Tips Memberikan Pendidikan Adab dan Moral kepada Anak Usia Dini

Tips Memberikan Pendidikan Adab dan Moral kepada Anak Usia Dini
Anak usia dini adalah masa yang cukup krusial bagi Anda sebagai orangtua muda. Begitu banyak tingkah laku lucu yang mereka lakukan hingga membuat Anda gemas karenanya. Akan ada banyak pula suka duka dalam mendidik anak usia dini. Anda bisa saja mendapati mereka mengganggu Anda, bertengkar dengan temannya, atau malah merengek meminta sesuatu pada sang ibu sehingga mengusik kegiatan yang tengah Anda lakukan saat itu. Terdapat dua tipe orangtua dalam menangani masalah ini. Pertama, mereka akan langsung peduli dan menangani keusilan mereka. Kedua, menganggapnya sebagai kewajaran sehingga cenderung akan membiarkan sang buah hati melakukan hal yang mereka inginkan.

Perhatian untuk sang anak menunjukkan kepedulian dari Anda selaku orangtua yang juga tercurah termasuk ke dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dari sang anak seperti terdapat pada tulisan berikut ini https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/4-alasan-mengapa-bunda-harus-memperhatikan-kandungan-antibacterial-pada-sabun-bayi. Meskipun demikian, semua orangtua pastilah sama dalam hal yang satu ini. Tidak akan mengabaikan sepenuhnya setiap perkembangan dari anak mereka. Berikut adalah tips memberikan pendidikan adab dan moral pada anak usia dini yang dapat Anda aplikasikan kepada sang buah hati.

Bersabarlah dalam Mengingatkan sang Buah Hati

Bersabar memang tidaklah mudah. Akan ada begitu banyak tingkah laku menjengkelkan dari sang anak di kemudian hari yang melatih kesabaran Anda jauh lebih besar dari sebelumnya. Anda harus terus menerus bersabar pula dalam mengingatkan buah hati bahwa apa yang ia lakukan adalah salah. Buatlah ia mengerti dengan melakukan beberapa perumpamaan akibat dari perbuatan mereka kelak.

Konsisten untuk Setiap Konsekuensi dari Perilakunya

Menerapkan disiplin pada anak usia dini juga tidak kalah sulit. Anda harus mengusahakan untuk selalu konsisten dalam menerapkan setiap konsekuensi dari perilakunya. Sebagaimana konsistensi Anda dalam menggunakan sleek baby untuk perawatan diri bayi maupun peralatan makannya. Anda bisa memulai dengan memberikan reward saat dia melakukan perilaku terpuji dan memberikan punishment saat mereka melawan dari perjanjian yang sudah Anda buat bersama sebelumnya.
. .

Langganan Catatan Via Email Gratis:

7 Responses to "Tips Memberikan Pendidikan Adab dan Moral kepada Anak Usia Dini"

  1. susah-susah gampang pasti ya mengurus anak usia dini, lagi dalam masa-masa senang eksplorasi.

    saya setuju untuk memberikan reward dan punishment, biar bisa dijadikan pelaaran buat anaknya dan gak ngulangin perbuatannya kalo dia ngelakuin hal buruk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia asal harus diperhatikan yg sesuai aja jgn terlalu

      Hapus
  2. makasih mang abdul, ini jadi pelajaran berharga buat saya, nanti, ya nanti, karena saya belum punya anak, hehe

    BalasHapus
  3. Terimakasih tipsnya. Luar biasa. Tidak saja bagi orangtua yang punya anak, tapi juga bagi orang tua lainnya untuk mendidik yang lebih muda. Salut.

    BalasHapus