IBX59802E20531DF Pengunjung Dari Hanphone Harus Sangat Diperhatikan - Catatan Abdul web id

Pengunjung Dari Hanphone Harus Sangat Diperhatikan

Banyaknya pengunjung menuju blog kita dan kemudian menyukai tulisan - tulisan yang ada di blog kita tersebut adalah sebuah keinginan yang harus terlaksana.
Kenapa seperti itu, karena blog yang kita buat jika tanpa pengunjung ibaratkan makan menggunakan sendok dan piring tapi tak bernasi dan tak berlauk.

Beberapa tahun belakangan ini teknologi semakin maju. Jika dulu perangkat komputer merajai teknologi informasi tercanggih yang banyak digunakan manusia, maka saat ini perangkat yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi keseharian adalah handphone.
Untuk itulah pengunjung yang menggunakan perangkat handphone harus sangat diperhatikan.

Hal ini sudah terdeteksi lama oleh perusahaan besar seperti google. Terbukti dengan produk - produk yang dikeluarkannya sangat mendukung sekali supaya bisa sangat baik tampil diperangkat hanphone.
Sebagai contoh produk google penelusurannya. Semakin hari semakin ramah saja dengan perangkat hanphone, atau produk yang sudah kita tahu bersama yag bernama googleweblight.
Setiap halaman yang terindikasi lama tampil di perangkat hanphone, maka google langsung mengarahkan tampilan yang diberikan oleh googelweblight.
Jika halaman blog anda tampil melalui googlewebliht bisa jadi tampilan blog anda akan berantakan.
Untuk itulah sekali lagi pengunjung yang menggunakan perangkat hanphone memang harus sangat diperhatikan.

Hal lain yang sudah lama dianjurkan oleh googlepun adalah halaman yang mampu berbaur dengan sangat mudah pada perangkat handphone.
Jika sebelumnya google menyarankan halaman blog atau web yang responsive maka saat ini google menyarankan halaman yang Accelerated Mobile Pages (AMP).
Artinya googlepun menaruh perhatian yang sangat besar pada pengguna handphone.

Dengan adanya anjuran - anjuran tersebut maka sebaiknya para blogger harus bisa menyesuaikan dengan kenyataan yang ada saat ini. Untuk tampilan blognya harus menggunakan salah satunya responsive atau amp.

Perhatian yang dilakukan google itu memang bukan hal yang sangat sembarangan. Pasti melalui riset yang cukup panjang. Bahkan kita sendiripun bisa membuktikan sendiri melalui blog - blog yang kita miliki.
Kita bisa melihat pada statistik pengujung blog kita masing - masing.
Prangkat apa yang paling banyak digunakan pengunjung.

Sebagai contoh beberapa blog yang saya miliki seperti blog ini catatanabdul.web.id, masrozak.com dan blog pelajaran yang saya miliki.

Pada blog tersebut kita bisa melihat perangkat apa yang paling banyak digunakan pengunjung.

Berikut saya tampilkan.

Blog Ke 1

Blog Ke 2

Blog Ke 3

Jika saya perhatikan blog - blog saya tersebut ternyata memang betul pengunjung terbanyaknya menggunakan perangkat hadphone. Hal ini bisa terbukti dengan melihat tabel diatas paling banyak pengunjung yang menggunakan sistem android, dimana sistem android ini terpasang pada perangkat handphone tepatnya smartphone.
Ditambah dengan blackberry, iphone, nokia dan lain - lain. Semua itu adalah perankat handphone. Dan jumlah pengunjung yang menggunakan perangkat tersebut tidak tanggung - tanggung lebih dari setengahnya bahkan hampir semuanya menggunakan handphone.

Khusus Bagi Penayang Iklan

Dengan semakin banyaknya pengunjung yang menggunakan perangkat handphone, tampilan iklan harus bisa benar -benar di setting supaya bisa benar - benar efektive. Bisa terlihat oleh pengunjung dan pengunjung bisa tertarik dengan iklan dan selanjutnya menuju iklan tersebut.
Hal ini harus bisa diperhatikan, karena jika blog kita yang menggunakan amp atapun responsive akan ada perbedaan tampilan antara tampilan di parangkat komputer dan diperangkat handphone.
Sebagian besar blog / web jika pada perangkat komputer tampilannya akan melebar sehingga ada bagian kiri atau kanan sedangkan di perangkat handphone tampilan blog/web biasanya bagian di samping akan berubah mejadi kebagian bawah.
Untuk itu penempatan iklan bisa jadi berbeda antara untuk ditampilkan di komputer dan untuk ditampilkan di perangkat handphone.
Selain itu jangan sampai iklan yang kita pasang malah menyusahkan pengunjung melihat konten blog kita.

Kesimpulan

Untuk blog yang dikelola supaya bisa memanjakan pengunjung yang menggunakan handphone setidaknya harus menggunakanlah tema - tema atau template - template tampilan blog yang responsive.
Jika memang blognya baru menurut saya sebaiknya gunakan tampilan blog yang sudah Accelerated Mobile Pages (AMP).
Dengan demikian mudah - mudahan pengunjung betah dan terus bertambah membawa teman - temannya.
Dan untuk iklan sebaiknya menempatkan pada posisi yang bisa dengan mudah terlihat pada perangkat hanphone, karena dari perangkat hanphone lah yang paling banyak pengunjungnya.


Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat khususnya bagi saya karena sayapun mengelola blog ingin sukses dan umumnya bagi para pembaca yang sengaja dan tidak sengaja mampir di blog saya ini.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengunjung Dari Hanphone Harus Sangat Diperhatikan"

  1. setuju sekali dengan ulasannya mas

    memang pengunjung via mobile dari hari kehari semakin banyak apalagi ditunjang dengan maraknya handphone yg canggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas blog saya kebanyakannya dr hanphone

      Hapus
  2. blog saya sih sudah responsive tp belum pake AMP mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas sama. eror pake amp. harus di setting bener bener

      Hapus