Cara Cari Uang Di Internet Bagi Blogger

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh. Mau sedikit berbagi nih barang kali ada yang sedang memerlukannya. Atau mungkin sudah pada tahu ya. Tapi tidak apa - apa ah ini khusus bagi yang belum tahu saja atau yang mau tahu lagi.

Seperti terpampang dijudulnya yang ingin saya bagikan yaitu tentang cara cari uang di internet terkhusus bagi seorang blogger seperti saya. Cara yang saya bagikan ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan dan menurut saya memang terbutkti mengasilkan uang. Terkait besar kecil hasilnya kembali lagi kepada teman - teman dalam menjalakannya. Karena yang saya rasakanpun seperti itu. Usahanya lebih hasilnyapun lebih juga. Ok langsung saja.

1. Bergabung dengan Sosiago.id

Cara pertama yang ingin saya bagikan utuk mendapatkan uang di internet bagi seorang blogger seperti saya adalah dengan cara bergabung dengan sosiago.id.

Mungkin ada yang penasaran atau sedang cari tahu apa itu sosiago.id. Sebelumnya sebenarnya dengan menginformasikan bahwa sosiago bisa menghasilkan uang seperti ini membuat saya jadi banyak saingan sih di sosiago heheh... tapi tidak megapa rizkimah tidak akan tertukar.

Jadi sosiago itu (ini menurut saya aja ya) adalah tempat bertemunya pengiklan dan tempat beriklan yang disebut influencer nah posisi blogger adalah sebagai influencer, nanti blogger hanya menyisipkan link yang diminta pada artikel yang dibuat oleh kita atau artikel yang sudah disediakan dan sosiago sebegai wadahnya.

Caranya cukup daftarkan diri di sosiago. Catatannya blog yang temen - temen akan daftakan sudah menggunakan domain yang berbayar atau domain TLD.

Dari pengalaman saya bergabung dengan sosiago dari tahun 2018 alhamdulillah  ada aja orderan. Asal kita rajin update saja pada blog - blog yang kita daftarkan.

Contoh bentuk kerjasama dengan pamberi kerja di sosiago.


Kita tinggal pilih yang mana yang mau ikutan dan mana yang tidak  mau ikutan. Namun menurut saya ikutan aja semuanya atau join saja selama bisa join. Catatan penting selama kita sudah dapat orderan dari mereka kerjakan dengan baik. Untuk pencairan pengalaman saya berapapun hasilnya bisa dicairkan pada minggu kedua setelah bulan penghasilan. Misalkan dapat 1 jt di bulan mei akan cair dibulan juni minggu ke 2.

2. Daftar Adsense

Cara yang kedua yang saya bagikan disini adalah dengan mengikuti adsense dari google. Sebenarnya ini adalah cara yang pertama kali saya ikukan ketika ngeblog. Tapi disini saya tulis nomor dua saja karena cairnya harus sampai batas minimal. Kalo masih pertama bukan hal yang mudah mencapai batas minimal pembayaran, namun jika sudah banyak pengunjung blognya dan kontennya sudah pas dengan para pengiklan banyak yang menjadikan adsense sebagai sumber penghasilannya.

Untuk pendaftarannya bagi saya dulu pas daftar alhamdulillah diberi kelancaran, namun daftar yang sekarang saya baca - baca postingan temen - temen blogger di facebook sepertinya ada yang tidak mudah. Berdasarkan pengalaman saya selama ada pengunjung organik pendaftaran adsense keterima.

Alhamdulillah untuk penghasilan dari adsense berjalan begitu saja. Kembali lagi besar kecilnya tergantung usaha. Usaha yang lebih akan menghasilkan hasil yang lebih pula.

Sedikit pengalaman dari saya terkait konten apa yang bisa menghasilkan dolar lebih banyak di adsense. 

Saya pernah membandingan penghasilan adsense dari beberapa katagori konten blog. Pertama konten pendidikan, kedua konten agama, ketiga konten film kartun atau anime.

Kesimpulan saya, yang paling besar hasilnya untuk pengunjung yang sama dengan tata letak iklan yang sama atau singkatnya gini dengan setting yang sama untuk iklannya. Yang paling besar menghasilkan dolar di adsense adalah yang konten kartun.

Namun jika menulis ingin bertahan lama atau jangka panjang yang terbaik adalah yang sesuai dengan minat kita. Kita seneng kartun maka menulislah tentang kartun kita seneng tentang agama menulislah tentang agama, kita seneng curhat ya curhat sajalah siapa tahu job sosiago melonjak. Satu lagi menulis tentang kartun jangan sampai terjebak oleh pelanggaran hak cipta.

 

3. Mengikuti Lomba

Mengikuti lomba bagi seorang blogger menjadi salah satu cara yang bisa dijadikan cara untuk menghasilkan uang atau imbalan apapun yang kita sukai. Kenapa demikian, karena hadiah lomba tidak melulu uang tapi bisa juga barang atapun liburan. Misalkan berhadiah laptop atau hp terbaru, atau hadiah liburan ke singapura bersama pasangan dan lain - lain.

