan ada masuk kata kunci dari hasil pencarian. Selanjutnya ikuti saja itu.

Teman saya itu menjelaskan juga bahwa blog memilikinya itu pengunjung unik hariannya 20 rb pengunjung.

Lengkap beliau memberi tahu saya seperti itu.

Singkat kata sayapun mencoba melaksanakan apa yang disarankannya. Saya membidik salah satu kata kunci. Tentu saja dengan pikiran yang masih banyak tanda tanya.

Setelah saya cek kata kunci pencarian menuju blog saya adalah "masalah debu" Memang betul ada tulisan masalah debu hanya satu artikel. Meski demikian sama sekali bukan kata kunci yang saya bidik. Harusnya sih saya ikuti saja tulisan - tulisan tentang debu namun karena saya tidak memiliki banyak pengetahuan tentang debu. Akhirnya saya tidak bisa berbuat banyak.

Hingga saya melihat ada satu tulisan saya dalam blog lainnya yang saya yang ditulis dengan cara asal saja namun rame pengunjungnya meskipun saya hanya menulisnya sedikit dan artikenya masih sedikit.

Akhirnya saya putuskanlah kata kunci tersebut untuk saya ambil. Hingga akhirnya kata kunci tersebut saya gunakan dalam blog saya.

Ternyata setelah beberapa bulan, betul blog makin rame. Rame banget jauh dari biasanya.
dan tidak tanggung - tanggung saya langsung targetkan pengunjung hariannya adalah 20 rb pengunjung perhari.

Logika pikiran saya sangat sederhana sekali, jika teman saya itu pengunjungnya 20 rb/ hari dan tenrnyata dengan pengunjung seperti itu bisa berpenghasilan kisaran 20 jt/bulan. Maka sayapun harus memiliki pengunjung kurang lebih seperti itu.

Betul tidak logikanya seperti itu?

Sederhananya begitu yang saya tangkap.

Sayapun semangat karena dalam beberapa bulan pengunjung meningkat terus, mulai dari 2 rb perhari, 3 rb, 4 rb, 6 rb perhari.

Penghasilan belum besar. Tapi saya berpikir barangkali belum 20 rb pengunjung jadi belum besar penghasilannya.

Akhirnya pengunjung blog sampai ke 15 rb. Logikayanya tinggal sedikit lagi ke 20 rb pengunjung atau dengan kata lain harusnya penghasilanpun paling tidak 70 % nyalah.

Jika saya amati memang betul penghasilan meningkat dan membuat saya semangat dan harus bersyukur atas semua itu. Sehingga tak lama dari itu pengunjung blog sayapun melebihi apa yang saya targetkan sebelumnya yaitu 20 rb pengunjung perhari. Pengunjung blog waktu itu sekitar 27 rb-50 rb pengunjung perhari bahkan ada yang sampai 100 rb pengunjung perhari. Alhamdulilah

Betul penghasilan meningkat dari sebelumnya alhamdulillah, tapi ada yang aneh. Logika saya jika pengunjung 20 rb perhari sama dengan 20 jt sebulan. Harusnya saya yang pegunjungnya bisa dua kalilipatnya, pengasilanpun harusnya dua kali lipatnya sebulan. Namun takdir berkata lain. Tenyata tidak. Bahkan setengahnyapun tidak seperempatnyapun tidak. hehehehe....

Sungguh takdir tiap orang berbeda -beda.

Namun demiakian blogpun terus saya urus karena saya merasa senang dengan kontennya. Saya bisa berbagi, saya bisa menulis apa yang saya mau. Saya bisa beriterkasi dengan orang yang memerlukan tulisan saya. Meski kalo melihat penghasilannya, karena melihat ke atas saya suka miris.

Dari hal ini saya belajar paling tidak 3 hal yang saya pelajari dan saya ambil hikmahnya.

1. Bahwa membuat konten itu memang harus sesuai dengan minat kita. Karena ketika ada tujuan lain dengan konten - konten kita semisal tujuan uang dan tujuan uang tersebut belum tercapai konten - konten kita akan tetap terjaga. Kita akan tetap berkarya.

2. Berkaitan dengan pengunjung, betul bahwasanya banyaknya pengunjung sangat erat kaitannya dengan penghasilan. Hanya saja bisa jadi nilai per pengunjung, nilai per klik iklan dan faktor - faktor lainnya pada setiap konten itu berbeda - beda. Mungkin tergantung kata kunci.

3. Barkaitan dengan judul Mungkinkah Penghasilan Blog Mencapai 100 Jt / Bulan?
Itu yang sedang saya buktikan dan belum sampai - sampai juga. Dan jika ide - ide saya berikutnya tidak menghasilkan penghasilan 100 jt/ bulan berarti memang tidak mungkin dari blog itu menghasilkan 100 jt/ bulan. :D

Saat ini saya berpikiran mungkin kata kunci bisa berefek pada nilai penghasilan, untuk itu saya mencoba menuliskan hal - hal lain yang sekiranya kata kunci tersebut memiliki nilai penghasilan yang berbeda. Saya mulai berfikir mungkin harus ada usaha lebih besar.

