Cara Mempertahankan Hubungan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Nah kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman nih. heheh

Eh tapi bukan pengalaman pribadi tapi pengalaman setelah menyimak vidio maksudnya. Ok kita lanjutkan.

Vidio tersebut judul di covernya sih begitu ya "Cara Mempertahankan Hubungan"

Vidio dimulai dengan membacakan sebuah pertanyaan sederhana mungkin dari pemirsanya pada suatu kesempatan. Perihal urusan keluarga yang sudah bisa dikatakan tidak harmonis, sudah sulit komunikasi, sudah saling menyalahkan, istrinya mengugat cerai dan intinya sang suami ini bertanya kudu gimana sih gue.

Kemudian Ustadnya menjelaskan dengan lembut dan enak tidak langsung ke pokoknya tapi dimulai dengan sebuah kisah orang soleh dalam menghadapi keluarganya. Dalam vidio tersebut dikisahkan seorang suami yang menghadapi istrinya yang sudah sangat membangkang banget, sudah bikin jengkel banget.

Singkat kata orang soleh tersebut bernama Abdulloh Alquarasyi memiliki istri yang rese banget, memang bener bener rese buka kata hiasan lagi dan juga dzolim. Tapi Abdulloh Alquarasyi ini tetap sabar menghadapi istrinya ini. Dan terus berlangsung lama.
Hingga akhirnyaa sampai pada istrinya yang sudah bener bener tidak bisa dimaafkan lagi. Kemudian pergilah Abdulloh Alquarasyi ini meninggal istrinya menenangkan diri untuk meminta petunjuk harus berbuat apa dia. Apakah harus dicerai atau bagaimana? Karena istrinya memang sudah sangat keterlaluan.
Sampailah Abdulloh Al Quarasyi ini pada suatu mesjid yang kemudian dia ber i'tikaf dimesjid tersebut. Di mesjid tersebut juga ada 2 orang musafir yang sama sama ber itikaf.

Hari pertama mereka bertiga merasa lapar dan berdoa salah satu dari mereka meminta kepada Alloh. Selanjutnya Alloh mengabulkan doanya dengan adanya tetangga mesjid yang mengantarinya 1 porsi makanan. Dimakanlah oleh mereka bertiga.

Hari kedua pun sama, mereka lapar dan orang keduapun berdoa kepada Alloh meminta diberinya rizki makanan karena mereka lapar dan malam harinya datanglah makanan kemudian seperti hari sebelumnya makanan tersebut  dibagi tiga.

Besoknya datanglah hari ke tiga, dimana giliran Abdulloh Al Quraisyi yang berdoa. Dan berdoalah Abdulloh Al Quraisy. Apa yang terjadi. Ternyata makanan yang datang bukan satu porsi, melainkan makanan datang banyak sekali, sampai - sampai makan bener - bener berlimpah sehingga harus dibagikan ketetangga - tentangga disekitar mesjid.

Melihat kenyataan tersebut 2 orang musyafir terbut heran dan bertanya, "mengapa ketika engkau berdoa makanan yang datang begitu banyak? Siapa kah sebenarnya engkau ini?
Siapa namamu?"
Abdulloh Al Quarasyi Menjawab : " Abdulloh"
Musyafir :" Abdulloha siapa?"
Abdulloh Al Quarasyi Menjawab :" Abdulloh Al Quarasyi "
Musyafir : " Sungguh kami berada disini karena kami bertekad ingin belajar dan kemudian kami bermimpi. Dalam mimpi tersebut kami diperintahkan menemui Abdulloh Al Quarasyi karena orang ini adalah orang yang sabar terhadap sitrinya dan kesabarannya sudah diterima."

Singkat kata setelah mendengar jawaban tersebut Abdulloh Al Quarasyi pun terhentak karena kehadirannya dimesjid tersebut dalam rangka mencari pentunjuk tentang harus bagaiman terhadap istrinya. Akhirnya dia paham yang menjadikannya diterima bisa jadi adalah jalan hidup yang sudah dijalaninya saat ini. Mendadak merasa bersyukur memiliki istri seperti itu karena menjadi jalan ridhoNya.
Maka iapun pulang kerumah dan mencari istrinya.
Namun didapatilah istrinya sudah meninggal dunia. Subhanalloh.

Masih penjelas dalam vidio tersebut. Hikmah yang bisa ambil adalah sukses itu bisa terjadi terjadi karena kesabaran kita di rumah.
Kita tidak pernah tahu, kebaikan itu bisa jadi datang karena kesabaran kita terhadap orang yang ada disekitar kita. Dan bisa jadi ketika kita mencoba lari dan berputus asa dari kesulitan yang dihadapi justru bisa jadi Alloh mencabut keberkahan dan kabaikannya pula. Kita tidak pernah tahu semua itu.

Untuk itulah Alloh berfirman Fa innama 'al 'usri yusran in nama 'al 'usri yusron sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan bersama kesulitan ada kemudahan.
Beserta istri yang ngomel Alloh datangkan kemulyaan.

Nahh itulah pengalaman saya mendengarkan vidio yang sudah saya tonton. Intinya kita harus tetap bersbar karena bisa jadi kesabaran kita itulah yang kemudian mendatangkan riho Alloh dan Alloh memuliakan kita dari kesulitan itu. Karena Alloh berjanji sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan bersama kesulitan ada kemudahan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak vidionya di bawah ini dari ustadz Hanan Attaki.




Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabrokaatuh



2 Comments

  1. Nah ini cocok bagi yang punya istri galak
    Intinya mah, istri galak menjadi ladang pahala
    Jadi tak perlu ke motivator, cukup sabar menghadapi istri galak otomatis ujian sabar sedang diuji :)
    Daripada istri galak ke tetangga, lebih baik kan galak ke suaminya
    Kalau istri sudah tiada, akan kangen dengan galaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mas daripada ke tetangga, wkwkw

      Hapus