Ekonomi Indonesia Sebetulnya Sudah Turun Terus dari Tahun 2019

Saat ini banyak sekali berita terkait perekonomian indonesia yang katanya akan resesi. Berbagai prediski ekonomi bermunculan diberita. Mulai prediski pertumbuhan  ekonomi yang akan -2 sampai nol sampai prediksi prediksi lainnya. 


Sebetulnya pemerintah sudah melakukan berbagai macam hal untuk mendorong tumbuhnya perekonomian negeri ini. Mulai dari BLT sampai kebijakan perubahan pajak dan tarif begitu juga dengan bea matrai. Namun prediksi resesi masih tidak bisa dihindarkan.


Terkait dengan itupun saya mencoba mencari data sebetulnya darimana sih ekonomi indonesia ini mengalami penurunan.


Ketika saya cari di mbah google ternyata saya langsung di bawa ke laman badan pusat statistik. Tnetu saja info dari laman ini adalah info resmi yang paling akurat. Maka saya coba membaca dan mendownload beberapa file. Seperti info grafis berikut ini

Berikut Info grafis pertumbuhan ekonomi menurut BPS


Setelah saya amati garis pertumbuhannya ternyata meski kecil selama 2019 tidak tumbuh dan puncaknya ya pas terjadi saat corona di triwulan II.


Namun dari data tersebut saya jadi mikir emang ada apa dengan pertumbuhan ekonomi di negeri ini, kenapa tidak plus plus selama 2019 dan sekarang 2020 padahal pada 2018 naik dan turun meski tipis.

Tapi intinya mudahan aja segera kelas permelasahan negeri ini.


2 Comments

  1. Semoga covid ini segera berakhir ya mas, biar dampaknya terhadap ekonomi jg segera berakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. biar enak halan halannya. g banyak razia

      Hapus