IBX59802E20531DF Ini Loh Cara Membuat Judul Supaya Banyak Yang Baca, No 3 Bikin Kamu Tepuk Jidat - Catatan Abdul web id

Ini Loh Cara Membuat Judul Supaya Banyak Yang Baca, No 3 Bikin Kamu Tepuk Jidat

Menulis kemudian banyak yang membaca menjadi kesenangan tersendiri. Dan tentu rasa kesenangannya itu hanya bisa di rasakan oleh para penulis, baik penulis sederhana ataupun penulis komplex.
Nah kali ini saya sebagai penulis sederhana ingin sedikit bebagi hasil pengamatan yang mungkin bisa bermanfaat bagi penulis sederhana lainnya seperti saya atapun untuk penulis komplex.
Yang ingin saya bagikan kali ini adalah seputar pengamatan penulisan judul, tepatnya adalah bagaimana menuliskan judul suatu tulisan supaya banyak orang mau membaca tulisan kita.

Dalam pengamatan ini saya menggunakan browser Opramini yang ada di hp saya dan UC.
Asumsi awal yang saya gunakan seperti ini. Setiap kita membuka browser Opramini atau UC, maka kita sudah dihadapkan dengan berbagai informasi yang berada dihalaman awal browser tersebut.

Artikel yang ada dihalaman awal tersebut ketika saya amati tidak selalu artikel terbaru, bisa artikel lama, bisa artikel baru dan bisa artikle itu - itu saja dalam beberapa waktu. Kesemuaan artikel tersebut ketika saya amati, ternyata memiliki ke khasan cara menuliskan judul.

Asumsi kedua saya pikir untuk nangkring diberanda browser tersebut bukanlah hal kebetulan. Pasti ada hal yang menjadikannya bisa nangkring disana.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, beberapa artikel saya buka dan sebagian ada statistik yang di ditunjukan. Ternyata luar biasa pengunjung saat ininya bisa sampai ribuan. Luarbisa.
Sehingga saya berasumsi bahwa untuk muncul diberanda browser tersebut haruslah artikel yang sedang populer atau sedang banyak dibaca orang.

Pertanyaan berikutnya mungkin saja kan blog atau web nya adalah blog yang sudah puluhan tahun atau sudah jadi rajanya.

Pertayaan ini ternyata bisa dengan mudah di patahkan, bahkan beberapa blog yang saya lihati masih menggunakan domain blogspot dan dengan artikel dawur ulang dengan judul baru. Bahkan umurnya sepertinya belum begitu lama, hal ini bisa dilihat dari arsivenya.

Sehingga dengan pengamatan - pengamatan tersebut saya bisa mengambil kesimpulan faktor penulisan judul sangat berpengaruh besar. Blog dengan domain blogspot bisa mengalahkan webblog - web blog berita yang sudah mumpuni.

Supaya tidak panjang lebar, langsung saja berikut hasil pengematan saya tentang penulisan judul supaya artikle kita ini banyak di baca orang.


1. Artikel Dengan Judul yang Mengundang Tanya

Nah ternyata saya sering sekali melihat artikel di beranda atau halaman utama browser tersebut yaitu opramini adalah artikel dengan judul yang menimbulkan tanya.
Dengan judul yang membuat kita bertanya. Kita seolah dibawa untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan membukan artikel yang kita lihat.

Sebagai contoh judul :

Benarkah penyebab kangker serviks berawal dari hal ini?  web nya memang TLD yaitu hargo.co.id

Tapi lihat ini ternyata tidak perlu domain TLD untuk populer

Astagfirulloh...Wanita Ini masuk nerakan karena air wudu. Bagaimana bisa?

Weblognya ini surga-illahi.blogspot.coid

Contoh lain

Entah apa korelasinya : Cewek berdandan manglingi dipernihakan = Kasihan suaminya ?

Kalo ini dari web hipwee.com

Satu lagi ya masih dari hipwee.com

Suku mante diduga tetangkap kamera, akankah keberadaan suku misterius indonesia lainnya terkuak?

Penasarnkan?

Nah jika ingin lihat vidionya buka aja disini ya Sesosok Manusia Kerdil Di Hutan Aceh, Apakah Alien?

Nah itukan semua menimbulkan tanya sehingga jadi penasaan dan harus dibuka orang untuk memenuhi rasa penasarannya.


