Laboratorium Superitending Batubara Ideal Masa Depan


Dunia analisa laboratorium batubara saat ini sangat memperhatikan kerahasia-an informasi seperti informasi pelanggan, informasi hasil analisa pelanggan dan lain - lain. Disisi lain pelanggan dari laboratorium batubara sendiri menggunakan hasil analisa dari laboratorium secara terbuka kepada para pelanggannya atau kepada para pembelinya. Walapun memang itu tujuannya. Namun sudah menjadi hal umum sedikit banyaknya akan ada pembeli yang percaya dan ada pembeli yang tidak percaya. Bagi mereka yang percaya tidak akan ada masalah, namun bagi mereka tidak percaya, apalagi pembelinya adalah distributor atau dalam bahasa dunia batubara yang disebut trader pasti akan meragukannya. Karena mereka harus menjaga qualitas dan quantitas jualannya. Sehingga akibat dari keraguannya itu mereka selalu meminta laboratorium lainnya untuk menganalisa batubara yang akan mereka terima.

Bagi saya hal tersebut kurang efektif terlalu banyak biaya yang keluar, mungkin bisa 2 atau lebih laboratorium yang dibayar untuk satu pekerjaan yang sama demi kepuasan hasil analisa.

Untuk itu saya memimpikan suatu laboratorium yang bisa dipercaya oleh semua pihak dalam sekali jalan. Sehingga biaya yang dikeluarkan oleh semua pihak menjadi lebih murah.

Bagaimana konsepnya?

Berikut coba saya uraikan.

1. Privasi Pelanggan Harus Sedikit Longgar

Longgar dalam artian setiap orang bisa tahu bahwa ada suatu badan atau orang yang sedang menganalisa satu sample tertentu dilaobratorium "IDEAL".

Misalkan saya PT AbdulRozak sedang melakukan analisa sample batubara dari Vessel MV. ROZAK di Laboratorium "Ideal ZODIZED" dengan pembeli PT AR.

Kemudian data perusahaan PT AbdulRozak pun bisa diakses oleh siapapun, masyarakat umum terkhusus para pembeli dari PT AR atau yang berekepentingan bisa sangat tahu.

2. Semua Proses Pengambilan Sample, Proses Preparasi, Proses Analisa, Proses Palaporan Data Bisa di Lihat Dengan Mudah

Jika saat ini semua proses ini hanya pihak laboratorium saja yang mengetahui, maka pada Laboratorium Ideal masa depan harus bisa menampilkan semua ini.

Tujuannya untuk apa?

Supaya semua pihak baik penjual atapun pembeli mengetahui bagaimana prosesnya dan seperti apa hasilnya.

Tidak akan ada lagi keraguan antara pembeli dan penjual.

3. Cara Supaya Bisa Terlihat Semua Prosesnya

Nah ini ide supaya semua proses bisa disimak yaitu dengan cara siaran langsung.
Banyak media yang bisa digunakan. Ada yang gratis seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Medsos gratis lainnya atau bisa menggunakan media yang berbayar yaitu Website Perusahaan.

Kauntungan kelebihannya tentu saja ada.

Menggunakan media gratis tentu tidak perlu ribet setting ini dan itu cukup bukan akun dan live saja. Namun settingan akan mengikuti maunya media penyedia.

Untuk website perusahaan mungkin akan banyak settingan yang bisa kita sesuaikan, namun tentu saja akan ada biaya yang timbul dari keluwesan tersebut.

Saya beripikir paling tidak ada beberapa layar yang disiarkan langsung yang bisa kita lihat.
Layar Proses Sampling
Layar Proses Preparasi
Layar Proses Analisa
Layar Proses Pelaporan Analisa

4. Syarat Penting Untuk Laboratorium Uji

Yang paling penting harus dimiliki oleh laoratorium uji adalah jaminan qualitas yang juga harus bisa disaksikan oleh umum dan betul - betul harus bisa dipercaya.

Uji nilai standar, uji nilai banding dengan laboratorium lain harus terlihat umum dan harus bernilai memuaskan. 

Nah paling tidak itulah gambaran sederhana dari Laboratorium Superitending Batubara Ideal Masa Depan yang ada dalam benak saya. Ayo siapa yang mau mencoba, pemikiran ini berasal dari setiap orang ternyata memiliki rasa ingin tahu yang besar, cara memenuhinya adalah berikan.

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Laboratorium Superitending Batubara Ideal Masa Depan"