IBX59802E20531DF Tata Cara Pembuatan Pasport dan Peryaratan yang Diperlukan - Catatan Abdul web id

Tata Cara Pembuatan Pasport dan Peryaratan yang Diperlukan

Catatanabdul.web.id kali ini akan berbagi seputar pembuatan PASPOR, yaitu Tata Cara Pembuatan Pasport dan Peryaratan yang Diperlukan.
Dalam hal ini pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Banjarmasin.
Persyaratan umum pasti sama, hanya saja bisa jadi pelaksanaan teknisnnya bisa jadi berbeda. Untuk itu saya memberitahukan nama instansinya tujuannya supaya para pembaca tidak salah paham.

Peryaratan Awal Yang Diperlukan

1. Akte Lahir asli dan fotocopy
2. KTP asli dan foto copy
3. Kartu Keluarga Asli dan copy
4. Bila ada perbedaan nama atau tgl lahir atau tempat lahir antara 3 dokumen di atas sertakan surat keterangan dari instansi yang berwenang.
Misalkan di KTP namanya salah beda dengan Akte. Minta surat keterangan resmi syah dari instansi yang mengeluarkan KTP. Kantor camat.
5. Siapkan matrai 6000 satu buah.
6. Uang senilai 355 Rb ( Untuk Biaya saat saya pengurunsan PASPOR)

Tata Cara Pengajuan

Episode 1

1. Datang langdung kekantor  imigrasi setempat.

Catatan penting adalah kantor imigrasi selalu penuh jadi datanglah pagi pagi.
Di banjarbaru/banjarmasin buka jam 8 tapi dari jam 6 sudah banyak yang datang.
Mungkin banyak orang yang membuat paspor untuk umroh, haji, TKI, Kunjungan kerja luar negeri dan lain - lain.
Pokonya datang awal lebih baik daripada datang telat.

2. Serahkan semua dokumen yang sudah disipakan (copynya saja) ke petugas.

Petugas akan meberikan formulir yang harus di isi dan ada dokumen pernyataan kebenaran dokumen yang harus dibubuhi matrai 6000 dan dan ditandatangani.

3. Isi formulir yang diberikan sesuai data ktp dan akte.

4. Setelah di isi serahkan kembali pada petugas. Jangan lupa map dokumen harus diberi nama.

5. Tunggu sampai di panggil

6. Setelah dipanggil maka akan mendapatkan nomor antrian.

7. Setelah mendapatkan nomor antrian, maka menunggu giliran di panggil kembali sesuai nomor antrian untuk dilakukan wawancara dan pengecekan dokumen aslinya atau saya uraikan di episode 2

Episode 2

Setelah menunggu panggilan nomor antrian, maka pada waktunya nanti akan di panggil dan masuk loket.

1. Akan melakukan verifikasi data, ada wawancara seputar keberangatan dandokuemn asli
2. Akan ada sesi foto untuk ditempel paspor
Latar foto adalah putih jadi usul saya sih gunakan baju selain warna putih supaya jelas orangnya.
3. Setelah itu wawancara dan foto selesai akan diberikan besar pembayaran paspor dan nomor pembayaran.
4. Bayar dibank manapun bisa
5. Bukti pembayaran jangan sampai hilang.
6. Ambil paspor seteah 3 hari dari pebayaran
7. Pengambilan harus diakukan oleh orang yang bersangkutan atau orang lain dengan surat kuasa.
8. Setelah diambil maka tanda tangani paspor dibagian belakang dan isi beberapa data pribadi, seperti orang ain yang bisa di hubungi dan hubungan dengan kita.
Misa mencantumkan istri dan nomor istri.


Subscribe to receive free email updates:

40 Responses to "Tata Cara Pembuatan Pasport dan Peryaratan yang Diperlukan"

  1. Ternyata nggak terlalu ribet bikin pasport. Memang rencananya suatu saat mau bikin paspor, buat jalan-jalan ke luar negeri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat aja dulu mas. eh ada kadaluarsanya sih 5 tahun.

      Hapus
  2. Ngomong Ngomong mas abdul mau kemana nih pake acara bikin paspor segala? Ke negeri jiran ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tugas mas kenegeri cina

      Hapus
    2. Ngawal pengiriman TKI mas... Enak tuh...

