Seputar Program Kartu Prakerja

Siapa sih yang tidak ingin segera mendapatkan pekerjaan yang layak?

Saya yakin semua orang pasti menginginkan suatu pekerjaan yang baik bagi dirinya dan keluarganya apalagi dimasa - masa yang orang bilang masa resesi seperti ini. Dimana tidak sedikit orang yang ternyata terkena PHK. Mudah - mudahan saja keadaan ini segera berakhir. aamiin.


Dalam kodisi seperti ini saya perhatikan pemerintah sudah memiliki jurus untuk menghadapinya, yaitu dengan cara mempersiapkan diri supaya bisa lebih berdaya saing dengan orang lain melalui program yang diberi nama kartu prakerja.

Seperti apa dan bagaimana program kartu prakerja ini?

Berikut Infomasi Seputar Program Kartu Prakerja yang bisa saya resume.



Program yang diberi nama kartu prakerja ini akan memberikan kesiapan diri untuk bekerja lebih baik dan lebih kompeten sehingga dengan demikian orang yang bersangkutan akan mudah mendapatkan pekerjaan dan ketika sudah bekerja tidak akan dipandang sebelah mata.

Dan tidak hanya itu bagi sebagian orang yang justru lebih memilih membuka usaha kecil daripada menjadi karyawan pada program kartu prakerja ini akan mendapatakna suport yang sangat membantu.

Dan menarik juga adalah tidak perlu hawatir dengan kebiasaan waktu anda yang mengkin sangat beragam dan terbatas, karena program ini dierikan dengan cara atau melalui program digital online yang bisa diakses darimana saja.

Menarik bukan program prakerja ini.


Lalu bagaimana cara kita bisa mengikuti program prakerja ini?


Caranya cukup mudah yang penting kita mau mengikuti semua proses - prosesnya saja. Yang pertama sih kita mendaftarkan diri disini https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Karena tanpa mendaftarkan diri pemerintah tidak mungkin memberikan pelatihan - pelatihannya.

Dan sebelum mendaftar perhatikan dulu ha - hal berikut ini

1. Pastikan WNI

2. Usia minimal 18 tahun

3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Misalkan sedang menempuh masa pendidikan SMA, Kuliah dan lain - lain.


Setelah persiapan sudah sesuai dan mendaftarkan diri selanjutnya pemerintah akan memverifkasi data - data yang sudah dimasukan saat daftar.

Siapa tahu ada yang bukan WNI atau ada yang masih sekolah atau orang yang sedang bekerja diperusahaan tertentu ikutan daftar. Pokonya supaya terjadi keadilan sisoal bagi seluruh rakyat Indonesia maka sangat perlu untuk diverifikasi.

Setelah selesai verifikasi data dan data yang diberikan ternyata sudah cocok dan sesuai, maka menuju tahap selanjutnya, yaitu akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Tes ini bertujuan untuk melihat besarnya motivasi dan mencari hal - hal yang cocok dengan pendaftar. Misalkan sebetulnya kita ini memiliki kempuan dibidang elektronik, maka kedepannya pembekalan yang besar akan diarahkan pada bidang elekronik. Atau ada potensi lain pada diri pendaftar yang lebih baik lagi. Pokoknya tes ini supaya pemerintah mengetahui kompetensi dan pontensi yang ada pada pendaftar.


Selanjutnya ketika sudah melewati tahapan tes, maka akan menuju pemilihan pelatihan - pelatihan yang di inginkan. Pada tahapan ini supaya kemampuan benar - benar meningkat dan bantuan pemerintah benar - benar bermanfaat pastikan mengikuti dan menyelesaikan semua pelatihan yang diberikan.

Karena ketika kita mengikuti dengan baik semua tahapannya, tahapan selanjutnya adalah menjadi pribadi yang baru dan siap menghadapi persaingan. Baik sebagai karyawan/karyawati atapun sebagai wirausahawan.

Mudah bukan.!

Selamat mengikuti.


Supaya lebih singkat dan lebih mudah berikut kesimpulan dari Program Kartu Prakerja


Kesimpulan

1. Program Kartu Prakerja dibuat untuk mereka yang belum bekerja

2. Ada syaratnya

  • WNI
  • Usia diatas 18 tahun
  • Tidak sedang menmpuh pendidikan
3. Daftarkan diri
4. Data akan diverifikasi 
5. Tes
6. Memilih pelatihan
7. Jadi orang yang lebih hebat.


Demikian yang bisa saya resume semoga bermanfaat.
Sebagai catatan, karena yang daftar sangat banyak pasti memerlukan waktu yang agak lama dalam verifikasi data jadi bersabarlah.

8 Comments

  1. Alhamdulillah saya udah daftar dan bisa lolos ikut pelatihan mang, insentif juga udah cair, tinggal 1 lagi belom cair. Menurut info, insentif yang terakhir ini di undur hingga Januari 2021.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mas kalo sudah cair semuanya. ikut senang :)

      Hapus
  2. Artikel yang sangat bermanfaat😀 mampir ke rumah fiksi yaa😁

    BalasHapus
  3. Saya jadi ingin daftar nih
    Awalnya saya tidak tertarik, setelah membaca artikel ini jadi ikut gabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba coba aja mas. lumayan kalo ga kita gunakan bisa rugi. soalnya dananya harus keluar juga

      Hapus
  4. Alhamdulillah saya lolos gelombang 5 ... bermanfaat banget..dapat ilmu dapat modal juga...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya lulus Gel. 2, bang. Tapi, menurut saya sistem penyeleksiannya harus dibenahi. Karena, sejauh pengamatan saya, masih banyak yang tidak tepat sasaran.

    BalasHapus