Pentingkah Kalsium Selama Masa Hamil?

Selain membutuhkan asupan asam folat, hingga vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan juga zat besi, ibu hamil juga memerlukan berbagai nutrisi lain seperti kalsium. Kalsium ini berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil sendiri serta janinnya. Kecukupan kalsium selama masa kehamilan ini dapat menurunkan risiko terjadinya hipertensi pada ibu hamil.

Sekarang ini, ada dua jenis hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat menyerang ibu saat masa kehamilan. Hipertensi tersebut, yakni hipertensi kronis dan hipertensi gestasional. Masing-masing dari hipertensi ini memiliki penyebab dan efek yang berbeda pada ibu hamil dan janin. Maka dari itu, pentingnya asupan kalsium selama kehamilan harus dicermati dengan baik.

Tak hanya dapat menimbulkan hipertensi saja, tapi asupan kalsium yang cukup saat hamil juga dapat mencegah terjadinya preeklampsia pada ibu hamil. Mungkin bagi Anda yang belum tahu, preeklampsia sendiri merupakan salah satu masalah kehamilan yang perlu diwaspadai. Penyakit ini pun disebabkan karena ibu hamil yang kekurangan asupan kalsium.

Biasanya kondisi gejala masalah ini akan ditandai dengan tekanan darah tinggi yang disertai dengan gejala kerusakan ginjal. Kerusakan ginjal ini ditunjukkan dengan tingginya kadar protein dalam urine. Preeklampsia biasanya akan terjadi pada usia kehamilan di atas 20 minggu. Setidaknya ada 5-8 persen wanita hamil akan mengalami komplikasi tersebut.

Hingga saat ini, terpenuhinya asupan kalsium selama kehamilan merupakan satu-satunya hal yang terbukti dapat mencegah preeklamsia ini. Apalagi, bila saat hamil anak pertama Anda sempat mengalami preeklamsia ini, maka pada kehamilan selanjutnya kemungkinan terdapat sekitar 10-15 persen risiko untuk mengalaminya masalah kesehatan ini kembali.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena bisa mendapatkan kalsium dari berbagai jenis makanan dan minuman. Beberapa bahan makanan itu seperti salmon, susu, yoghurt, bayam, jus jeruk, hingga keju sekali pun.

Mengenai manfaat asupan kalsium selama kehamilan ini dapat Anda simak di guesehat.com sekarang juga. Pastikan Anda menyimak semua informasinya, agar dapat benar-benar menjaga kesehatan Anda selama masa kehamilan ini dengan baik.

8 Comments

  1. Saat hamil memang semua asupan gizi mesti terpenuhi, ya. Suami dan istri harus saling bekerja sama untuk memenuhi gizi si bayi dalam perut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul suami istri harus bisa bekerja sama. Karna dalam rahim itu ada kasih sayangnya

      Hapus
  2. Kalsium memang salah satu komponen gizi yang sangat penting bagi ibu hamil. Jangan diabaikan ya mangs, karena akan berdampak buruk bagi ibu dan si kecil saat dalam kandungan hingga lahir nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia betul itu mas. Mas maman kalo istrinya hamil jgn lupa catet

      Hapus
  3. saya baru tahu juga loh pentingnya kalsium ini untuk kebutuhan di saat hamil, penting diketahui khususnya untuk ibu2 muda yang masih hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nyimak disini jadikan dapat infonya. Hanya saja dalam kadar ter tentu ya

      Hapus
  4. kalsium memang sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang ibu apalagi sekarang dia punya dua beban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia betul mas dua beban..makin hari makin nambah

      Hapus