Mari terus berkarya dan cari terus tujuan - tujuan dalam berkarya supaya tetap semangat dalam berkarya.

. .

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Mungkinkah Penghasilan Blog Mencapai 100 Jt / Bulan?"

  1. Soal screeshoot, banyak orang yang tertipu sebenarnya ada aplikasi yang memanipulasi screeshoot tersebut. Kalau memang ngeblog bisa menghasilkan uang yang berlimpah dengan iklan google adsense, pastinya dan seharusnya ada blogger yang tumbang.
    Lihat, berapa banyak blog yang harus terlantar walau sudah ada google adsensenya?
    Soal target pengunjung, harus berani membuat artikel yang frontal dan berani menerjang aturan. Dan pastinya dengan resiko kena dampar orang entah aparat :)
    ngeblog hanya untuk menunjang mempromosikan diri, membantu mengaktualisasikan usaha yang telah ada.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Pengunjung banyak bneran bisa mas 20 rb dan seterusnya.
      Hanya untuk hasil yang ga tau nih.
      Apakah kata kunci yg salah.
      Kayanya harus berpikir gini orang banyak iklan itu tentang apa kira kira. Nah tentang itulah kita nulis.
      Logikanya makin sesui dgn iklan kemungkinan klik adsense makin besar..

      Hapus
    2. betul, sekarang iklan yang dicari adalah cara mudah mendapatkan uang dari internet. Pasti itu kebanjiran :)

      Hapus
    3. berarti harus nulis tentang mencari uang ya. hahaha

      Hapus
  2. Balasan
    1. ia kalo melihat ke atas selalu bgitu mas. ujian syukur

      Hapus
  3. Iyups, mari terus berkarya saja. Soal uang urusan belakangan. Berbagi lebih asyik dari sekadar materi.
    Semangat...😊💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia semangat nya harus semangat berkarya. Tunjukan keahlian

      Hapus
  4. saya masih harus belajar masalah SEO
    tapi untuk maslaah ngeblog saya sepakat nulis aja dulu
    rekeki gak akan ke mana
    bukan mustahil juga kalau samapi segitu
    apalagi era digital sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas berkarya aja dulu terus. nrarti ga mustahil ya.. mudahan saja. aamiin

      Hapus
  5. Kalau ditanya mungkin atau tidak ya mungkin...hanya saja setiap bloger hasilnya beda beda ada yang cepat da yang segitu gitu saja seperti saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya mas kemungkinan itu yangbharus dibuktikan. saya termotivasi sama semangatnya mas dwi dalam berkarya.

      Hapus
  6. Memang sih, berlomba-lomba dalam memperbanyak pengunjung blog adalah tradisi para blogger, itu tidak bisa dipungkiri. Mulai dari pengunjung umum maupun tertarget, bagi aku sama saja.
    Aku mulai ngeblog sejak 2015, itupun hanya sebentar. Dan pertengahan september ini disela-sela pekerjaan sebagai karyawan pabrik sawit, saya iseng buka blog lagi dan ternyata pengunjung udah kisaran 1000/hari, padahal dulu sebelum saya tinggalkan masih 50-120 perhari hehehe..
    Jujur saya juga ga ngerti soal keyword research atau semacamnya, yang jelas saya cuman nulis di blog soal bisnis, keuangan dan pemasaran. Pokoknya artikelnya dijamin ori dan gak ngerugiin orang lain hehe. Sayailih niche itu pun karena dlu kuliah jurusan manajemen hehehe..
    Tetap semangat mas, semoga penghasilannya semakin bertambah setiap waktu.. amiiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnataps itu. jika di biarkan makin bertambah pengunjungnya brarti tulisannya itu manfaat banget.

      aamiin

      Hapus
    2. Iya mas, google juga pasti tau mana yang ori dan mana yang duplikat..
      Mksih mas..

      Hapus
    3. ia bner ya. google pasti tau mana yang asli mana yang copy

      Hapus
  7. Menarik sekali ulasannya, saya ini yang masih cupu sangat berharap memiliki penghasilan dari blog. Jangankan 100 juta 1 juta pun sudah sangat saya syukuri. Tapi, saat ini masih belum tercapai dan setelah membaca artikel mang abdul saya jadi lebih termotivasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat terus mas. pada saatnya nanti akan sampai

      Hapus
  8. tapi itu capaian yang luar biasa mas sudah bisa mencapai pengunjung 20rb, saya sendiri sekitar 40rb...tapi per bulan... memang sih saya punya target yaitu naikan pengunjung dan penghasilan hingga akhirnya hasil dari blog bisa di andalkan dengan catatan saya tetap menulis apa yang saya minati.

    kalau teman2 mas itu mereka ternak blog, udah mahir di seo, target utama kan uang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas perlu di syukuri juga sudah sampai 20 rb.
      tapi yang pastinya perlu beljar terus suapaya makin mahir.

      Hapus
  9. kalo sampe pendapat 100jt/bln luar biasa banget, butuh kerja keras pastinya.

    BalasHapus
  10. beu aku paling banyak 10 ribu sehari hikksss sedih mang lihatnya

    BalasHapus