IBX59802E20531DF Membaca Tidak Akan Membuatmu Pandai Menulis - Catatan Abdul Semua Bisa Dicatat

Membaca Tidak Akan Membuatmu Pandai Menulis

Membaca Tidak Akan Membuatmu Pandai Menulis, mungkin pernyataan ini akan sangatlah megundang kritik yang sangat pedas dari para pembacanya.
Kenapa demikian karena kita semua sering mendengarkan atau sering mambaca bahwa salah satu supaya kita pandai menulis adalah banyak - banyaklah membaca. Betul?

Saya katakan bahwa membaca tidak akan membuat pandai menulis.


Kenapa demikian perhatikan penjelasan saya berikut ini.

Silahkan disimak dulu bacaan berikut ini Supaya Judul Menarik Orang Untuk Baca

Saya akan buka dengan kalimat -  kalimat berikut ini.

Seseorang jika ingin pandai berlari cepat, maka yang dilatih adalah kaki dengan sering belari.
Jika ingin pandai melukis maka sering - seringlah berlatih melukis.

Jika ingin pandai memasak, maka sering seringlah berlatih memasak.

Jika ingin pandai menghitung maka sering seringlah berlatih berhitung.

Jika ingin pandai bermain kuda, sering - seringlah bermain kuda

Masih kurang tidak?

Ok saya pikir sudah cukup mungkin dengan kalimat - kalimat pembuka saya tersebut.

Setuju tidak dengan susunan kami limat saya tersebut, nyambung tidak.
saya yakin para pebaca yang budiman setuju.

Jika Mau pandai menghitung maka sering seringlah berlatih menghitung. ok

Dengan membaca kalimat tersebut sebenarnya kita sudah tau suatu rumus yang yambung,  yaitu jika begini maka akan begitu.

Maka jika kita gunakan pada kalimat jika mau pandai menulis maka harus banyak membaca tidaklah tepat.

Banyak membaca hanya akan membuat pandai membaca dan banyak pengetahuan,  perihal menulis itu adalah keahlian lain.
Satu satunya yang bisa membuat pandai menulis hanyalah sering -  seringlah menulis.

Membaca mungkin akan membuat info makin terkumpul dikepala tapi tidak akan serta merta membuat kamu pandai menulis.
Hanya sering menulislah yang bisa membuat kamu pandai menulis.

Mungkin pada awalnya kamu sangat sulit menuliskan kata yang merupakan keinginan kamu pada sebuah kertas hingga pada akhirnya kamu mengulang tulisan kamu terus menerus,  sehingga kamu akan sangat pandai menuliskan  keinginan hatimu. Bahkan mungkin kamu akan jago daam merangkai tulisan ibarat penulis novel terkenal.

Semua itu perlu proses sehingga jika ingin menjadi pandai menulis maka sering seringlah menulis tambahkan saja dengan sering mencari pengetahuan baru,  tidak hanya melalui membaca saja.  Bisa jadi melalui jalan jalan ataupun bahkan melalui istirahat sejenak.

Jadi kesimpulannya jika ingin pandai menulis ya berlatihlah menulis terus menerus. Jika ingin lebih cepat pandai menulisnya. Lakukann sekarang juga.


Demikian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Membaca Tidak Akan Membuatmu Pandai Menulis"

  1. hahahaha, iya mang iya ngerti. kalau kita rajin membaca maka kita akan lebih pandai dalam membaca ya bukan pandai menulis :D
    tapi untuk bisa pandai menulis mah tentu harus belajar dari para penulis ahli dong hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas pokonya kalo mau pandai menulis ya harus sering menulis mas.
      latihan latihan latihan

      Hapus
  2. Judul diatas memang tidak salah, akan tetapi ada satu kekurangannya mang, yaitu ketika saya dari tadi menyimak dan membaca artikel ini tidak juga disuguhkan secangkir kopi dan kesalahan yang fatal mang..! 😂

    Besok-besok kalau saya mampir lagi tolong siapkan sajennya ya mang dan tidak pake lama ok..! 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ia kopi pait lupa. kopi pait mana kopi pait.

      Hapus
  3. betul mas, jika kita ingin pandai menulis ya sering2 belajar menulis sembari rutin membaca agar dapat dijadikan sumber inspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu mas kalo mau pandai nulis ya berlatih nulis. membaca dan lain - lain hanya pendukung saja

      Hapus
    2. Saya juga setuju dengan pernyataan mas Indra DP, buku yg kita baca hanya sebagai sumber referensi agar tulisan kita berbobot

      Hapus
    3. kalo tidak mencoba untuk menulis. tidak ahli juga kan menulisnya

      Hapus
  4. Tapi menurutku orang yang sering membaca juga nantinya berpeluang untuk pandai menulis,,, tapi kalau tidak latihan menulis yah percuma juga yah,,, heheh :D

    BalasHapus
  5. abis dibaca jadi informasi terus ditulis deh berdasarkan pengetahuan yang habis dia baca, seperti berkomentar ini hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia tapi harus terus latihan nulis baru bisa pandai menulis. g cukup baca aja

      Hapus
  6. Oh jadi seperti itu ya gan, memang sih kalau kita sering menulis akan membuat kita jadi pintar menulis, kalau pembelajaran disekolah supaya pintar harus sering ngapain yah Gan, sering membaca Buku, atau sering memahami pelajaran?

    BalasHapus
  7. Pernyataannnya sangat Ilmiah ya gan!

    BalasHapus
  8. Masih harus banyak nulis nih saya. Soalnya tulisan masi berantakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokonya kalo latihan itu ya terus saja meskipun nanti sudah sangat banyak karyanya. terus saja berlatih

      Hapus
  9. Saya suka main kuda Mangs. Walau baru 4-5 kali, setidaknya sudah bisa bawa kuda sedikit. Sebenarnya ini tulisan bisa menyindir para akademisi, rajin membaca tapi terkadang kesulitan dalam menulis untuk artikel atau jurnal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akedimisi kesindir juga ya mas. gpplah biar beliau mahir menuliskan hasil penetiannya baikdalam bentuk formal ataupun tidak formal

      Hapus