Simak 10 Cara Perawatan Genset yang Tepat

Genset merupakan salah satu sumber listrik yang dijadikan andalan ketika sumber listrik utama bermasalah. Cara pengoperasian yang mudah dan daya listrik yang bisa disesuaikan menjadikannya pilihan. Berikut 10 cara perawatan untuk genset ataupun rental genset yang akan membuat genset yang kamu miliki menjadi lebih awet dalam waktu yang lama.

1. Letakkan Genset pada Tempat yang Kering

Genset adalah barang yang tidak bisa diletakkan di sembarang tempat. Air dan terik matahari akan membuat genset cepat rusak bahkan yang lebih berbahaya adalah bisa mendatangkan sengatan listrik.

2. Jaga Kebersihan Genset

Kebersihan genset akan membuat genset lebih optimal dan terlihat bagus. Bersihkan debu, minyak, dan air serta kotoran lainnya yang menempel pada genset. Bagian yang paling penting untuk dijaga kebersihannya adalah bagian radiator genset agar genset tidak mudah rusak.

3. Ganti Spare Part Genset yang Aus

Kamu harus mengganti spare part dalam jangka waktu tertentu. Penggantian ini agar spare part sudah tidak bias bekerja secara optimal. Gantilah spare part sebelum komponen yang lainnya ikut rusak dan genset mati secara keseluruhan.

Kamu bisa mengetahui pada buku panduan yang tersedia dalam genset untuk mengetahui komponen-komponen yang ada di genset. Kamu juga bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memeriksa dan mengganti komponen tersebut.

4. Sirkulasi Udara yang Baik

Sirkulasi yang baik bertujuan untuk membuang gas yang terbuat dari pembakaran genset. Dengan sirkulasi yang baik pengguna menjadi lebih aman dari racun. Selain itu, juga membuat mesin genset tidak mudah panas.

5. Operasikan Genset dengan Benar

Pastikan kamu atau karyawan kamu mengetahui cara mengoperasikan genset dnegan benar sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan an menyebabkan kerusakan pada komponen genset.

6. Segera Matikan Jika Ada Hal yang Mengganjal

Ketika ada hal yang tidak wajar dan tidak normal segera matikan genset. Hal tidak wajar misalnya suara yang ditimbukan lebih besar dari biasanya atau getaran yang terlalu kuat. Pastikan juga kamu telah benar-benar mematikannya.

7. Perhatikan Kabel Instrumen

Kabel-kabel instrumen pada genset harus diperhatikan dan dirawat. Kabel-kabel tersebut merupakan bagian dari perlengkapan penting dalam sebuah mesih genset itu sendiri sehingga juga perlu mendapatkan perawatan khusus.

8. Periksa Bahan Bakar

Bahan bakar adalah hal yang penting untuk kamu periksa ketika mengoperasikan genset. Bahan bakar yang tidak mencukupi atau bahkan kosong total akan membuat genset cepat rusak karena mengalami kekeringan.

9. Lakukan Pemeriksaan Distilled Water pada Bagian Battery

Battery yang ada dalam distilled water harus kamu isi ulang dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun. Jika tidak melakukan isi ulang akan berpengaruh pada kinerja dari genset yang kamu miliki.

10. Cek Oli Mesin Genset

Oli mesin merupakan bagian penting pada komponen genset yang harus kamu periksa secara berkala. Gantilah oli mesin apabila sudah mulai berwarna hitam atau menjadi keruh. Idealnya adalah Kamu mengganti setiap 6 bulan  sekali.

Itulah beberapa cara melakukan perawatan genset yang tepat. Informasi ini akan membuat kamu semakin cermat ketika melakukan perawatan dan menggunakan genset. Kamu juga bisa mendapatkan tips lainnya di sewatama.com.

10 Comments

  1. Manfaat banget punya genset kalau pas mati lampu...cuma nggak bisa ditinggal tidur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai lampu charge lebih aman mas yang pentinya mati lampunya ga seharian :)

      Hapus
    2. tinggalkan tidur saja mas. biarkan saja habis bensinnya mati nanti sendiri. hehehe
      Jangan lupa di rawat tapi

      Hapus
    3. untuk penerangan aja bisa mas lampu emergency tapi untk nyalakan alat alat harus pakai genset

      Hapus
  2. Dengan melakukan perawatan rutin, genset jadi lebih awet dan tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas silahkan pakai 10 cara di atas

      Hapus
  3. Bisa dicoba nih mang tips menariknya.. Suatu saat mati lampu tidak repot harus melihat fungsi gensetnya..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas di coba biar awet gensetnya

      Hapus
  4. soal oli ini yang kadang lupa, bahkan sampai bertahun tahun baru ganti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu bukan lupa mas. emang niat ganti genset

      Hapus