Sebuah Mimpi Kecil BerKreasi Di Rumah

Mimpi adalah sebuah rencana, mimpi juga adalah sebuah visi. Dan semua itu hanya sebuah omong kosong belaka tanpa adanya tindakan. ha..ha.ha.ha. Keren ga ya.


Mudahan - mudahan kata - kata pembuka ini menjadi motivasi buat saya supaya mimpi kecil ini menjadi kenyataan. aamiin.

Kenapa saya membuat tulisan ini sengaja supaya jadi pengingat untuk saya karena saya memiliki mimpi kecil yang saat ini menjadi lamunan. 


Mimpi apakah itu?


Yaitu sebuah mimpi ingin memiliki suatu kreasi berupa kebun hidroponik yang subur indah di rumah.

Subuah impian kecil yang dalam bayangan saya sangat indah sekali.


Seperti yang saya tuliskan diatas sebuah mimpi tanpa tindakan hanyalah omong kosong belaka. Untuk itu supaya tidak hanya sebuah omong kosong, saya mencoba merancang terlebih terlebihdahulu rankaian penanaman untuk hidroponiknya.


Saya gambar dulu penyangganya supaya saya tidak bingung saat membuatnya.

Sambil mebuat gambar tersebut saya sambil berpikir rangkaian hidroponiknya menempel sederhana dipinggir tembok rumah saya. Siapa tahu beberapa waktu kedepan manjadi hijau dengan tanaman yang saya tanam.


Untuk mewujudkan mimpi ini, saya sebelumnya saya juga sudah memesan nutrisi untuk hidroponik. Tidak mahal nutrisinya, ongkos kirimnya yang mahal. Sehingga saya memilih yang ongkos kirimnya murah saja dan kebetulan yang ongkirnya murah adalah nutrisi umum. Nutrisi ini infonya bisa untuk tanaman campuran. Kenapa jadi murah, kabetulan yang jual masih satu pulau.


Dan ternyata hal ini kabetulan dengan rikues tanaman yang akan ditanam. Eamang kenapa gitu dengan tanaman yang akan ditanam?


Anak saya, istri saya dan saya agak berbeda ternyata. hehehe


Ada rikues cabe, cengek, sawi, daun sop dan semangka.


Dalam hati bergumam Alhamdulillah Alloh memilihkan yang tepat. Alhamdulillah


Masih dalam hati. Nutrisi yang saya gunakan memang untuk tanaman campuran, namun tidak ada keterangannya untuk sawi dan daun sop. Sehingga dengan tidak ada keterangannya untuk sawi dan daun sop, dalam benak saya bergumam berhasil atau tidak ya sawi dan daun sopnya. Mudah - mudahan saja berhasil tumbuh dengan baik. aamiin. Itung - itung sebagai percobaan penopang mimpi yang lebih besar. Aamiin


Setelah beberapa lama dan sudah disindir istri terus, eh maksudnya diberi semangat oleh istri.

Apalagi setelah terjadi insiden motorpompanya terbakar. hik..hik.. lemessudah

Namun lagi lagi untung istri saya yang baik hati memberi semangat dan pompa mini baru. Ahamdulillah......

Dan akhirnya......


Ini penampakan sementara buatan sendiri dibantu oleh anak saya. Tanamannya baru saya pindah dari tempat penyemaian Ada cabe, cengek, tomat, semangka dan sawi. Belum terlihat ya. 



Mungkin tidak seperti bayangan saya sih. hehehe

Eh bukan tidak seperti bayangan tapi belum mungkin ya.

Ketika melihat penampakan seperti itu harapan saya mudahan terus tumbuh dan berhasil menjadi rimbun dengan tomatnya, cengeknya, cabenya, sawinya. aamiin.

Selajutnya saya tinggal menunggu saja sambil mengamati jika ada yang tidak baik harus segera saya perbaiki. Jika ada tanaman yang KO harus segera saya OK kan. ha .. ha...

Eh tunggu..... diantara menunggu tanaman hidroponik saya tumbuh besar dan diantara cerita sebelum tidur ternyata istri memiliki mimpi juga.

Pah..... bikin kolam ikan dibelakang bagus kayanya!?

Anak saya yang laki - laki juga bilang  aku ingin komputer yang layarnya besar

Anak yang perempuan juga ngomong. Aku pengen Iphone ajah dah.! emmmmm

Salam buat semuanya.....

4 Comments

  1. Kirain nutri itu mahal , ternyata murah to
    Saya rencana pengen buat tanaman hidroponik.
    Untuk saat ini saya pengen beli drone biar bisa ngeyoutube dari udara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah aja mas. Yg mahal ongkir ya.
      Wah bner wujudkan mimpi itu mas

      Hapus
  2. Mimpi yang sempurna dong kang... tapi hati hati ya kang..pada pompa listriknya..itu kan dicelupkan ke air.. tetangga saya ada yang meninggal gara gara kesetrum.. akhirnya taman hidroponiknya terbengkalai sampe sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang Bocor brarti itu mas. Mudahan mudahan engga ada kejadian gitu.
      Kalo saya perhatikan sekilas mas dr beberapa perocbaan yg penting terendam air nutrisi. Jadi pompa itu kalo sistem ya sedikit bisa dikatakan kegunaan ya untuk mengisi air aja. Kalo mau aman pakai ganyung aja di ciduk

      Hapus