Oke saya pikir 4 contoh sudah cukup.

Jangan lupa jika artikelnya menimbulkan tanda tanya gunakan tanda tanya sepert ini "?" di akhir judul

2. Artikel Dengan Judul Nyuruh

Nah berikut nya adalah artikel dengan judul nyuruh. Mungkin artikelnya sederhana tapi dengan judul yang nyuruh, maka pembaca akan merasakan hal yang penasaran juga apa sih yang di mintanya itu dan benerga apa yang ditulis tersebut. Pokonya bikin penasaran dan dibacalah artikelnya tersebut.

Contohnya sebagai berikut :

Bantu Sebarkan !!! 1 x Anda Sebarkan Anda telah Menyelamatakan Ribuan Nyawa... Ibu - Ibu harus Tahu !!! Jangan Cuci dan Simpan Telur.....

Nah padahal tujuan dari artikle tersebut Jangan Cuci dan Simpan Telur.....
Bahkan judulnya tidak terlihat semuanya.

Web blog yang menuliskan seperti ini adalah sehatitu1ndah.blogspot.co.id

Contoh berikutnya

Kalau ini terjadi pada kelamin anda, segera ke dokter !

Dengan judul begitu nyuruh pergi kedokter kan harus dilihat dulu dibaca dulu tulisannya kenapa dengan kelaminnya.

Betul Ga?

Judul seperti ini tulisan oleh halosehat.

Contoh lain

Sesungguhnya wanita Pendampingmu  sangat Luarabiasa ! Lelaki harus tahu !

Jadi para lelaki kan jadi penasaran emang kenapa gitu?
Akhirnya kepaksa di buka tuh tulisan. Isinya sesuai atau engga saya ga tau deh.

Dan ternyata judul seperti ini di tulis oleh siaran-sosmed.blogspot.co.id

Lagi - lagi domain gratisan.


Oke saya pikir contohnya sudah cukup

3. Betemakan Informasi yang beruntun dan salah satunya dibuat bikin makin penasaran

Jadi begini Contohnya ya "Ada banyak infomasi penting untuk hari ini no 9  ga boleh kamu lewat"
Nah dengan demikian sebenernya pengen tahunya kan no 9 nya aja. Tapi mau ga mau harus di baca semuanya supaya lengkap informasinya.
Nah judul seperti ini bisa membuat artikel kita banyak dibaca orang dan nagkring di halaman awal beranda opramini

Nah termasuk artikle ini saya buat seperti itu supaya banyak yang baca. hehehehe. Aamiin

Jika ingin tahu hasilnya saya menggunakan judul dengan trik no 3 ini apakah akan banyak pembacanya atau tidak?  Ikuti saja perkembangannya ya di webblog catatanabdul.web.id ini.

Contoh lain 

Apabila istri Anda Mempunyai 3 Kriteria seperti ini, Rosululloh menyebutnya sebagai istri sial. No 2 paling sering terjadi.

Dengan judul seperti itu penasaran bangetkan pengen tahu setidaknya yang no2 itu apasih gitukan guman dalam hati.

Tau ga ini dituliskan oleh siapa?

Ini wartaredkasi.blogspot.co.id lagi - lagi untuk populer tidak harus domain TLD, gratisan begitu aja populer dan didalamnya webblognya tersebut iklan adsense nangkring.


Baiklah untuk kali ini 3 poin saja tentang bagaimana cara membuat judul supaya banyak di baca oleh orang.
Setidaknya dengan hanya tiga poin akan dengan mudah mengamati hasilnya.
Namun yang saya amati hal lain yang paling penting setelah membuat judul seperti itu adalah isinya tidak boleh menipu supaya para pembaca tidak jera dan hal lain adalah mencoba menyebarkannya.

Nah sebagai percobaan akan saya coba sebarkan kebeberapa komunitas tulisan saya ini. Ok.

Pertama ke Blogger KPK komunity. Kalau mau gabung dengan Blogger kpk silahkan saja. Add aja dulu WA berikut dan perkenalkan diri 082131431146 .
Kenapa harus WA ini, karena disana terkumpul orang -orang yang ahli dibidang web blog dan bagaimana supaya web blog banyak pengunjung. Akan diberikan juga arahan - arahan oleh ahlinya.

