Gedget Buat Anak Memang Bahaya # Harus Ada Yang Bertindak

Beberapa waktu lalu saya mendengar berita di sebuah TV tentang anak yang masuk Rumah Sakit Jiwa dengan alasan kecanduan gedget.
Salah satu gejalanya adalah anak akan mengamuk jika gedgetnya diambil.

Awalnya saya pikir mungkin ini hanya akan terjadi jauh disana, namun seteleh beberapa lama sambil  mengamati disekitar kita, rumah dan teman kerja. Ternyata hal tersebut sangat mungkin terjadi di keluarga kita. Bahkan bisa jadi sudah menjangkit anak anda.

Bagitupun dengan anak saya, tidak jarang anak saya selalu meminjam hape hanya sekedar untuk menonton youtube atau tayanyan vidio anak - anak. Dan apa yang terjadi ketika kita minta hapenya. Anak bisa menangis. Luar biasa.
Itu masih saya anggap mending dan bisa jadi lebih parah jika sudah bermain game.
Jika saja di ijinkan bermain game dan ketika di minta hapenya yang terjadi adalah ngamuk.

Menurut saya kondisi seperti ini sudah sangat membahayakan bagi anak apalagi ditambah dengan orang tua milenial saat ini lebih cenderung membiarkan saja anaknya bermain dengan gedget seperti itu karena dengan bermain gedget anak menjadi tidak rewel sehingga orang tuanya tenang bermain tik tok atau ngevlog.

Untuk itulah supaya tidak menjadi masalah yang lebih besar dikemudian hari harus ada tindakan dari semua lapisan masyarakat terutama dari pemerintah.

Dari orang tua harus bisa lebih memperhatikan anaknya. Lebih bisa memberi contoh.
Dari pemerintah karena semua ini sudah menyebar secara nasional yang sudah memberikan ijin edar konten di gendet supaya bisa lebih selektif lagi atau mungkin dilarang saja.

Mungkin sebagian perusahaan atau pemerintah akan beralasan akan banyak karyawan dirumahkan jika produk dilarang pemerintah atau para penggiat HAM mungkin akan mengatakan melanggar hak kebebasan. Tapi mau seperti apalagi sebelum labih banyak lagi orang yang terlibat, lebih baik saat ini diberlakukan selektif tingkat tinggi untuk konten yang bisa di saksikan anak. Bukan melanggar hak kebebasan tapi menseleksi kebebasan yang berlandaskan aturan yang baik yang bisa menimbulkan efek baik, moral yang baik ahlak yang baik itu lebih utama.
Perhatikan saja Game, youtube, dan berbagai permainan lainnya harus bisa di saring supaya tidak berbahaya bagi anak.


Anak adalah penerus bangsa dimasa yang akan datang. Maju mundurnya bangsa tergentung mereka. Jika dari kecil sudah di suguhkan dengan tik tok, vlog, game, frank, mau jadi apa mereka kelak. Mau jadi apa bangsa ini kelak.

Sudah saatnya mengambil tindakan tegas akan pungsi gedget bagi anak, konten - konten gedget harus segera di saring dan yang jelak dimusnahkan.

Demikian itu saja.....

6 Comments

  1. Sebenarnya kalau menurut pengamatan saya, wah kadang saya ini sok jadi pengamat juga. Faktor utamanya adalah gen bawaan atau turunan. Bukan tanjakan ya?
    Mental yang sudah lemah, atau sudah rawan ditambah dengan kemanjaan bermain gadget, jadilah.
    Kadang judul berita dibuat boombatis, biar banyak yang klik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokonya gedget tidk bisa begitu aja dikasih ke anak mas..banyk sudah yg kecanduan. Entah gara gara judul atau apa.

      Hapus
  2. Kalau saya melarang main HP mas...kadang pas megang HP yang ditonton Youtube ...Itu saja kadang maksa mau megang hp..Kalau sudah gitu saya awasi apa yang dilihat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia itu pasti yutub kalo ga ya game. Kalo udah ketgijan buahaya

      Hapus
  3. Anak sya juga gitu kang, tapi saya batasi. skrg mlh saya umpetin hp nya. jdi sya pancing nonton di komputer hehe...

    BalasHapus