Sulitnya Melepas Anak Dari Gengaman HP

Pada beberapa waktu yang lalu terjadi sebuah diskusi kecil dengan anak dan istri.  Diskusi ini terjadi karena anak saya sulit lepas dari hape.
Mengapa sampai sulit karena pada mulanya anak saya supaya tida rewel diberikan hp. Sampai sekarang sulit melepaskannya.
Ditambah lagi saya sendiri jika ada email masuk wa masuk masalah kerjaan baik di luar atau sedang dirumah selalu dilihat anak. Begitupun dengan emaknya sangat sering sekali dilihat oleh anak kami memegang hp.

Kami berpikir barang kali anak berpikiran seperti ini. 'Saya dilarang tapi yang melarang yaitu emak dan bapak masih juga menggunakan hp'. Bahkan anak sepertinya tidak mau tahu alasan kenapa memegang hp.
Meskipun sudah dijelaskan karena ada kerjaan dan karena harus menguhubungi orang tertentu karena penting.
Sepertinya penjelasan tersebut tidak ngaruh. Yang dia tahu jika dia tidak boleh kenapa yang lain boleh. Kalo yang lain boleh berarti aku juga boleh.

Mungkin tidak bisa menyalahkan anak kenapa susah lepas dari hp.

Hanya saja kami punya ide begini. Yang terpenting ketika anak tidak boleh bermain HP dua hal sederhana saja yang bisa saya lakukan.

1. Jika tidak bisa emak apaknya lepas minimal jangan terlu sering dilihat oleh anak
2. Alihkan. Alihkan pada kegiatan lain, semisal bersih - bersih, berkebun, nyuci - nyuci, belajar dengan cara yang menarik dan lain - lain. Pokonya alihkan.

Satu tips tambahan yang belum dicoba adalah ubah konten hp dengan sesuatu yang bisa memberikan nilai lebih daripada sekedar mainan atau nonton vidio saja.
Contoh isi dengan opliksai belajar, vidio - vidio belajar dan lain - lain. Namun yang harus tetap fokus adalah perhatian orang tua.

Nah itu dulu kali ya. Entah curhat atau apa ini. Yang punya ide supaya bisa melepas anak dari jeratan hape silahkan berbagi di komentar


8 Comments

  1. Persis anak saya mas...Hp yang buat nyari duit di internet maah seringnya dipegang si bungsu padahal baru 2 tahun kalau dilarang nangis jadi ngalah deh... solusinya beli baru tapi sayang sudah ada 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas punya hp khusus maah lebih parah makin ga bisa dilepas. efeknya kurang bersosialisasi mas dengan teman seumurannya

      Hapus
  2. harus dibatas, dan perlu kedisiplinan ortu untuk mengatur pengi gunan HP bagi anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia itu harusnya didisiplinkan. cuman harus mendukung semuanya

      Hapus
  3. Yap betul mas, sisihkan waktu kita untuk bergumul atau ngapain lah dengan anak, lagipula sebelum kita jauhkan anak dari gadget, sebaiknya kita para orang tua juga jangan keseringan main gadget di depannya, apapun alasannya, biar jadi contoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun alasannya itu yg belum bisa

      Hapus