Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Ceramah Singkat Tentang Ikhlas - Catatanabdulweb.id. Assalamualaikum kali ini saya bukan maksud memberikan ceramah, tapi mencoba menuliskan apa yang sudah saya dengar siapa tahu bisa bermanfaat untuk saya dan para pembaca sekalian yang dirahmatai Alloh. Mudah - mudahan mendambah ke ikhlasan kita semuanya dalam beramal. aamiin.

Bismilahirrohmanirrohiim

Pada catatan ceramah kali ini saya mendengar sebuah kisah seperti ini. 

Ada seseorang yang bersedekah sebanyak 3 kali dan sebanyak 3 kali itulah dia merasa salah bersedekah dengan salah.

Begini kisahnya.

Jadi pada malam hari ada seorang yang berdoa kepada Alloh kurang lebih seperti ini 

" Ya Alloh malam ini saya ingin bersedekah, tunjukanlah kepada seseorang yang membutuhkan bersedekah saya."

Kemudian dia keluar dan bertemulah dengan seorang laki - laki, dan selanjutnya dia memberikan hartanya kepada laki - laki tersebut.

Esok paginya tersiarlah kabar dikampung tersebut bahwa tadi malam ada seorang pencuri yang mendapatkan sedekah.

Deangan adanya kabar tersebut seorang laki - laki tersebut merasa bersalah karena telah bersedekah kepada pencuri tersebut, sehingga hatinya merasa bersedih seharian.

Malam berikutnya berdoa kembali kepada Alloh "Ya Alloh tunjukanlah kepada seseorang yang membutuhkah sedekah, saya akan memberikan harta kepada dia."

Kemudian laki - laki itupun keluar dan mendapatai seorang wanita, sehingga diberikanlah harta kepadanya dan wanita itupun menerimanya.

Keesokan paginya tersiar dikampung tersebut bahwa tadi malam ada seoarang pezina / seorang pelacur mendapatkan sedekah.

Laki laki tersebut merasa menyesal lagi, merasa telah salah kembali memberikan sedekahnya.

Malam berikutnya berdoa kembali kepada Alloh  "Ya Alloh kali ini beri saya petunjuk saya ingin memberi sedekah kepada orang yang berhak menerima sedekah saya."

Kemudian laki- laki ini keluar dan bertemu dengan soerang laki - laki, kemudian memebrikan hartanya. Laki - laki itupun terdian dan kemudian menerimanya.

Ke esokan paginya terdengar kabar bahwa tadimalam seorang kaya telah menerima sedekah.

Laki - laki tersebut merasa sudah 3 kali bersedekah tapi 3 kali itupun merasa telah salah memebrikan sedekahnya.

Dia merasa kenapa telah bersedekah kepada pencuri, kenapa telah bersedekah kepada pelacur dan kenapa telah bersedekah kepada orang kaya. Laki  laki ini merasa telah gagal telah salah. Dia merasa Alloh tidak mengabulkan keinginannya.

Dimalam ke 4 laki - laki itu tidur dan kemudian bermimpi. Dalam mimpinya Alloh mengutus malaikan dan memberitahu kepada laki - laki ini terkait sedekahnya. 

1. Sedekah kepada pencuri telah diterima, karena sedekah itu menjadi manfaat. Dengan sedekah itu pencuri tersebut tidak jadi mencuri karena sudah tercukupkan dengan harta yang diterimanya.

2. Sedekah kepada pezina telah diterima, karena sedekah itu menjadi manfaat. Dengan sedekah tersebut pezina ini tidak jadi berzina karena apa yang dicarinya sudah ia dapatkan.

3. Dan ketiga sedekah kepada orang kaya telah diterima karena dengan sedekah itu telah menyadarkan orang kaya yang kikir menjadi dermawan.

Inilah keberkahan dari niat yang baik iklhas karena Alloh.

Luruskan niat ikhlas karena Alloh, alloh akan memberikan pahala yang baik sesui dengan niatnya. Ingsa Alloh. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak vidio dibawah ini.


Semoga bermanfaat. Boleh dibagikan sepuasnya.

Posting Komentar untuk "Ceramah Singkat Tentang Ikhlas"