Cara Membuat Rujak

Nah ibu - ibu dan bapak - bapak serta ade - ade sekalian yang cinta akan makanan olahan  terbuat dari buah - buahan. Kali ini saya ingin berbagi catatan cara membuat makanan olahan dari buah  buahan,  yaitu rujak.

Rujak itu terdiri dari dua macam, buah - buahan dan bumbu. Berikut cara membuatnya.

Mambuat Potongan Buah - Buahan


Siapkan buah berikut ini

1. Buah nanas
2. Buah mangga muda
3. Buah Jambu air
4. Semangka
5. Kedondong
6. Pisang muda
7. Timun
8. Salak

Kupas kulit buah - buah tersebut kemudian iris ukuran panjang 1 cm dan lebar 1 cm serta tinggi 1 cm.
Setelah selesai sisihkan dan saatnya membuat bumbu rujak.


Membuat Bumbu Rujak


Bumbu yang saya akan tuliskan adalah jenis bumbu kacang.

1. Sangrai kacang 100 gram.  Kemudian ulek sampai halus
2. Tambahkan air secukupnya
3. Masukan gula merah dua gandu ulek sampai rata
4. Masukan cengek 15 buah
5. Tambahkan garam 1 sendok teh
6. Ulek sampai rata
7. Tambahkan air sampai bumbu encer.
8. Pindahkan ke piring


Cara Menikmati

1. Coelkan buah yang di iris iris tadi pada bumbu yang sudah jadi tadi.  Lihat gambar

Demikian semiga bermanfaat.  Gampangkan ya..


. .

Langganan Catatan Via Email Gratis:

6 Responses to "Cara Membuat Rujak"

  1. Pakai gula merah dan cabe aja udah enak mas, ga perlu pake kacang, biar lebih cepat bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih madep mas dwi. Silahkan di coba jangan lupa kacangnya tidak boleh gosong

      Hapus
  2. Gak ada paya muda mang?? Atau daun muda gitu hahahaha. Ini kalo ada Mang Lembu, pasti nanyanya janda muda,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahakn saja mas kalo begitu. hehehe
      Manglembu lagi du gua mas. beliau lagi ngalap elmu

      Hapus
  3. Bikin rujak begini dimakannya makin asik kalo lagi ngumpul rame-rame sama teman.

    O, iya .. bumbunya dikasi asem Jawa perasan belimbing wuluh dikit juga enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ia lupa mas. asem jawanya hehehe
      Silahkan tambahkan mas

      Hapus