Kembali Nabung Saham

Setelah sebelumnya saya mendapatkan sebuah kalimat yang membuat pikiran saya kembali tergerak. Kisahnya saya tulis disini "Bingungnya" Investasi Saham (Sebuah Perkelahian Batin) dan itu merupakan tulisan curhat pertama saya tentang investasi saham. Dan kali ini adalah sambungannya. Jika bingung memang harus membaca tulisan pertama dulu.

Oke langsung saja saya lanjutkan curhatan investasi saham saya.

Pembelian Saham

Setelah akhirnya saya berfikir oke saya coba ikut kembali untuk jadi penguasa saham. Niat yang sangat "terlalu". Tapi tidak apa - apa namanya juga jangka panjang tidak ada yang tahu hari esok jadi seperti apa yang penting kita susun rencana dan laksanakan saja.

Awal mula setelah saya  memutuskan untuk ikut kembali nabung saham hal yang pertama saya lakukan adalah mengisi saldo account tabungan saham saya.

Langsung saja saya isikan dan ternyata langsung masuk rekening RDI dan bisa langsung digunakan untuk membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Tidak besar tapi cukup untuk beli saham.


Hal yang pertama yang saya lakukan sebelum membeli saham seperti prinsip saya di awal adalah mecari saham syariah, maka sayapun mencari daftar saham syariah di embah google dan mendapatkan daftarnya kemudian saya download.
Setelah di download sayapun memprint-nya. Total 11 halamn dan demi hematnya kertas saya prin menjadi dua lembar ini dia penampakannya. Yang terpenting terlihat kodenya :D



Pikiran saya adalah "saya hanya akan melakukan pembelian pada saham - saham tersebut saja tidak yang lain".

Sayapun saat pembelian ini hanya mepertimbangkan beberapa hal saja
1. Ada di daftar saham syariah
2. Harganya cocok dengan dana saya
3. Kira - kira bakalan naik atau tidak ( analisa metode saya sendiri )

Akhirnya setelah saya menimbang - nimbang saya memutuskan untuk membeli saham RIMO.

Apa yang terjadi setelah saya membeli saham RIMO?

Kemudian setelah membeli sahamnya baru saya kepikiran untuk melakukan pengecekan sejarah saham rimo dan yang terjadi pada sahamnya beberapa waktu kebelakang.
Luar biasa ternyata ada sejarang yang menurut analisa dari beberapa ahli, saham rimo ada indikasi sudah di atur oleh pemiliknya - pemiliknya. Wawwww.........

Entahlah saya tidak begitu paham yang jelas inti dari artikel - artikel yang saya baca bahwa untuk saham RIMO dapa akhir tahun 2017 pengalami penurunan yang signifikan.


Katanya pola seperti itu kemungkinan ada permainannya.

Jika ini benar, pas seperti apa yang saya pikirkan sebelumnya penguasa saham bisa melakukan hal - hal yang tidak bisa dilakukan oleh bukan penguasa. Pertanyaan sebelumnya bisa makin penyeramkan jawabannya  "Jika kita yang tidak berkuasa dalam hal ekonomi terus siapa?"
"Jika kita yang tidak berkuasa dalam hal ekonomi terus siapa?" Read more : https://www.catatanabdul.web.id/2018/06/investasi-saham-syariah.html
"Jika kita yang tidak berkuasa dalam hal ekonomi terus siapa?" Read more : https://www.catatanabdul.web.id/2018/06/investasi-saham-syariah.html


Dari segi saham yang saya beli jika melihat data tersbut seharusnya saya meragukan bisa menjadi tabungan bagi saya, namun apa boleh buat saham sudah saya beli dan sudah masuk account saya. Biarkan saja.

6 Jam Setelah Beli

Setelah melakukan pembelian saham sayapun terlupakan oleh urusan pekerjaan dan lain - lain dan ingat kembali setelah malam setelah perdagangan tutup.
Apa yang saya dapati?

Tak disangkan ternyata saya mendapatkan kenaikan sebesar 4.0 % sampai 4.8 % Tak disangka.

Akhirnya sayapun membiarkannya berlalu dengan menutup apliksainya.

Ke Esoka Harinya

Besoknya saya tidak langsung melakukan pengecekan bahkan seperti biasa saya cenderung tidak ingat apalagi ditempat kerja sedang ada komplain masalah air :D.
Jadi itu dulu yang jadi fokus saya.

Selesai komplain baru ingat dengan SAHAM.
Akhirnya saya putuskan untuk melihatnya dan ternyata masih untung 4.8 %

Selanjutnya saya biarkan saja dengan sedikit pikiran apa jual saja gitu ya ganti dengan perusahaan yang lebih okeh untuk dijadikan tabungan

Pikiran sebelah lain saya menyahuti entar dulu bro.....

Akhirnya sayapun tutup saja aplikasinya. heeeeh.. ressse juga.

Apa yang akan terjadi selanjutnya?
Apakah yang akan saya lakukan?
Apakah samah RIMO dijual?
Jika di jual untung atau rugi?

Silahkan simak pada curhatan selanjutnya pada tulisan selanjutnya........

Bersambung

20 Comments

  1. Wah saya masih belum begitu ngeh mas sama main saham gitu, tak baca baca dulu ya mas.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mencoba karena tugas aja mas. hehehehe

      Hapus
  2. terus terang saya belum pernah bermain saham mang

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kalo mau coba mas. hehee.
      saya juga sedang coba coba nih

      Hapus
  3. sampe sekarang saya gak ngerti mas masalah urusan saham :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo begitu coba tulisan saya sekarang selanjutnya tentang saham deh ya. Saya juga ngerti tapi ikut ikut aja

      Hapus
    2. saya pesen satu ya

      nggak pake saus

      Hapus
  4. saya masih buta dengan jual beli sahm rimo ini mas

    entar aja kalau mas rozak dah berhasil saya ikutin jejaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. rimo saham yag saya beli mas. ingsa Alloh saya tulis apa yang saya lakukan. Kalo lagi mau nulis :)

      Hapus
    2. asal jangan kena penyakit M lo ya

      Hapus
  5. Saya belum berani maen saham mang, sementara belajar nambang coin digital dulu, lebih gampang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas awal kisah juga saya ikutan saham karena tugas aja :D

      Hapus
  6. Ingin juga tahu rasanya beli saham
    Tetapi belum paham

    Dari ceritamu sungguh santai dan menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibuat santai dan menyenangkan saja. analisa dan putuskan

      Hapus