Belajar Bersyukur Dengan Cara Out Of Kebiasaan

Ketika saya bertanya pada anak saya :"ki kalo kita lagi haus banget terus dikasih minum 1 gelas gimana rasanya?
Jawab anak saya : " Enak banget pah, seger...!!"
Lanjut saya :"Kalo papah kasih 1 gelas lagi, bagaimana?"
Jawab anak saya:" Nyaman lagi seger..."
Lanjut saya lagi :" terus kalo papah kasih lagi satu gelas lagi."
Jawab anak saya :" Kenyang pah."
Lanjut saya :" Pintar anak papah, terus kalo papah tambah lagi 2 gelas. Gimana?
Jawab anak saya :" Muntah aku pah!"

Sebuah diskusi kecil dengan anak memang sangat menarik sekali terkadang keluar jawaban yang khas dan membuat kita tersenyum. Indah banget.

Berawal dari diskusi tersebut saya berpikir ada suatu hal yang sama sama dilakukan namun bisa berefek berbeda kepada setiap orang.

Contoh minum tadi bagi orang yang sangat haus atau haus, minum sangat menyejukan, enak banget. Namun bagi sudah kenyang dengan air minum, minum bisa jadi hal yang sangat merepotkan.

Disini ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan, yaitu jarang, biasa dan terlalu biasa.

Kemudian saya mencoba mengkaitkan hal tersebut dengan rasa nikmat, rasa enjoy, rasa gembira, syukur.

Bagaimana kemudian rasa nikmat, rasa gembira, aras enjoy, syukur itu bisa datang pada diri kita.

Jika saya ambil dari uraian diatas tadi, maka minimal kita harus out of kebisaan menuju sesuatu yang baru.

Karena hal baru akan tersa nikmat banget, indah banget.

Contoh diatas bagi orang haus yang sudah kehausan kurang air minun dalam satuan waktu tetentu kemudian menemukan hal yang baru yaitu air minum, kemudian dia minum. Waaaw luar biasa nikmatnya.

Contoh lain bukankah kita sering menyaksikan orang kota yang pergi kedesa tiba - tiba bilang:"waaaaw luar biasanya bunga- bunga di desa ini kemudian ceklek di foto terus upload ke instagram."
Padahal  bisa jadi orang desa disekitar situ mengetawakannya, bahkan mungkin orang desa bisa jadi ada yang berkata :"Ngapain itu orang kota mirip orang gila saja, lari - lari guling - guling di padang ilalang situ apa tidak gatal ya."

Ternyata yang disebut bunga indah itu adalah padang ilalang yang sedang berbunga. Kata orang sunda jukut eurih..

Tapi itulah sesuatu hal yang baru pasti membuat kita kagum.

Atau bisa jadi ada orang desa benget di bawa ke kota dan melihat genung - gedung tinggi tiba - tiba kagum :" Waw... luar biasa gedungnya..keren.."

Padahal bisa jadi orang yang biasa tinggal disana merasa penat hidup dikota yang panas, penuh polusi keseharian hanya dalam gedung yang dilihat cuman dinding.

Itu adalah contoh kecil. Dengan cara yang cukup besar. Namun bagaimana jika kita mau out of kebisaan dari hal - hal kecil supaya kita bahagia?

Itu lebih mudah.

Yang penting kita jalankan saja.

Misalkan kebisaan anda pagi hari saat setelah bangun yang biasa dilakukan adalah manggil istri, pembantu, anak, minta buatkan kopi atau teh atau susu. Coba rubah buatlah sendiri.
Atau coba anda jangan ngopi dulu atau, minum teh dulu atau minum susu dulu tapi coba anda rubah dengan mandi dulu. Baru setelah itu minun kopi hangat atau susu hangat rasakan bedanya....

Yang biasa pagi tidak mandi coba anda rubah mulailah dengan mandi. rasakan bedanya, rasakan sensasinya. Pasti akan luar biasa.

Biasa anda berangkat ngantor naik mobil, naik motor coba anda berubah naik angkot, naik taksi atau nebeng orang. hehehe.... Rasakan sensasinya pasti beda. Akan banyak hal yang baru yang akan anda temui.

Biasa anda marah - marah tiap hari coba anda paksakan senyum sekali saja dihadapan orang yang biasa anda marahi. Saya yakin hal baru akan anda temui saat itu juga.

Namun bukan berarti yang biasa tersenyum ramah setiap hari anda rubah jadi pemarah. Tapi coba anda perluas kawasan anda. Misal biasa di ruang HRD saja, coba masuk ruangan teknisi, ruangan OB dan lain - lain. Pasti hal luar biasa akan anda temukan.

Jika kebiasaan anda hutang apalagi ga bayar coba anda ubah dengan cara tidak ngutang lagi dan bayar hutang anda pasti akan berubah. Yakin saya.

Atau jika kebiasaan anda sebelum kerja ngopi ngudud sampai lama coba deh berubah, kerja dulu baru setelah beres kerjaan ngopi dan ngudud. Wehhh itu kopi sama udud pasti wenak banget. Cobai saja jika tidak percaya.

Atau jika kebisaan rambut anda gondrong coba kali - kali botak, yakin hal yang luar biasa akan anda temui.

Atau yang lebih sederhana biasa anda sisir rembut kekiri ubah jadi kekanan. Bleha tengah jadi belah pinggir. Akan beda rasanya. Cobai saja.

Atau mungkin biasa anda bajunya warna putih coba ganti jadi warna merah, hijau. Cobalah anda akan merasakan sensasi baru.

Atau kebisaan anda main hape seharian coba anda simpan hape tatap dunia nyata. Lakukan sesuatu misal bereskan rumah, bereskan kamar, menanam bunga, piara ikan. Lakukan, anda akan temukan hal yang baru.

Atau apapun yang menjadi kebiasaan anda caba anda laukan perubahan. Yang baik jadi lebih baik yang tidak baik jadi baik yang biasa manjadi berbeda.

Lakukanlah, maka anda akan mengetahui arti sebuah kata syukur....

Nah itu dulu mari kita berubah dari kebiasaan yang sudah jenuh untuk sementara waktu pada cara baru yang membuat kita lebih bersemangat. Tidak perlu merubah yang gede -gede yang kecil saja dulu yang tidak memerlukan modal.

Ok lakukan perubahan....


. .

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Belajar Bersyukur Dengan Cara Out Of Kebiasaan"

  1. bersyukur dengan perbuatan dan perkataan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia betul mas. Ucapan alhamdulillah dan berbuat lebih baik lagi. ingsa Alloh

      Hapus
  2. wah betul juga iya mas, kadang kita selalu mengunakan hal yang itu-itu aja yah seperti salah satunya bermain hp, sehingga ada timbul rasa jenuh, dan kebanyakan sih ketika apa yang kita dapatkan jarang disukuri karena lihat orang di sosial medianya.

    sekarang memang harus ada perubahan nih, agar bisa menjadi lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia buang duu hapenya mas. hehehehe

      Hapus