      Hapus
    3. justru saya tadinya nyari TKI di sana. g nemu

      Hapus
  3. Lumayan ribet juga yah kang tata cara mengurus pembuatan pasport teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama nunggunya aja sih mas. kalo lengkap datanya jadinya cepet juga

      Hapus
    2. hehehehe. nah paling harganya aja lebih mahal

      Hapus
  4. BTW mang aduls mau kemana nich buat paspor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu mas ke tapi ga mampir ke sana mas

      Hapus
  5. Saya mau juga bikin pasport tapi belum tahu buat apa nanti kalau sudah jadi mang,, soalnya gak punya saudara di luar negeri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beunget mamang teu ngadukung punya paspor ..mang

      Hapus
    2. buat mendatangi penggemar di luar negeri mas :D. kali aja mereka mengundang kita

      Hapus
    3. Haha.. ci mamang lembu mah sok kitu ihh, beungeut saya jelek-jelek gini juga udah pernah di taksir sama Linda Ikeji tauukkk...

      @Mang Abduls ia bener ya mang, salah satunya ya neng Linda Ikeji itu tuhh.. salah satu penggemar sayya wkkk...

      Hapus
    4. nah itu salah satunya mas. mendatangi penggemar yang jauh itu. kasin kalo udah ngundang g didatangin

      Hapus
  6. Lhoo... Perasaan saya pernah komen di pembuatan pasport ini kok..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mas itu judulnya 9 hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan paspor

      Hapus
  7. Bagi yang ada tugas luar negeri sudah seharusnya memiliki pasport mas...

    Syukur ada petunjuk caranya bikin paspor,

    Untuk batas waktu pemakaian sama kaya KTP ya mas 5 tahun habis dan pelu diperbaharui lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sama kaya ktp. karena sumber datanya salah satunya adalah KTP. Mungkin biar update data aja mas

      Hapus
  8. hehe...gegara pindah rumah lagi komentarnya jadi ikutan baru lagi....makanya jangan lebay ngblognya atuh mang....Puas ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mamang mamang belum sukuran. ah balik lagi aja. rada susah yang kemarinn

      Hapus
  9. o sekarang ngurus pasport lebih fast respons ya mas,cuman butuh 3 hari sejak tanggal pembayaran, maka pasport dah jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas selain itu. sebelum 3 hari juga bisa di tanyakan ke petugas. dua hari bisa sudah jadi. hari kerja tapi mas

      Hapus
  10. Wah mas Abdul ke Cina ya. Keren lah. Saya mau juga bikin pasport. Tapi ga ada rencana ke luar negeri.
    Bingung juga, selain ga tau mau kemana, juga ga punya duit modalnya :D

    BalasHapus
  11. Bila baru bikin paspord waktu wawancara agak lama sih mas, banyak pertanyaan yang harus di jawab. Tapi kalau sudah pernah punya akan lebih mudah, karena kita sudah pernah ke luar negeri. Mungkin takut hilang juga ya kalau belum ke sana. he,, he, he,

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh ia mas. kasian kalo tersesat di negeri orang.
      bisa jadi di negeri orang ga ada ojek buat minta anter ke terminal :D

      Hapus
  12. Saya lagi hapalin nih urutannya... siapa tahu bikin passpor juga buat jeng2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di prin aja mas. biar nanti bawa aja kalo bikin paspor hehehehe

      Hapus
    2. Saya kesini mau nanya paspor saya udah jadi apa belum yah? Ternyata belum jadi ya mang? (nunggu artikel selanjutnya)

      Hapus
  13. Saya sedang membaca dengan serius soalnya saya juga akan mengajukan perpanjangan pasport nih, om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah - mudahan bermanfaat banyak tuisan saya ini

      Hapus
  14. Saya mau kemana ya buat pasport...dalam negeri aja gak pernah jalan hahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mendatangi undangan penggemar mas :D

      Hapus
  15. Saya pikir membuat pasport itu sulit, ternyata dilihat dri tutoual diatas cara membuat pastportnya sangat mudah sekali

    BalasHapus