IBX59802E20531DF Ini Dia 3 Piala Marah - Catatan Abdul Semua Bisa Dicatat

Ini Dia 3 Piala Marah

akibat Marah, amarah
Ilustrasi pixabay
Tidak bisa kita pungkiri kalau kemarahan amat dekat dengan kemudharatan dan aneka keburukan. Terkhusus kemarahan yang tidak terkendali. Bagaimana tidak, saat marah itulah manusia berada dalam kendali setan.

Akal budinya tidak berfungsi sehingga kata-kata, sikap dan gerak tubuh tidak terjaga. Dan, tiada yang diinginkan kecuali memuntahkan amarah tersebut pada objek yang dimarahi. Marah semacam ini disebut amarah karena penuh dendam dan cenderung menyakiti.

Kata-kata dan perbuatan yang dipilih diwarnai hormon adrenalin yang akan mendorong proses penistaan dan melahirkan kepuasan melalui sederet kebencian. Marah ini akan memanipulasi hormon skotofobin (hormon takut atau kecemasan) pada objek kemarahannya. Akibatnya, marah yang kita ekspresikan terlepas dari akal sehat, minim pertimbangan, dan didominasi sepenuhnya oleh hawa nafsu yang dikendalikan setan.

Apa akibatnya?

Setidaknya ada tiga piala penghargaan yang akan dihasilkan, khususnya dari segi psikis dan
fisiologis.

Pertama, marah yang didominasi hawa nafsu dan dendam biasanya akan melahirkan penyesalan, rasa malu, dan ketidakberartian dalam hidup.

Pada saat amarah tengah menggebu, kita tidak merasakan apa-apa kecuali dorongan untuk menuntaskan amarah tersebut kepada objek yang kita marahi. Namun, setelah amarah terlampiaskan dan keadaan tenang, tiba-tiba kita pun menjadi sadar akan ”kebodohan” yang baru saja kita lakukan. Bahkan, akan lahir penyesalan yang alang kepalang manakala kemarahan tersebut membuat orang lain celaka dan teraniaya, khususnya pada kemarahan yang disertai kekerasan fisik.

”Orang yang sedang marah, apa pun alasannya, akan menyadari ketidak-berartian hal itu segera setelah dia tenang. Dalam kebanyakan kasus dia akan merasa harus meminta maaf kepada mereka yang telah dia hina,” demikian seorang pakar mengungkapkan. Itulah mengapa, sementara ulama menasihatkan, “Hindarilah amarah karena hal itu akan menjadikan kamu tercela.”

Kedua, marah dapat mengubah fungsi organ tubuh secara drastis. Sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa marah akan menimbulkan berbagai perubahan dalam seluruh anggota tubuh, khususnya hati, pembuluh darah, perut, otak dan kelenjar-kelenjar dalam tubuh. Seluruh jalan fungsi tubuh yang alamiah berubah ketika marah. Hormon adrenalin dan hormon-hormon lainnya menyalakan bahan bakar pada saat munculnya kemarahan.

Ketiga, marah akan “mempercepat” kematian.

Amarah yang terjadi pada seseorang akan memengaruhi kualitas kesehatannya. Berdasarkan fakta-fakta di lapangan, rasa marah yang eksplosif, intens, dan berkepanjangan sudah lama diketahui menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, masalah paru-paru, dan penyembuhan luka yang lambat.

Lebih jauh lagi, amarah dapat menyebabkan kematian secara mendadak jika hal tersebut mencapai tingkat kehebatan tertentu, yaitu ketika pembuluh darah mengalami penyumbatan dan pecah pecah akibat tidak bisa mengakomodasi cepatnya aliran darah yang dipompakan oleh jantung.

”Siapapun bisa marah ... karena marah itu mudah. Akan tetapi,
marah pada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, demi tujuan
yang tepat, dan dengan cara yang baik lagi tepat, bukanlah hal yang mudah!”
(Aristoteles)
Nah itulah 3 piala marah yang bisa di dapatkan dengan banyak marah :D
Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://drive.google.com/file/d/1fBEinDUnpWSAyrVAvAaIaWDuMVz1YULX/view

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Ini Dia 3 Piala Marah"

  1. Ketika marah, jangan lupa istighfar
    Marah tidak akan baik d ujungnya memang

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk itu sebisa mungkin marah di manajemeni supaya pas

      Hapus
  2. kalu gak salah ada anjuran kalau pas marah berdiri suruh duduk
    kalau masih marah berbaringlah. kalau masih marah ambil wudhu dan sholat
    eh betulkah mas?

    BalasHapus
  3. Nggak boleh marah nggak baik,mending senyumin aja :).

    BalasHapus
  4. Barusan saya bw ke blog mang Maman, bahas soal meredam amarah. Eh disini juga dibahas soal marah. Memang amarah itu sangat banyak kerugiannya mang. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat amarah yang tidak pada tempatnya ya mang, aamiin...

    BalasHapus
  5. *katinggaleun...
    Mang nyumbang komennya di artikel saya #KAPANAJABISA NGINEP DI AIRY ROOMS, nuhun pisan ah...

    BalasHapus
  6. tetap tahan emosi dan amarah ya mang, takut juga kalo sering marah akan mempercepat kematian :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh bisa kek gitu juga ya mas, darah tinggi itumah

      Hapus
    2. makanya cepet kawin biar nggak gampang marah

      Hapus
    3. itu tuh piala nya juga cepet mati, strok

      Hapus
    4. mas andrie. ya itu salah satu pialanya

      Hapus
    5. bener tu mas yanto. solusi tahan marah kawin

      Hapus
  7. setiap orang tentu pernah mengalami marah,itu normal.tapi sudah seharusnya kita bisa mengendalikan kemarahan agar tidak timbul dampak2 negatifnya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya tidak dapat pialanya ya mas :)

      Hapus
  8. baru disini kemarahan ada pialanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren kan siapa dulu adminnya. :)

      Hapus