Cara Mudah Membatalkan Janji Dalam Bahasa Inggris

Mempelajari Bahasa Inggris bukan hanya sekedar grammar ataupun kosa kata saja. Terdapat rangkaian grammar dan kosa kata yang perlu dipahami terlebih dahulu. Dengan mempelajari hal ini akan mempermudah kamu untuk berkomunikasi dalam percakapan dasar sehari-hari, seperti percakapan saat menanyakan arah, saat memesan jalan, saat memesan makanan, saat mencari informasi, dan sebagainya. Dengan kemampuan percakapan yang baik, maka penggunaan Bahasa Inggris kamu terdengar lugas dan fasih.

Dengan pemahaman yang baik dalam mempelajari grammar dan kosa kata, tentu nantinya kamu sudah bisa berkomunikasi dengan baik. Salah satunya yaitu dalam percakapan saat membatalkan janji yang sudah kita buat. Dalam situasi ini memang canggung, karena jika penyampaian yang tidak tepat bisa membuat lawan bicara merasa tersinggung. Oleh karena itu, simak penjelasan cara membatalkan janji bahasa inggris


Pembuka atau salam

Dalam hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat kata untuk menyapa lawan bicara dengan ramah dan sopan terlebih dahulu. Menggunakan sapaan akan terdengar nyaman dan menyakinkan lawan bicara. Untuk percakapan pembukaan, kamu bisa menyesuaikan dengan keadaan, suasana, serta siapa yang sedang di ajak bicara.

Topik 

Setelah melakukan salam pembuka, kamu bisa langsung mengabarkan bahwa kamu ingin membatalkan janji yang sudah kamu buat. Pastikan kamu mengutarkan topik dengan jelas pada lawan bicara.

Penjelasan

Selain mengutarakan topik yang ingin dibicarakan, kamu juga perlu memberikan penjelasan pada lawan bicara. Hal ini akan menunjukan kesan bahwa pembatalan janji ini di luar kuasa kamu dan harus terpaksa membatalkan janji yang telah disepakati sebelumnya. 

Minta Atur Penjadwalan Ulang

Setelah memberikan penjelasan, ada baiknya kamu melakukan penjadwalan ulang pada lawan bicara. Contoh:

Good morning. i’m calling to cancel my 2 PM appointment with the doctor,as I have an urgent matter that need attending. I’m sorry for cancellation. If it is possible, can I reschedule the appointment to tomorrow morning?

(Selamat pagi. Saya menelepon untuk membatalkan janji bertemu jam 2 siang dengan dokter, karena saya memiliki masalah mendesak yang perlu dihadiri. Saya mohon maaf atas pembatalan. Jika memungkinkan, bisakah saya menjadwal ulang janji untuk bertemu besok pagi?)

Dengan menggunakan bahasa inggris membatalkan janji yang tepat, maka lawan bicara juga akan lebih mudah menerima dan memahami. Kamu bisa mempelajari hal lainnya seperti menyarankan, menolak, dan sebagainya melalui pembelajaran kursus Bahasa Inggris. Mempelajari bahasa asing tidak ada batasan usia, salah satunya seperti kursus Bahasa Inggris EF Adults ini, bahkan usia 51 tahun keatas bisa mengikuti kelas Bahasa Inggris. Keuntungan lainnya yaitu kamu bisa mengatur waktu sesuai dengan jadwalmu.


4 komentar untuk " Cara Mudah Membatalkan Janji Dalam Bahasa Inggris"

  1. duh saya pake bahasa Indo aja suka gak pas apalagi english :)

    BalasHapus
  2. Makasih kak tipsnya, akan langsung ku coba. Biar gak malu" banget kalo ngobrol pake bahasa inggris

    BalasHapus