Definisi - Definisi Dalam Draft Survey Barge ( Tongkang)

Dalam dunia merine surveyor hal - hal dasar yang perlu diketahui adalah perihal definisi. Mengapa ini perlu diketahui, karena pada saat pelaksanaan Draft Survey Barge definisi - definisi ini akan sangat erat sekali bahkan akan menjadi menu utamanya.

Dengan kata lain jika definisi ini tidak tahu bisa jadi tidak bisa mengerjakan pekerjaan Draft Survey Barge.



Definisi - Definisi Dalam Draft Survey Barge ( Tongkang)


1. Metode Draft Survey Adalah Suatu kegiatan pemeriksaan jumlah muatan yang dimuat atau dibongkar melalui alat transportasi laut tongkang dengan metode pembacaan draft.

2. LOA : Lenght of Over All (satuan dalam meter) Adalah Panjang tongkang secara keseluruhan yang diukur dari ujung haluan sampai buritan.

3. B: Breadth (satuan dalam meter) Adalah lebar pada tengah tongkang

4. draft : draught : d (satuan dalam meter) Adalah sarat tongkang/daya muat

5. LWL:Lenghtofwaterline (satuan dalam meter) Adalah Panjang yang diukur dari haluan keburitan yang menyentuh titik singgung permukaan air pada sarat kapal tertentu.

6. Overhang (satuan dalam meter) Adalah panjang tongkang diluar Lwl, yang diukur dihaluan dan buritan yang menyentuh permukaan draft tongkang.

7. Sinkage (satuan dalam meter) Adalah selisih Tinggi Freeboard awal dan akhir.

8. Displacement : Δ atau W (satuan dalam Ton)Adalah berat tongkang secara keseluruhan sesuai ketinggian sarat tongkang, (data diperoleh dari Hydrostatic/Displacement table)

9. Freeboard ( satuan dalam meter) Adalah Batas ambang bebas yang diukur secara vertikal diatas garis muat atau sarat tongkang yang merupakan selisih dari tinggi tongkang dikurangi sarat tongkang.

10. Metric Ton (MT) Adalah satuan berat yang digunakan untuk menentukan besarnya muatan tongkang kosong atau muat sesuai draft tongkang yang telah kita ketahui.

11. TPC: Ton Per Centimeter(satuanT/cm) Adalah Besarnya berat muatan untuk merubah sarat tongkang dalam1 cm.

12. Hydrostatic Table Adalah suatukarakteristik tongkang yang dituang  ataukurva.

13. Initial Survey Adalah Pemeriksaan awal pada saat tongkang kosong atau belum melakukan kegiatan pemuatan barang melalui perhitungan awal draft survey.

14. Final Survey Adalah Pemeriksaan akhir pada saat tongkang telah penuh atau telah dimuat melalui perhitungan akhir draft survey.

15. Density Correction Adalah Koreksi muatan dengan cara mengalikan perbandingan berat jenis air laut observed dengan berat jenis air laut standar 1.025.

16. Cargo Loaded Adalah besarnya muatan bersih tongkang yang merupakan selisih jumlah muatan setelah dimuat (Final survey) dikurangi jumlah muatan sebelum dimuat ( Initial Survey) diatas tongkang.

Demikian yang bisa saya catatan untuk Definisi - Definisi Dalam Draft Surver Barge ( Tongkang), semoga bermanfaat.

. .

Langganan Catatan Via Email Gratis:

0 Response to "Definisi - Definisi Dalam Draft Survey Barge ( Tongkang)"

Posting Komentar