Kenapa lomba bisa menjadikan cara mencari uang, karena sayapun pernah mengikutinya dan benar saja mendapatkan uang dari mengikuti lomba tersebut asalkan kita menjadi salah satu pemenangnya.

Memang tidak mudah, tapi lomba ini adalah salah satu cara mengukur kemampuan kita dalam menulis. Jadi menurut saya ikuti saja sesekali boleh rutin ya boleh. Ingat ikutilah dengan sungguh - sungguh supaya menjadi juaranya.

Oia salah satu yang sering dan rutin mengadakan lomba menulis yaitu dikompasiana. Namun kita harus mempunyai akun dulu daftar dan mejadi penulis disana di kompasiana.

Contoh saya masih jadi penulis debutan sih disana. Cape kabanyakan tempat nulis pilih fokus aja sama blog.


4. Jasa Backlink Mandiri

Kalo sosiago itu jasa backlink melalui wadah sosiago. Nah bisa juga kita menawarkan jasa backling mandiri kepada para pengiklan bisa link pada artikel ataupun link di bagian tertentu blog kita. Cara ini saya lakukan dan ada saja teman blogger yang iba mungkin ya dan menanam link pada artikel yang saya buat atau yang temen blogger buat sendiri. Yang jelas cara ini saya lakukan dan menghasilkan uang. Hasilnya yang tergantung usaha kita. Selama halal lakukan saja.

Terimaskih banyak yang sudah order..... Jika mau nambah boleh......


5. Mempromosikan Sesuatu Yang Bisa Memberi Komisi

Nah cara ini saya lakukan karena dulu saya kuliah disalah satu universitas dibanjarmasin. Begini ceritanya. Sudah menjadi program kampus jika ada mahasiswa merekomendasikan temannya siapa saja untuk berkuliah dikampus maka akan mendapatkan komisi.

Waktu itu blog saya lagi nomor satu terus jadi saya buatkan kata kunci pencarian terkait kampus yang bagus dan sejenisnya dan disana saya cantumkan nomor hape saya. Eh ternyata banyak saja yang menguhungi saya. Langsung saja saya data dan saya daftarkan ke kampus sebagai rekomedasi dari saya. hahahah.. Alhamdulillah sampai sempet terpikir apa saya tidak usah lulus saja ya. Biar cari duitnya begini saja. Dapat komisi dari rekomedasi mahasiswa baru. ha.ha.ha..

Namun segera saya tepis karena terlalu gila. Alhamdulillah saya lulus.

Ada juga kisah pas mau wisuda tapi akhirnya bentrok kisahnya disini Toga Yang Terpaksa Disimpan, dan malunya dosennya juga komentar. wkwkw


6. Sampingan NgeYoutube

Cara selanjutnya yang saya lakukan adalah sampingan ngeyotube. Kenapa sampingan, karena saya membuat vidio youtube sebagai salah satu cara saya mempermudah penjelasan artikel yang saya tulis.

Misalkan saya menjelaskan tentang cara membaca hukum ikhfa. Mau tidak mau saya menggunakan vidio menggunakan chanel youtube yang saya buat supaya lebih jelas. Kemudian saya sisipkan di artikel. Dan ternyata yang saya alami baik youtub ataupun blog memiliki pengunjuk unik tersendiri maka jadilah dua sumber adsense yang saling mendukung.

Terkait keuntungan memiliki chanel youtube bagi blogger saya pernah menulisnya disini Para Blogger Sudah Saatnya Memiliki Chanel Youtube


Nah apalagi ya. he.. hee.hehe

Tidak terasa nampaknya tidak ada lagi yang bisa dibagikan.

Kalo gitu...Nah itulah cara cari uang di internet bagi blogger yang pernah saya lakukan dan memang menghasilkan uang bagi saya. Semoga menginspirasi. Dan mudahan makin bertambah penghasilan internet saya dan teman - teman semuanya. aamiin

Oia tambahan adapun cara cari uang lainnya yang saya lakukan dan belum mangasilkan uang bagi saya atau belum bisa ambil karena keburu bosen atau lupa atau hal lainya adalah MGID, ACCESSTRADE Indonesia, Zoteromedia, dan lain - lain masih banyak sih tapi lupa.

Demikian mudah - mudahan menginspirasi. Tidak ada yang mudah sih namun tidak ada yang tidak mungkin. Doa, Usaha, Iktiar.

Wassalamualaikum Warohatulohi Wabarokaatuh

4 komentar untuk "Cara Cari Uang Di Internet Bagi Blogger "

  1. Shortener masuk kategori engak bro ya?
    btw babi ngepet di internet engak ada ya? hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oia dulu pernah dapat duit juga dari sortener tapi sekarng udah tutup adfly.
      dapat beberapa templete ari hasilnya.

      Babi ngepet ga ada. yang halal - halal aja lah. hahahah...

      Hapus
  2. Aku yang udah tuh ikutan lomba blog sama gajian perdana dari Adsense :) Eh, sama job2 juga alhamdulillaah menulis ulasan produk yang sesuai dengan tema blogku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia contohlainnya ulasan produk

      Hapus