Hidropinik Sederhana ku Tumbuh

Mewujudkan mimpi merupakan sebuah langkah yang bisa membuat kita bergairah, semangat dan tentu saja jika mimpi itu berhasil terlaksana, maka rasa bahagia pasti akan menyertainya. Ingsa Alloh.

Beberapa waktu lalu saya sedang mewujudkan sebuah mimpi. Memiliki kebun hidropinik sederhana di pinggir rumah saya abadikan dalam sebuah tulisan Sebuah Mimpi Kecil Dirumah


Nah kali ini saya hanya ingin sebuah update, bagaimana tantangannya dan perkembangannya.


1. Pompa mini yang digunakan terbakar.

Katika baru mau mulai digunakan, hal yang membuat hampir menyerah adalah pompa yang saya gunakan terbakar.

Pada tulisan sebelumnya sudah saya ulas sebetulnya, tapi kejadian lengkapnya adalah sebagai berikut.

Maksud hati ingin mencoba pompa yang digunakan dan jalur listrik yang digunakan bisa berpungsi atau tidak. Ehhh lupa mencabut pompa dari listriknya sementara dalam wadah pompa belum ada airnya.

Sekitar 1 jam berlangsung dan setelah dibuka..... Astagfirulloh pompanya terbakar...rusak sudah. Tidak bisa digunakan lagi....hik..hik..hik..


Untung saja ada pahlawan yang sangat baik hati seakali kekasihku istriku tercinta membelikan yang baru.

Alhamdulillah. Setelah itu rangkaian kebun hidroponik sederhanapun kembali berlanjut.


2. Ada nyamuk Yang Hidup.

Pada rangkaian hidroponik sederhana yang saya buat ternyata air nutrisi yang ada pada pipa ternyata bisa membuat jentik - jentik nyamuk hidup.

Dalam benak saya ini sangat berbahaya sekali harus ditanggualangi.

Akhirnya sayapun menguras semua cairan nutrisi yang ada pada pipa dan yang ada pada penampung. Hingga akhirnya saya puntuskan untuk disaring saja semuanya dan saya buang jentik - jentiknya.

Dari pengamatan saya, ternyata ada dua lubang yang tidak tertutup dan bisa dimasuki nyamuk untuk bertelur. Ini harus ditiadakan.

Akhirnya kedua lubang saya tutup dengan potongan pipa.

Saya amati sekitar 1 minggu lebih atau sampai sekarang tidak adalagi jentik - jentik nyamuk yang hidup. Saya mencoba menyimpulkan masalah jentik - jentik yang hidup brarti beres. Alhamdulillah

Mudah - mudahan tidak ada lagi. aamiin


3. Ada yang tumbuh sempurna Ada yang Mati

Pada artikel sebelumnya saya sudah menyebutkan bahwa memang nutrisi yang saya gunakan adalah nutrisi campuran. Namun ternyata tidak bisa semua tanaman hidup dengan subur bahkan ada sebagian yang harus saya ganti karena tidak kunjung berkembang atau mati.

Dan ada juga yang tumbuh dengan subur namun karena terkena angin dan lain - lian akhirnya batang malah patah. hik..hik..hik.


4. Alhamdulillah Mulai Tumbuh Tinggi

Setelah beberapa tantangan dilalui, tumbuhan yang mati saya ganti, nyamuk saya coba tangkal, nutrisi coba saya tambahkan juga. Alhamdulillah tanaman yang ada pada sistem Hidroponik saya mulai tumbuh subur.

Mudah - mudahan bisa tumbuh terus dan menghasilkan buah dan sayur yang banyak. Amiin.



Tumbuhnya memang tidak seragam karena seperti saya bilang tadi ada yang mati saya ganti dengan benih yang baru. Saat ini alhmdulillah sudah tumbuh. Untuk sawi meski dalam keterangan produk tidak termasuk saya pikir sudah bisa saya panen. hehehe

Tapi tunggu dulu ah biarkan dulu menghijau lebat.

Rasanya tidak sabar melihat cabai - cabai berbuah, cengek - cengek berbuah, tomat-tomat berbuah, semangka berbuah dan pokoknya semunya berbuah. Mudah - mudahan Ingsa Alloh. Ammiin.


18 Comments

  1. Waahh penggemar Hidroponik nih mang Abdul Kalau saya kurang tlaten mas main tanaman atau merawat tanaman Hidroponik...Terkecuali ibu.😊😊

    Karena merawat Hidroponik juga tidak bisa asal saja dan perlu ada keseriusan ...Seperti perjuangan yang mang Abdul alami banyak pengalaman serta Drama dalam merawat tanaman Hidroponik.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru hidroponik kalo saya bandingkan dengan ditanam di tanah lebih mudah mas. tidak perlu saya siram tiap hari. cuman di awal memang perlu persiapan

      Hapus
  2. Saya pernah coba tanam hidroponik pakai botol Aqua botol karena banyak disini, tapi sayangnya pada mati semua.😂

    BalasHapus
  3. konslet mas, kalau kami biasanya mesin air, sering di masuki cicak dan akibatnya mesin berbunyi wrok-wrok

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia konslate.
      Wah kalo udah bunyi seoerti itu ada yang terpanggang itu. Alamat amu hangus

      Hapus
  4. Ternyata tidak mudah ya
    tantangannya ada-ada saja
    Saya sudal lama mempelajari hodropink
    Tapi belum pernah saya praktekan, soal nutrisi itu saya masih awam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas tantangan awal pasti ada. Kalo sudah 1 putaran terbaca sudah mas.
      Praktekan aja mas intinya nutrisi sudah dalam bentuk air. Sekarang tantangannya sudah makin besar sistem yg d buat bisa jadi tidak kuat. Hehehe

      Hapus
  5. Sungguh kegiatan yang sangat menyenangkan mangs, saya juga hobi bercocok tanam, hanya saja untuk saat ini masih terkendala waktu, jadi untuk sementara waktu belum bisa mulai "bertani" lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia ini juga menyempat nyemoatkan kan mas.

      Hapus
  6. Wahhh keren banget, dengan lahan yang minimal bisa menanam banyak tanaman.. Apalagi ramah lingkungan juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas keuntungannya itu lahan sempit bisa nanam dengan posisi ke atas

      Hapus
  7. saya juga tertarik buat bikin hidroponik,

    soal jentik nyamuk, kayaknya serangga ini masuk lewat celah yang kecil sekalipun

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jentik jentik sepertinya solusinya air harus mengalir cukup deras mas airnya.
      ia masuk melalui celah celah kecil.

      Hapus
  8. Belum ada artikel baru ya mangs, pasti lagi sibuk nih, hehee...

    BalasHapus
  9. biar faham ini kudu baca artikel sebelumnya deh mas,kayaknya bersambung ya

    maklum nih lama banget gk bw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas yanto kemana aja mas yan. baru nongol dari sekian abad yang lalu.
      Udah sukses aja sekarang ya

      Hapus