Seberapa Sombongkah Anda?

Jika kita membaca judulnya mungkin ada yang bertanya betapa sombongnya yang bertanya. Saya merasa kaget dengan sebuah tulisan yang ada di buku elektronik dari google palystore yang di tulis oleh Muhammad Adam Hussein, Spd, M.QHI untuk bukunya silahkan bisa di download disini Butiran Mutiara Motivasi Spiritual.
Buku ini memang tidak hanya berisi tentang mengukur kesombongan masih banyak hal lain yang dibahas yang sangat bermanfaat bagi kita semuanya. Seperti hal -  hal berikut ini :
1. Butiran Mutiara Motivasi Spiritual
2. Berhati - hati terhadap amal kecil
3. Cara mewaspadai bolak - balik hati
4. Cara mengalahkan Jin dalam mimpi
5. Ciri orang dewasa Setengah matang
6. Jangan bersedih dalam ayat motivasi spiritual
7. Kriteria jodoh dan din dun
8. Memahami siklus kehidupan dunia dan akhirat
9. Hati menjadi tenang bersama ilahi robbi
10. Filosifi definisi pasangan hidup
11. Ciri - ciri orang baik menurut islam
12. Terapi kata motivasi diri
13. Rahasia empat perkara
14. Berhentilah menyelahkan diri sendiri
15. Renungan jiwa empati
16. Tujuh kekuatan dasar manusia

Banyak bukan isinya. Namun yang ingin saya bagikan disini pengalam saya tentang mengukur kesombongan Judul tulisan pada buku tersebut adalah Cara mengetahui menghitung tingkat kesombongan ada pada halaman 67.

Jadi begini ketika itu saya membacanya halaman demi halaman buku elektronik tersebut mulai dari halaman cover dan singkat kata sampailah pada yang berjudul Cara mengetahui menghitung tingkat kesombongan.

Pada awal tulisan diberikan suatu pemahaman bahwa kesombongan merupakan salah satu penyakit hati yang wajib diwaspadai karena akan merusak kejiwaan dan keimanan pada Illahi.

Kemudian tidak lama berlanjut dengan berbagai macam jenis sombong pada tulisan di buku tersebut ada 7 jenis sombong.

1. Sombong karena pengetahuannya.
Sombong seperti ini meremehkan orang lain atau menganggap orang lain tidak tahu apa - apa.

2. Sombong berlebihan dalam beribadah
Sombongnya itu maksudnya seperti ini. Ada orang yang sudah yakin banget jika ibadahnya itu sudah sempurna dan bakalan diterima. padahal hal tersebut adalah tipu daya setan.

3. Sombong karena membanggakan keturunan.
Misalkan sombong karena anaknya sodagar kaya, karena anaknya konglomerat dan lain - lain.

4. Sombong marasa paling cantik/paling tampan dan sempurna dan menganggap orang lain  dengan hina.
Contoh menghina orang lain dengan menyebutnya sihitam, simpendek. Sombong jenis ini intinya merendahkan ciptaan Alloh.

5. Sombong merasa kelebihan harta.
Ini mungkin umum yang sobong karena hartanya tapi mungkin diluar negeri sanah sih.

6. Sombong karena kekuasaan
Ini juga tidak jarang yang seperti ini. Kan banyak juga yang sering bilang begini "Mentang - mentang bos kalo ngomong seenak udelnya aja." hehehe
Emang udel bisa ngomong.

7. Sombong karena banyak pengikutnya

Inipun mungkin tidak sedikit diuar negeri sana. Misalkan sombong karena like halaman facebooknya sudah 3 jt.
Sombong karena follower Instagramnya udah 1 jt.
Dan semua itu menjadikannya merasalabih hebat dan meremehkan orang lain maka jadilah sombong.

Setelah membeca tulisan tersebut, kemudian munculah soal tes kesombongan dimana ada 10 soal yang harus di jawab dan selanjutnya ada penilaiannya yang berlanjut kepada hasil dari tes. Termasuk yang manakah kita?

Tidak Sombong
Sombong Biasa atau
Sombong Akut.

Berikut soal tesnya



Silahkan isi dulu jangan lanjutkan dulu ke bawah... Ok pliiiiisssss
..
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Selanjutnya jika sudah dijawab berikan bobot dengan angka berikut ini.



Jika sudah maka berikut kesimpulannya



Gimana bermanfaat bukan?

Nb :
Setelah semua saya baca dan mengikuti tesnya ternyata hasil tes ruarbiasa.... hadehhhh

Untuk para pembaca jangan lupa berapa hasil tes kosombongan anda dan tuliskan di komentar. Cauw

Dan untuk materi menarik lainnya bahkan untuk yang masih jomblo juga ada tuh langsung ke bukunya di playstore di sini Butiran Mutiara Motivasi Spiritual.

Semoga bermanfaat.

MangAbdul
. .

Langganan Catatan Via Email Gratis:

18 Responses to "Seberapa Sombongkah Anda?"

  1. setelah saya baca, mengisi soal tes, dan menghitung hasilnya..
    maka kesimpulannyaa adalahh..

    Ada deh. rahasia. hehehe

    BalasHapus
  2. Kalau sombong karena terlalu ganteng seperti saya ini boleh gak mang ?? jhahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mencuri kesombongan saya. hahaha.
      Itu bersyukur mas :)

      Hapus
  3. Wahhh sombong saya sudah kelewatan wkwkw, malu sebutin ah :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga mungkin juga nilainya sampai 101

      Hapus
    2. Ga sampe segitu tapi gede ;D

      Hapus
    3. bisa kita ulang isinya. terkdang kalo buru - buru ngisinya bisa jadi salah isi

      Hapus
  4. Saya 78.. Hahaha! Makasih ya mas pencerahannya. Kita harus tahu dimana letak kekurangan pada diri kita supaya bisa memperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget itu mba. poinya adalah mengetahui drmana awal perbiakannya

      Hapus
  5. Wah ternyata saya perlu memperbaiki diri ini mang Abdul.. skornya 73 ini... hmm..

    BalasHapus
  6. sayah mah ngga baca artikelnya, cukup baca judulnya saja mang....maklum soalnya sayah mah ngakuinkalau saya teh sombong kabina-bina keding atuh da....sok ek naon maneh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadeuuhhhhhh.
      Atu dibaca heula mang tong ciga saya :D
      Saya mah dek nulis deui mang

      Hapus
  7. jadi malu sendiri kalo ngisi soal kek gitu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai canda canda dikit lah mas. evaluasi diri di awal tahun juga

      Hapus