Orang Yang Bisa Berusia Ribuan Tahun

ceramah singkat ustad hanan
Kali ini saya ingin berbagi hal yang saya tangkap setelah mendengarkan sebuah vidio singkat, tepatnya vidio ceramah singkat dari ustad Hanan Attaki yang berada di chanel youtubnya.
Kebetulan saya berlangganan chenel beliau.
Suatu hari saya mendapatkan notifikasi yang membuat saya menjadi penasaran. Dalam notifikasi tersebut menunjukan adanya vidio baru dengan judul yang luar biasa ga biasanya. Seperti ini judulnya "Siapa Orang Yang Berusia 1400 tahun?"

Dari judul tersebut menimbulkan tanya besar bagi saya. Emang ada gituh?
Jika ada siapa?
Dimana?
Seperti apa bentuknya?
Sejuta tanya bermunculan.

Karena penasaran akhirnya coba saya tonton vidionya. Siapa gerang manusia yang bisa berumur ribuan tahun itu.

Alhasil dari menit ke menit saya tonton vidionya, dan kemudian takjub juga dengan penjelasan beliau ini. Apa yag saya tanyakan apa yang saya ragukan ternyata terjawab.
Tidak hanya itu, bahkan saya jadi teringat ketika sekolah dulu. Ketika itu saya mengatakan hal yang tidak bagus kemudian saya dimarahi oleh guru saya.
Apakah itu?
Yaitu mempelajari sejarah.

Dulu saya sempat berkata untuk apa sih mempelajari sejarah? Walaupun sambil becanda.

Luar biasa salahnya perkataan tersebut dan mudahan saya dimaafkan. aamiin.




Jika kita telaah tentang pelajaran sejarah, ternyata :
Ternyata dengan mempelajari sejarahlah kita bisa mengetahui harus bagaimana kedepan.
Tenyata dengan mempelajari sejarahlan kita bisa mengetahui bagaimana orang - orang berjuang.
Ternyata dengan mempelajari sejarah kita bisa tahu mana orang yang selamat mana orang yang tidak selamat. Kaum yang selamat dan kaum yang tidak selamat. Sehingga kita bisa menjiplak langkah -langkah orang yang selamat supaya selamat juga.
Dengan mempelajari sejarah pula kita bisa tahu bagaimana suatu kehidupan bergulir.
Dengan mengamati sejarah pula kita bisa tahu bagaimana reaksi bisa terjadi pada alam ini.
Dengan sejarah pula kita bisa tahu bagaimana kita bisa hidup dengan selamat yaitu dengan cara mengikuti jalan orang yang pasti selamat.

Begitu banyaknya manfaat mempelajari sejarah. Sehingga sangat tidak pantas jika ada perkataan buat apa mempelajari sejarah. Karena jawabanyya sudah pasti untuk kehidupan ini supaya lebih baik.

Kembali keceramah ustad Hanan. Dalam ceramahnya disebutkan bahwa ternyata orang yang mempelajari sejarah ibaratkan hidup ribuan tahun.
Katika seorang mempelajari kehidupan 1400 tahun lalu kemudian mengajarkannya kepada kita semua, maka ia ibaratkan sudah berumur 1400 tahun. Ibaratkan semua itu adalah pengalamannya.
Begitu juga yang mempelajari kehidupan ribuan tahun lalu, maka orang tersebut bagaikan beurmur ribuan tahun pula karena pengetahuannya atau pengalamannya sudah ribuan tahun lalu.

Mengapa seperti itu. Bukankan kita juga sering mengajarkan kepada anak kita dengan kata - kata seperti ini "Bpk nih sudah lebih tau duluan dari kamu, makanya dengerin kata orang tua." Nah kan tahu duluan katanya karena lebih duluan hidup.

Untuk lebih apdolnya mari kita simak bersama - sama ceramah simgkat ustad hanan berikut ini




Nah itulah Orang Yang Bisa Berusia Ribuan Tahun, semoga kita bisa mengukir sejarah kita masih - masing dengan ukiran ynag sangat indah. aamiin

14 Comments

  1. Saya dari dulu sangat suka dengan pelajaran sejarah
    Makanya buku koleksi saya didominan oleh buku bertema sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dulu saya agak males dengan pelajaran sejarah terkusus untuk hapalan nama nama. Tapi ternyata kalo kita baca menyeluruh nama - nama jutru bakalan inget dengan mudah karena alur kisah memerlukan nama

      Hapus
  2. Kita perlu mengetahui sejarah karena itu adalah pelajaran tentang kehidupan yang banyak manfaatnya :) Bisa menjadi cermin diri sendiri sudah seperti apa diri ini dan semua yang dilakukan apakah ada yang harus dibenahi dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget. jadi untuk menyusun strategi kedepan memang memerlukan rekan jejak atau sejarahnya.

      Hapus
  3. Saya juga suka mempelajari sejarah, dari kisah Rasulullah Muhammad Saw, kisah penaklukan konstantinopel, bagaimana Mesir mengalahkan suku Mongol yang ganas pada abad 13, atau sejarah Mesir kuno.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brarti mas agus itu adalah orangyang di maksud dalam judul ini.

      Hapus
    2. Waduh, saya juga termasuk berusia ribuan tahun..😱

      Amin ya rabbal alamin.😃

      Hapus
  4. wih mantap banget nihhh tulisan nya mas. kerreen

    BalasHapus
  5. saya malah dari sd suka banget sama pelajaran sejarah mas. dan sakarang saya lagi sering2 nya nonton film tentang sejara.

    BalasHapus
  6. Suka banget baca sirah nabawiyah.. suka bikin nangis...terharu perjuangan kaum muslimin diera kenabian begitu luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kita jadi ngiri btapa hebatnya mereka

      Hapus