Yang kedua akan saya sebarkan ke grup di g plus karena saya punyanya itu saja. 

Ke tiga di Fb saja lah. 

Selanjutnya Saya akan coba lihat seperti apa hasilnya.

Berhasilkah? Tunggu Saja Hasilnya Nanti

Tambahan nih gambar di atas itu kan saya menggunakan gif biar bisa bergerak angkanya. Coba lihat lagi berubah - ubahkan. Nah itu pake cara ini nih iniloh cara mudah banget membuat gif, siapa aja bisa ko.


Subscribe to receive free email updates:

62 Responses to "Ini Loh Cara Membuat Judul Supaya Banyak Yang Baca, No 3 Bikin Kamu Tepuk Jidat"

  1. Balasan
    1. Yang pertama pasti belum baca komen dulu, tuh? :)

      Hapus
    2. tiga poin supaya orang penasaran melalu judul artikelnya sangat makjleb mang, cing urang cobaan dengan artikel terbaru saya nih

      Hapus
    3. Lihat saja semua judul diartikelku....orang akan penasaran untuk berkunjung.

      Hapus
    4. barusa saya berkunjung mas. bener mas gas 3 kilo mahal mas

      Hapus
  2. Mungkin ada benar juga ya, om, judul yang mengandung tanda tanya akan bikin pembaca penasaran. Bolehlah besok-besok saya coba. Siapa tahu berkah dapat visitor unik.. Hehe

    BalasHapus
  3. menarik juga nih untuk mencoba judul2 diatas mas
    intinya orang itu kebanyakan suka hal2 baru dan bikin penasaran ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mas pokonya orang itu dibikin penasaran aja. perihal hal nya bisa baru atau lama.
      solanya saya lihat dalam pengamatan saya. artiklenya lama tapi judulnya baru dan bahasanya baru.

      Hapus
    2. saya kok nol penasarannya tuh mang...lempeng-lempeng ajah tuh...apalagi templatenya nggak bisa dipasangin banner KPK tambah lurus deh nih

      Hapus
    3. sudah di pasang mang. tapi posisinya di handap mang. hhhahaha
      toh liat mang ada pokonya

      Hapus
  4. tumben mas rozak pinter banget nganalisa lo ya
    obatnya apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh belum tahu. obatnya kan jamu warisan leluhur mas

      Hapus
  5. Bagus tipsnya Mang ...
    Saya juga pernah buat judul "Tewas Karena Kencing Sembarangan" ... :D
    Dan .. banyak yang baca juga, karena penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ia itu pasti penasaran saya juga penasaran kenapa bisa terjadi ya. hehehe

      Hapus
  6. Judul seperti itu memang mengundang pengunjung. Akan lebih baik lagi jika isinya berbobot, bukan judulnya aja yang heboh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ia makanya itu catatan pentingnya supaya tidak kapok isi dari artikel memang harus memuaskan juga

      Hapus
  7. Pengamatan yg cerdas Mas. Judul yg bikin penasaran dan konten yg bermanfaat memang mantap untuk meningkatkan page views.

    BalasHapus
  8. judul penting banget berarti mang biar banyak yang klik hehehe\

    di fb banyak tuh yang judulnya kayak gitu mang, bikin penasaran banget deh, tapi kalau isinya dangkal ya pembaca pasti kecewa karena sebelumnya baca judul yang keren dan bikin penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bararti harus di gali lagi mas isinya biara jero.
      kalo udah jero pasti airnya banyak.

      "eh kaya gali sumur saya ya. hehehe"

      bener mas pokonya selain judul tentu isinya harus bisa mendukung judul

      Hapus
  9. Wah tipsnya sepertinya ajib banget nih kang, layak untuk dicoba nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas di coba - coba aja.tapi kayanya bersaignya di medsos bukan di google serch

      Hapus
    2. masa kang marnes komennya standar sih ... hadeh... ketauan ga baca.. hahaha...

