Sementara Waktu. Nyerah! # Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Migrasi Ke AMP Html

Niat hati ingin mengikuti teknologi perkembangan zaman dengan cara mengganti template HTML dengan AMP HTML supaya ada lambang petirnya. hahahah
Selain itu berdasarkan pikiran saya cepat lambat amp html akan menjadi andalan bagi google dalam berkarya. Masih pikiran saya jika tidak sekarang di ubah kapan lagi. Karena semakin lama dibiarkan akan semakin banyak yang harus diubah.

Singkat kata sayapun mencoba template amphtml versi gratis pada blog sederhana dulu yang cuman ada satu posting. Alhmduillah berhasil tidak ada eror satupun karena mudah banget cuman ada satu posting dan penyesuaiannyapun mudah banget.

Singkat kata sayapun percaya diri mengubah blog ini dengan template amphtml. Otak atik sana sini hingga akhirnya berhasil sesuai dengan panduan. Halaman utama valid amp.
Masalah selanjutnya muncul, komentar bawaan blog yang tidak bisa serta komentar discus yang tidak bisa muncul.

Solusi coba di cari sana sini, akhirnya menemukan solusi dengan cara menggantinya menggunakan komentar facebook dan alhamdulillah berhasil dengan baik.

Setelah selesai semua itu tiba - tiba ada email dari webmaster jika ternyata amp banyak yang eror. Saya masih tenang wajar masih banyak yang belum diperbaiki. Pikir saya paling gambar, vidio apalagi pasti cuman itu saja. Akhirnya saya buka, dan betul saja gambar - gambar tidak valid amp. Sesuai perkiraan.

Akhirnya saya putuskan edit gambar - gambar di posting beberapa saja dulu yang penting valid. Ok berhasil namun ternyata Gambar burem. Pikir saya tenang pasti ada panduanya. Ternyata betul ada juga panduang supaya tidak burem. Akhirnya saya coba dan lieurrrrr banyak banget dong. hahahha.
Dan ternyata yang paling bikin mumet setelah setelah edit dan dicek validasi amp, eror amp lainpun bermunculan. Hadehhhh...

Jika begini caranya males juga padahal masih banyak yang harus dikerjakan. Dan pada pagi hari ini PeDe saya untuk mengganti template dengan amphtml saya simpan dulu sementara waktu. Beralih saja lagi dengan template buatan mas sugeng ini. Untung di beckup dulu. Kata mas djangkaru nunggu blogspot ngeluarin amp saja baru ganti. Setuju saya. :D

Pelajaran Bagi Saya Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Migrasi Ke AMP HTML

Namun demikian walaupun saya nyerah semnetara untuk migrasi ke amp, jika ada yang tetap semangat untuk mengubahnya menjadi valid amp. Berikut pengalaman saya yang harus dipersiapkan supaya migrasi tidak terlalu lama.

1. Materi

Materi disini seperti template amphtml supaya lebih mudah di tambah cara setting template apm tersebut. Penting sekali jangan lupa backup template anda sebelum melakukan penggangtian.

Untuk template masih belum begitu banyak yang berbagi secara gratis. Jika kita mencari dengan bentuan mesin google. Itu - itu saja yang muncul. Meskipun judulnya berbeda tapi isinya hapir sama. Templatenya arlina, kang adhy suryadi, bung frangi, kang ismet. Contoh pencarian klik
Tips memilihnya silahkan uji terlebih dahulu demo templatenya dengan uji validasi amp milik google disni https://search.google.com/test/amp

2. Berbagai solusi jika ada eror atau tidak valid amp. 

Maksudnya siapkan saja ide - ide untuk hal - hal seperti :
a. Cara mengubah posting gambar supaya valid amp dan resvonsive
b. Cara mengubah posting vidio supaya valid amp dan resvonsive
c. Cara mengubah related post supaya valid amp dan resvonsive
d. Cara mengubah pencarian supaya valid amp
e. Cara mengubah sitemp supaya valid amp
f. dan lain - lain

Mengapa penting dipersiapkan, karena paling tidak hal - hal tersebut akan tidak valid amp. Paling tidak gambar dan vidio yang sudah diposting pada raturan atau ribuar artikel akan tidak valid amp. Anda harus merubahnya satu persatu. 

Untuk panduan yang paling banyak mengenai hal tersebut yang saya coba dari blognya Kang Adhy Suryadi dengan kompiajaibnya. Silahkan cari disana.

Namun saya belum menemukan mengubah seluruh gambar dan vidio secara otomatis menjadi valid amphtml dan reponsive. Saya hanya menemukan otomatis responsive tapi tidak berhasil diaplikasikan karena ada hal lain yang justru tidak valid amp.
Kesimpulannya harus satu persatu di ubah supaya valid amphtml.

3. Waktu

Tidak mudah migrasi dari html ke apmhtml, untuk itu meskipun semua persiapan sudah dimiliki waktu khusus untuk melakukannya harus sudah matang dijadwalkan.
Ingat lalulintas pengunjung ke blog kita akan sangat tergangu. Semakin lama proses migrasi akan semakin menganggu lalulintas pengunjung ke blog kita.

4. Kopi

Saya lupa menyiapkan kopi saat migrasi ke amp, makanya saya menyerah. Jadi bagi yang sedang bersiap migrasi ke amp jangan lupa stok kopi.

Sekian curhatan saya mengenai migrasi ke amp. Semoga memberikan gambaran tantangan yang akan dihadapi ketika kita akan migrasi dari html ke amphtml.


. .

Langganan Catatan Via Email Gratis:

14 Responses to "Sementara Waktu. Nyerah! # Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Migrasi Ke AMP Html"

  1. Amp itu untuk negara yang jaringan internetnya lemot. Dan pastinya untuk artikel yang miskin photo bahkan untuk yang tidak menggunakan gambar. Sekarangkan sudah jamannya mau 5G.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amp untuk membuat saya pusing ngeditnya mas.BTW kapan ya 5 G hadir meluas. kayanya cepet banget maksudnya cepet banget paketan habis.:D

      Hapus
  2. Saya belum mengerti soal AMP ini. Ya nanti cari tahu ah hahaha. Btw iya juga ya, kopi itu wajib biar nggak mumet 😁😂

    BalasHapus
  3. ohh sy tak tahu fasal AMP ni mungkin kena study lebih lagi

    BalasHapus
  4. kalo blog nya udh lawas, banyak post nya berat pak, wkwkwk kudu edit satu satu post nya, sabar pak ttp semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mau tetap semangat tapi dapatnya semangka :D

      Hapus
  5. kalau yang nggak ngopi, apa boleh ngeteh?

    BalasHapus
  6. Kalau pakai blogspot nyerah deh..saya bikin dari awal blog baru saja tetap saja ada yang error. Tutor ditonton dan dibaca bolak balik tetep saja masih belum terbiasa

    BalasHapus
  7. Nah, karena kelihatannya ruwet seperti di atas, saya malas migrasi ke AMP. Semakin malas tepatnya.. hahahaha.. sudah malas tambah malas karena baca postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha kalo begitu sudahlah kita tunggu saja yang otomatis - otomatis yakan.

      Hapus