      Hapus
  10. waduhhh....pinter banget ni bang abdul buat tanda tanya di artikel...haha
    saya jadi harus mbaca semua sampai ketemu angka 3 ..,,,haha
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saah satu tujuannya itu mas. mudah - mudahan aja sih semua poinnya menarik utnuk di simak

      Hapus
  11. tapi kadang ada judul yg sangat menarik buat dibaca, tapi isinya tidak sesuai wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu yang sebisa mungkin harus di hilangkan. isi harus bisa mengimbagi judul yang sudah bagus

      Hapus
  12. mau saya coba dulu ya mas caranya

    BalasHapus
  13. Intinya membuat judul itu harus yang membuat orang penasaran ya, mangs... nanti saya coba buat ahh... siapa tahu blog saya bisa tambah rame seperti blog Catatan Abdul web id ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. mudah - mudahan saja makin rame blog saya ini mang.:D

      Hapus
  14. Nanti kapan-kapan bikin yang heboh ah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mas judulnya, " Indra menikah lagi dengan Janda" pasti heboh...

      Hapus
    2. hahahahaha. langsung bakalan banyak yang baca ya mas

      Hapus
  15. wuihh...keren banner kpk udah nongol disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dong abis di bagikan saya tempel aja mas

      Hapus
  16. wah lumayan juga ya kang ribetnya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe engga juga mas
      tinggal tulis aja kalo sudah punya ide tulisan

      Hapus
  17. Tiga poin diatas telah saya terapkan sehingga artikel saya selalu banyak yang berkomentar mungkin karena mereka penasaran dengan judulnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ia itu buktiya 3 poin tips saya berarti makjeb

      Hapus
  18. Dan yang penting antara judul dan isi harus singkron ya ? tidak boleh menipu yang akan membuat pengunjung jadi malas untuk berkunjung balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu penting banget mas isi harus bisa mendukung jududl dan judul harus bisa merangkum isi

      Hapus
  19. Emang ngak gampang sih mbuat judul yang bagus dan membuat orang penasaran... Tips diatas sangat efektif terutama untuk blog berita dan viral...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bener baget mas berita dan viral. atau supaya tuisan itu jadi viral mas

      Hapus
  20. Untuk artikel viral cara tersebut wajib dilakukan tapi kalau untuk seo agak susah misalnya saja jika pakai wp plug ini seo Yoast dimana kata kunci harus diletakkan diawal kalimat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia itu mas dwi hal ini bukan untuk seo. harus di medsos

      Hapus
  21. lihat saja judul di artikelku , semuanya hampir bikin greget ingin buka ... penasaran ? ya sudah kalo tidak di buka jangan salahkan saya .... lumayan kan bikin penasaran juga bang ? memang tergantung gaya bahasa kita , kalo mau formal2 banget ya harus formal .. kalo mau yang lebay lebay ya bikin judul yang lebay tapi berbobot . begitulah kira2 bang .. maaf saya baru di dunia blog
    ..

    BalasHapus
  22. Tapi terkadang ada yang nipu isinya mas, maksudnya gak sesuai judul. Tapi banyak juga sih yang sesuai judul.

    Ngomong ngomong saya pernah nyoba buat judul kayak gitu mas, dan terus saya share ke sosmed. Emang banyak yang buka kok, mungkin karena penasaran kali ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan ada yang sudah membuktikan. silahkan saja teruskan

      Hapus
  23. Hahaha saya sering banget nih nemuin judul2 artikel semacam itu di fb, biasanya yang nyebarin akun2 gadis berhijab dengan nama Khusnul Khotimah, atau Akun ustad palsu bahkan akun artis palsu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha.
      mungkin biar meyakinkan kali ya.
      ya itu sebagian usahanya supaya mau berkunjung. tapi kalo gitu - gitu banget keterlaluan juga sih

      Hapus
  24. Wah perlu di coba ini, tpi sda sedikit yg menganjal gan.


    Kalo judul menarik , terkadang seo nya kurang kena gan , gimna itu gan ?

    Mohon penjelasanya :D

    Back gan y u k g a s dot id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada daua cara supaya rame mas. Cara via medsos acara via mesin pecari. Kalau via medsos silahkan gunakan cara ini tapi harus khas pembahasannya, misal tentang cerita hantu ya terus aja bercerita tentang hantu. sehingga orang akan kenal dengan kita.
      Kalau sasaran kita adalah mesin pencari seperti google ya gunakan saja yang seo.
      Saran saya sih mas harus putuskan sumber pengunjungnya mau dari mana. dan konsistenn

      Hapus